Info Beasiswa

Contoh Essay Indonesia Mengajar yang Harus Kamu Tahu

Indonesia Mengajar – Essay merupakan kunci utama jika kamu ingin menjadi seorang Pengajar Muda di Indonesia Mengajar. Dari pendaftar yang nyaris 25.000 orang, Indonesia Mengajar hanya akan mengundang 200 kandidat yang dianggap layak dan sesuai dengan kriteria mereka untuk maju ke tahapan seleksi selanjutnya. Lantas apa saja yang menjadi penilaian Indonesia Mengajar sehingga sangat sulit untuk lulus di tahapan awal seleksi ini?

Dalam proses seleksi Calon Pengajar Muda, Indonesia Mengajar biasanya menyaratkan kamu untuk menulis 10 essay. Essay yang dipinta pun ada yang berbentuk pertanyaan langsung dan ada pula yang berbentuk pertanyaan yang harus dijawab dengan penjelasan dari pengalaman yang pernah kamu lalui.

Contoh Essay Indonesia Mengajar

Pertanyaan Langsung

Contoh Essay LPDP
Contoh Essay-Pixabay.com

Untuk essay yang berbentuk pertanyaan seperti “Jelaskan kenapa kamu tertarik untuk menjadi Pengajar Muda?” kamu dapat menjawab pertanyaan ini secara langsung, jawablah dengan jawaban yang runut, semisal kamu pernah mendapat beasiswa dari negara sehingga kamu harus membalas apa yang sudah kamu terima selama ini, atau kamu memang menyukai dunia mengajar dan kamu ingin berkontribusi bagi Indonesia dengan menjadi seorang pengajar di pelosok. Jangan lupa sampaikan alasan dengan jujur dan menyentuh tapi tidak terkesan klise atau hanya khayalan kamu belaka, karena untuk essay ini kamu harus menunjukan mengapa kamu layak menjadi kandidat mereka.

Pertanyaan Pengalaman

Essay on the spot LPDP
Essay-Pixabay.com

Untuk essay yang berbentuk pertanyaan yang membutuhkan penjelasan dari pengalaman seperti “Jelaskan kondisi di mana kamu harus meyakinkan atasanmu dengan ide yang kamu miliki” maka kamu harus menjawab pertanyaan tersebut berdasarkan pengalamanmu secara runut. Kamu tentu pernah melewati kondisi tersebut bukan? Entah saat sekolah, kuliah, mengikuti organisasi, atau di pekerjaan kamu sekali pun. Jawablah secara jujur dan sesuai dengan kondisi yang pernah kamu lalui, ceritakan tahapan apa saja yang kamu lakukan untuk meyakinkan atasanmu atas ide yang kamu miliki. Jangan lupa, sertakan hasil dari pengalaman mu tersebut. Apakah akhirnya atasanmu setuju atau malah menolak mentah-mentah idemu itu. Akan lebih baik jika kamu memang betul berhasil meyakinkan atasanmu dan jangan pernah menjawab pertanyaan tersebut dengan khayalan kamu, misalkan “jika saya harus meyakinkan atasan maka saya akan melakukan” jelas ini bukan pengalaman, tetapi rencana ke depan. Sementara Indonesia Mengajar mencari kandidat yang sudah melalui hal-hal tersebut.

Dari 10 pertanyaan, ada 8 pertanyaan dari essay Indonesia Mengajar yang merupakan pertanyaan yang harus dijawab dengan pengalamanmu. Sehingga Indonesia Mengajar dapat menilai kualitas kandidat dari essay yang mereka nilai. Jawablah dengan kalimat yang runut, jelas, dan perhatikan apakah ada tulisan yang typo atau tidak. Sebelum mendaftar, kamu bisa meminta kawanmu untuk mengoreksi apakah tulisan essay tersebut sudah sesuai atau masih perlu perbaikan. Dan jangan lupa, selain essay yang disyaratkan oleh Indonesia Mengajar, mereka juga akan menilai aplikasi yang kamu isi. Jadi pastikan kamu mengisi aplikasi tersebut dengan baik dan benar, apakah sudah lengkap atau malah hanya sepotong informasi yang kamu isi, untuk mengisi aplikasi ini memang memerlukan waktu, maka dari itu kamu harus mengetahui jadwal penutupan aplikasi tersebut agar kamu tidak terburu-buru oleh waktu.

Apakah kamu sudah memiliki gambaran tentang essay Indonesia Mengajar? Jika belum, kamu dapat menggali lagi mengapa kamu tertarik mengikuti program ini. Kamu juga dapat bertanya langsung kepada alumi Pengajar Muda untuk mendapatkan mentoring dalam penulisan essay tersebut. Jika kamu pernah gagal dalam aplikasi Indonesia Mengajar, maka jangan bersedih karena mungkin kamu hanya perlu menambah informasi terbaru dari proses rekrutmen Indonesia Mengajar.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close