Info BeasiswaPendidikan

Essay On The Spot LPDP dan Persiapannya.

Essay On The Spot LPDP – Dari semua lembaga pemberi beasiswa mungkin hanya LPDP yang memberlakukan tes essay on the spot lpdp bagi calon kandidat yang dicarinya. Ada beberapa faktor yang mendasari hal ini, di antaranya adalah agar kemampuan bahasa dan menulis calon kandidat dapat terukur dengan baik. Apalagi bagi kamu calon kandidat yang ingin melanjutkan study ke luar negeri, ini menjadi poin penting karena kamu sudah harus terbiasa mengerjakan segala macam tugas kuliah dengan bahasa asing khusunya bahasa inggris.

Lantas penilaian apa saja yang diinginkan oleh LPDP terhadap calon kandidat yang mengkuti tes essay on the spot lpdp ini?. Jika kamu pernah mengikuti tes International English Language Testing System atau IELTS sebelumnya, tentu essay on the spot lpdp tidak menjadi hal asing bagimu, karena essay on the spot lpdp merupakan bagian dari tes writing IELTS bagian 2, di mana biasanya disyaratkan menulis sebuah tulisan dengan jumlah 250 kata. Dibuka dengan paragraf pembuka di mana kamu harus menyatakan apakah kamu setuju atau tidak setuju terhadap sudut pandang tertentu, jika soal yang kamu temukan berupa pernyataan sikap. Kemudian diteruskan dengan paragraf selanjutnya yang menjelaskan kasus yang harus kamu jabarkan beserta alasan-alasan yang logis. Lantas hal apa saja yang harus kamu lakukan sebelum menghadapi tes essay on the spot lpdp yang sesungguhnya?

Berikut hal-hal yang bisa kamu latih untuk menghadapi essay on the spot lpdp

Baca Berita Nasional

Essay on the spot lpdp
Essay on the spot lpdp-Pixabay.com

Essay on the spot lpdp tidak akan jauh dari isu nasional. Sering-seringlah membaca berita nasional sebelum kamu menghadapi tes essay on the spot lpdp ini. Jika tujuan study mu adalah luar negeri maka bacalah berita nasonal melalu media masa yang menggunakan bahasa inggris, karena ini akan memudahkan mu dalam mencerna kosa kata yang akan kamu gunakan ketika menghadapi essay on the spot lpdp yang sesungguhnya. Berita nasonal dalam bahasa inggris sudah banyak sekali di Indonesia, baik melalu media on line maupun off line.

Latihan Menulis

LGD LPDP
LGD LPDP-Pixabay.com

Jika kamu sudah membaca berita nasional dari berbagai sumber, rangkumlah berita tersebut secara garis besar dengan poin-poin rinci yang menurutmu penting. Dan perbanyaklah latihan menulis dari jauh-jauh hari karena ini akan membuat kamu lebih mahir dalam memilih kosa kata yang bagus. Jangan lupa setting waktu 30 menit seperti kamu menghadapi essay on the spot lpdp yang sesungghunya. Hitunglah setiap kata yang berhasil kamu tuliskan, apakah sudah genap 250 atau belum? Jika belum maka teruslah berlatih. Meskipun LPDP tidak menyebutkan batas minimum kata yang harus digunakan, namun akan lebih baik jika kamu mampu menulis di atas 250 kata.

Brain Storming

Online Assesment LPDP - Pixabay.co
Online Assesment LPDP – Pixabay.com

Bagi kamu yang pernah mengkuti les IELTS, mungkin tidak akan asing dengan istilah brain storming. Di mana kamu harus menggunakan waktu setidaknya 10 menit dari total 30 menit untuk melakukan ini. Brain storming sangat berguna bagi kamu dalam menulis essay on the spot lpdp karena kamu akan paham betul, apa apa saja yang harus kamu tulis di setiap paragrafnya dengan rinci.  Saat kamu menghadapi tes essay on the spot lpdp yang sesungguhnya, kamu akan mendapatkan dua tema pilihan. Pilihlah tema yang menurutmu mudah dan kamu pahami dengan baik. Jika kamu belum bisa memutuskan tema mana yang akan kamu pilih maka brain storming adalah salah satu cara yang tepat dalam menentukan tema mana yang tepat untuk kamu pilih. Karena kamu dapat melihat kekurangan dan kelebihanmu dalam salah satu tema tersebut. Nampaknya dari semua tahapan tes essay on the spot lpdp, brain storming merupakan hal penting dan keharusan bagi kamu. Jika kamu belum mengerti dengan brain storming, kamu dapat membaca beberapa artikel IELTS yang sudah banyak memberikan contoh dengan jelas dan terbaru.

Pena yang Tepat

essay on the spot LPDP
essay on the spot LPDP-Pixabay.com

Dalam menulis tentu kenyamanan pena adalah hal yang utama. Dalam tes ini kamu tidak diperkenankan menggunakan pensil, sehingga setiap tulisan yang akan kamu tulis dengan pena tentu tidak dapat dihapus jika terdapat kesalahan. Pada tahun 2017, banyak sekali calon kandidat LPDP yang menggunakan pena yang memliki penghapus, di mana setiap kamu menulis kata yang salah, pena tersebut dapat menghapusnya meskipun tanpa type-X. Menarik bukan? Namun harga pena ini memang lebih mahal dibandingkan pena lainnya. Dengan menggunakan pena ini kamu akan menghemat banyak waktu ketika harus menghapus kata yang salah dibandingkan menggunakan cara konvensional dan tentu hasil tulisan mu akan jauh lebih rapi.

Periksa Kembali

Essay on the spot lpdp
Sumber-Pixabay.com

Sebelum kamu mengumpulkan tulisan kamu saat tes essay on the spot lpdp, ada baiknya kamu melakukan pengecekan kembali. Baik dari segi ejaan maupun susunan kata, agar essay kamu mudah dibaca dan mendapat score yang tinggi dari penilai. Pengalaman penulis, penulis selalu mengecek kembali tulisan saat tes essay on the spot lpdp, minimal 5 menit sebelum dikumpulkan. Sehingga penulis dapat menemukan kesalahan atau mungkin ingin menambahkan pendapat di dalamnya. Dengan hal ini penulis berhasil mendapatkan nilai sempurna dalam tes essay on the spot lpdp. Dan jangan lupa, kamu juga harus menggunakan kosa kata yang beragam atau paraphrase di setiap kalimatnya, ini menandakan kamu menguasai banyak kosa kata dan dapat menambah score maksimal.

Nah, cukup mudah bukan? Saatnya mempersiapkan yang terbaik dalam menghadapi tes essay on the spot lpdp ini, karena essay on the spot lpdp menjadi penilaian yang cukup penting dalam proses seleksi LPDP. Di mana nilai maksimal yang dapat kamu raih dalam tes essay on the spot lpdp ini adalah 150. Nilai 150 akan sangat membantu kamu dalam mencapai passing grade minimal LPDP, di mana sangat menentukan kelulusan kamu dalam seleksi ini.

Jika kamu masih ingin memahami dan belajar lebih jauh terhadap tahapan proses LPDP. Kamu dapat mengunjungi AkuPaham, di mana tedapat artikel menarik lainnya terkait proses beasiswa yang sedang hangat-hangatnya saat ini. Selamat berjuang dan berlatih essay on the spot lpdp!

 

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close