BisnisKesehatanPopuler

Drone Pengantar Obat di Amerika Serikat

Untuk pertama kalinya, drone, atau pesawat tanpa awak milik United Parcel Services Inc (UPS) Flight Forward mengantarkan obat resep dokter ke rumah pelanggan dan retirement centre di Amerika Serikat. Terobosan sistem pengantaran obat dengan drone ini merupakan buah kerjasama UPS Flight Forward dengan CVS Health Corp, sebuah perusahaan apotek ternama. Obat-obatan yang diantar oleh drone tersebut dikemas dalam kotak seukuran kotak sepatu kecil yang diletakkan pada bagian bawah dari drone.

Drone Pengantar Obat di Amerika Serikat
Drone Pengantar Obat di Amerika Serikat. Sumber: Pixabay

Meskipun regulasi dan pedoman lebih lengkap mengenai pengoperasian drone dan alat sejenis di Amerika Serikat hingga saat ini masih dalam proses dan diharapkan keluar pada 2021, pengantaran jenis ini sudah diizinkan oleh the U.S Federal Aviation Administations (FAA) dan merupakan yang pertama kalinya. Dengan izin ini, drone milik UPS juga diperbolehkan untuk menerima pembayaran, serta diperbolehkan untuk menerbangkan drone sebanyak-banyaknya dengan tujuan memenuhi kebutuhan pelanggan. Jelas hal ini membuat UPS Flight Forward selangkah lebih maju dari para pesaingnya.

Menurut Kevin Hourican, presiden dari CVS Health Corp, opsi pengantaran dengan drone ini ditujukan bagi pelanggan CVS yang tinggal berjauhan dari cabang CVS. Hal ini juga merupakan salah satu usaha CVS untuk memperluas opsi pengantaran agar dapat menjangkau berbagai daerah, dari kota besar hingga tempat terpencil.

Berbagai inovasi lanjutan dari sistem antar menggunakan drone oleh UPS Flight Forward pun sudah direncanakan. Proyek kerjasama anatara UPS Flight Forward dan sebuah perusahaan startup Matternet akan menggunakan drone sebagai armada penganter sampel biologi oleh beberapa kampus kedokteran di Amerika Serikat.

Sumber: Reuters

Tags

Azizah Fauzi

Master of Science in Political Science at the University of Manchester

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close