BisnisPopuler

Cermati Simulasi Kredit Mobil Sebelum Mengajukan Kredit!

Kendaraan sudah menjadi kebutuhan pokok dalam era millinneal saat ini, bukan hanya sebagai penunjang transportasi, namun juga sebagai penunjang pergaulan. Angka kepemilikan kendaraan pun terus meningkat di setiap tahunnya tak terkecuali dengan mobil. Hal ini disebabkan banyaknya perusahaan leasing yang berkembang pesat dan menawarkan layanan dengan simulasi kredit mobil yang cukup sederhana. Namun ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit pada perusahaan leasing, seperti memahami skema dari simulasi kredit mobil yang akan kamu pilih dan kemampuan finansialmu di masa yang akan datang.

Sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit, berikut adalah simulasi kredit mobil yang harus kamu pahami

Simulasi Kredit Mobil
Simulasi Kredit Mobil

1 – Jumlah DP yang Harus Dibayar

Sebelum mengajukan kredit mobil, tentu kamu sudah harus memilih jenis, type, dan merk mobil tertentu yang akan kamu jadikan pilihan karena hal inilah yang akan menjadikan besaran DP yang harus kamu bayar. Bank Indonesia telah memutuskan bahwa besaran DP adalah 20% dari harga kendaraan tersebut, semisal kamu ingin mengajukan kredit untuk mobil dengan harga 300 juta, maka 20% dari 300 juta adalah 60 juta. Sehingga kamu harus membayar DP sebesar 60 juta di awal.

2 – Jumlah Pokok Kredit

Pokok kredit adalah jumlah sisa setelah kamu membayar DP 20% dari jumlah total harga mobil. Jika sebelumnya kamu membayar 60 juta untuk DP, maka kamu cukup mengurangi harga mobil dengan DP yang sudah kamu bayarkan sehingga 300 juta dikurangi 60 juta adalah 240 juta. Jumlah 240 juta ini lah yang menjadi nilai pokok kreditmu dan diajukan kepada leasing.

3 – Tarif Bunga yang Berlaku

Sebelum kamu memutuskan tenor atau jangka waktu cicilan, pastikan juga kamu mengetahui jumlah bunga yang akan dikenakan pada jumlah pokok kreditmu. Semakin lama tenor atau jangka waktu cicilan yang kamu pilih maka akan semakin besar juga bunga yang akan dikenakan pada jumlah pokok kreditmu, pastikan kamu tidak tergiur dengan kecilnya cicilan yang harus dibayarkan di setiap bulannya, namun kamu juga harus memperhatikan besaran bunga yang akan kamu tanggung. Untuk tenor atau jangka cicilan 3 tahun, kamu akan dikenakan  bunga sekitar 8% tapi ada beberapa leasing yang menawarkan bunga lebih kecil dan lebih besar juga. Jika sebelumnya jumlah pokok kredit yang kamu ajukan adalah 240 juta maka kamu cukup mengalikan antara jumlah pokok kredit dengan tarif bunga yang dibebankan, sehingga 240 juta dikali 8% adalah 19,2 juta. 19,2 juta ini adalah bunga yang dibebankan kepadamu untuk tenor atau jangka waktu 3 tahun sehingga harus kamu jumlahkan dengan jumlah pokok kredit sebelumnya.

4 – Jumlah Cicilan di Setiap Bulan

Jumlah cicilan yang harus kamu bayarkan adalah total dari jumlah pokok kredit dan ditambah jumlah bunga yang dibebankan kepadamu. Jika jumlah pokok kreditmu adalah 240 juta maka harus ditambah tarif bunga sebesar 19,2 juta  dan menjadi 259,2 juta. 259,2 juta ini akan dibagi dengan tenor atau jangka waktu yang kamu pilih, yakni 3 tahun. Sehingga 259,2 juta dibagi 36 bulan adalah 7,2 juta. Nilai 7,2 juta ini lah yang harus kamu bayarkan di setiap bulannya sebagai besaran cicilanmu.

5 – Jumlah Asuransi dan Administrasi

Untuk asuransi ini tidak diwajibkan oleh leasing, namun biasanya leasing akan menyarankanmu untuk membayar asuransi agar ada jaminan pada mobil yang akan menjadi milikmu. Besaran biaya asuransi untuk 3 tahun biasanya 9,5% namun ini tergantung dari jasa asuransi  yang kamu pilih serta paket apa saja yang akan kamu dapatkan jika terjadi sesuatu pada mobilmu. Untuk simulasinya, kamu dapat mengkalikan tarif asuransi dengan harga mobil, sehingga 9,5% dikali 300 juta adalah 28,5 juta. 28,5 juta inilah yang harus kamu bayarkan kepada penyedia jasa asuransi untuk 3 tahun. Dan selanjutnya kamu harus membayar biaya administrasi untuk mengajukan kredit mobil dengan tenor 3 tahun yang berkisar 550 ribu. Sehingga jumlah uang yang harus kamu setorkan saat pertama kali mengajukan kredit mobil adalah, jumlah DP + cicilan pertama + asuransi + administrasi yang jika disimulasikan adalah 60 juta + 7,2 juta + 28,5 juta + 550 ribu = Rp. 96.250.000

Nah, setelah menyimak simulasi kredit mobil ini, apakah kamu merencanakan manajemen keuanganmu? Pastikan cicilan yang akan kamu bayar nantinya tidak akan memberatkan dan mengganggu kebutuhan pokokmu. Cermati pula perusahaan leasing dan asuransi yang akan kamu pilih agar kamu mendapatkan kesepakatan yang sesuai dengan harapanmu. Selamat memilih!

 

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close