Diet Keto. Sumber: dietdoctor.com

Diet Keto, Diet Menurunkan Berat Badan yang Wajib Kamu Coba

Diet Keto – Memiliki berat badan yang ideal tentu menjadi idaman bagi semua orang. Di era modern sekarang ini, sangat sulit untuk mencapai berat ideal, sebab kemajuan teknologi membuat manusia semakin malas untuk bergerak, belum lagi dengan maraknya junk food yang rendah gizi tapi justru tinggi akan kandungan berbahaya seperti lemak jahat. Kombinasi dari kedua faktor pemicu ini membuat banyak orang menderita obesitas alias kelebihan berat badan. Tak heran jika berbagai metode diet bermunculan bak cendawan di musim hujan, sebab ada begitu banyak orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan dan ingin mencapai berat yang ideal dengan melakukan diet.

Salah satu metode diet yang tengah populer di kalangan masyarakat saat ini adalah diet ketogenik atau yang lebih dikenal dengan diet keto. Diet keto diklaim mampu menurunkan berat badan secara efektif tanpa menimbulkan rasa lapar berlebih layaknya metode diet lainnya. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mengetahui apa sih sebenarnya diet keto itu, yuk simak ulasannya berikut ini!

  • Diet ketogenik, atau yang sering kali disebut sebagai diet keto, merupakan salah satu metode diet yang berupa diet rendah karbohidrat tinggi lemak. Ketika melakukan diet ini, kamu harus benar-benar mengurangi asupan karbohidrat dan menggantinya dengan asupan lemak. Kurangnya asupan karbohidrat ini menyebabkan tubuhmu mengalami keadaan metabolisme yang disebut sebagai ketosis. Saat ketosis terjadi, tubuh menjadi sangat efisien dalam membakar lemak sebagai energi. Hal ini juga membuat lemak menjadi keton atau zat dari metabolisme lemak di dalam hati. Keton ini menjadi sumber energi bagi otak. Diet keto dapat menyebabkan pengurangan yang sangat besar pada kadar gula darah dan insulin, bersamaan dengan meningkatnya keton yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.
  • Diet ketogenik ini merupakan salah satu jalan terbaik untuk menurunkan berat badan hingga mencapai angka ideal sekaligus mengurangi resiko faktor penyebab penyakit. Bahkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa diet ketogenik jauh lebih unggul dari diet rendah lemak yang sempat menjadi tren juga. Diet keto juga sangat disarankan, terlebih karena kamu dapat menurunkan berat badan tanpa perlu ribet menghitung kalori.
  • Sebuah studi menemukan bahwa mereka yang mengikuti diet ketogenik ini kehilangan berat badan 2,2 kali lebih cepat dibanding orang-orang yang mengikuti diet kalori terbatas atau rendah lemak. Trigliserida dan kadar kolesterol HDL pun turut meningkat. Sementara studi lainnya menemukan bahwa orang-orang yang menjadi peserta diet ketogenik ini 3 kali lebih cepat dalam menurunkan berat badannya dibanding mereka yang mengikuti rekomendasi tips diet dari Diabetes Inggris.
  • Mengapa diet ketogenik sangat direkomendasikan dan lebih unggul dibanding metode diet lainnya? Dengan melakukan diet keto, seseorang dapat melakukan peningkatan asupan protein yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Meningkatnya keton juga dapat menurunkan tingkat kadar gula serta meningkatkan sensitifitas insulin yang juga memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh. Selain itu, para pelaku diet ketogenik juga mengaku bahwa mereka tidak merasakan lapar yang berlebih atau menyiksa sehingga mereka sangat menyukai metode diet yang satu ini.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk melakukan metode diet ketogenik ini? Sebelum memutuskan untuk mengikuti suatu metode diet, ada baiknya untuk terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter atau pakar kesehatan untuk mengetahui apakah metode diet keto cocok dengan kondisi tubuhmu atau tidak. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *