Kesehatan

Ulasan Tentang Cara Merawat Wajah yang Tepat dan Sesuai dengan Jenis Kulit

Cara Merawat Wajah – Perawatan pada wajah wajiblah untuk dilakukan. Tak hanya bagi para wanita saja, namun pria juga demikian. Hal ini lantaran dengan kulit wajah yang sehat, maka pastinya penampilan Anda pun juga terlihat lebih menarik. Oleh karena itu, cara merawat wajah juga harus dilakukan dengan cara yang tepat sehingga hasilnya bisa maksimal. Alasannya adalah karena setiap orang punya jenis kulitnya masing-masing. Perawatan yang salah akan memberikan efek yang kurang baik bagi kulit wajah Anda.

Kulit wajah terbagi menjadi kulit normal, berminyak, kering, sensitif hingga kombinasi. Jenis kulit ini bisa jadi karena ragam faktor mulai dari gen, hormon, faktor paparan bahan kimia dan masih banyak lagi. Selain itu jenis kulit wajah ini pun bisa bergantung dari beberapa faktor diantaranya kandungan air di kulit yang bisa menjadi pengaruh pada elastisitas kulit, kandungan minyak yang bisa berpengaruh ke kelembutan dan nutrisi kulit hingga kepekaan kulit ke zat tertentu. Jenis kulit pun bisa berubah nantinya seiring dengan usia dan faktor lainnya. Dengan ragamnya jenis kulit wajah ini, maka tak heran jika cara merawat wajah pun berbeda-beda tiap jenis kulitnya.

Mengenal jenis kulit wajah dan perawatannya

Cara merawat wajah setiap jenis kulitnya berbeda-beda. Oleh karena itu, sebelum bisa merawat wajah dengan cara tertentu maka Anda pun wajib mengenal lebih dulu jenis kulit wajah Anda. Berikut ini beberapa jenis kulit wajah dan tips perawatannya:

  • Kulit wajah normal

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit wajah ini maka harus bersyukur karena jenis kulit ini punya keseimbangan antara kandungan air dan minyaknya sehingga tidak kering namun juga tidak berminyak. Jenis kulit normal umumnya jarang sekali memiliki masalah pada kulit dengan pori yang hampir tak terlihat, tak berminyak dan seolah terlihat bercahaya dan lembab. Untuk perawatannya sendiri amat mudah yakni bisa dirawat dengan produk wajah normal. Pakai sabun pembersih wajah lembut dan jangan menggosoknya terlalu kasar ketika mencuci. Bilas sampai bersih, keringkan lalu Anda bisa mengaplikasikan pelembab ke wajah dengan krim yang cocok.

  • Kulit wajah kering

Untuk para pemilik kulit kering di lapisan kulit terluarnya kurang lembab. Hal inilah yang menjadikan retakan di permukaan kulit dan bahkan terasa kering saat disentuh. Pori-pori pada jenis kulit yang kering umumnya hampir tidak terlihat dan permukaan luar kulitnya kasar serta kusam sehingga terlihat kurang elastis. Bagi pemilik jenis kulit kering ini kulitnya mudah sekali merah, gatal dan kasar serta bersisik hingga bahkan meradang. Biasanya kulit wajah yang kering dikarenakan oleh faktor genetik, perubahan hormon, paparan sinar matahari, cuaca dingin, mandi air panas yang terlalu lama dan bahkan karena penggunaan perawatan wajah yang tidak cocok. Bagi pemilik wajah kering, perawatannya adalah dengan cara berikut ini:

  • Pilih perawatan untuk kulit kering sehingga bisa memberikan kelembaban yang ekstra ke kulit.
  • Menggunakan pembersih wajah lembut serta tak mengandung parfum dan alkohol.
  • Hindarilah mandi atau mencuci air memakai air hangat yang terlalu lama.
  • Pastikan untuk selalu memakai pelembab seusai mencuci wajah.
  • Pilih sabun dengan bahan melembabkan misalnya oatmeal atau emolien.
  • Pastikan untuk selalu memakai tabir surya ketika akan keluar rumah sehingga bisa meminimalisir efek sinar UV yang kurang baik untuk wajah.
  • Jika Anda ada di ruang AC dalam waktu cukup lama, maka ada baiknya mengaplikasikan pelembab berulang dan banyak minum air.

 

  • Kulit wajah berminyak

Biasanya jenis kulit wajah yang berminyak umumnya adalah lantaran produksi sebum serta kelenjar minyak berlebih. Sebum adalah zat minyak yang asalnya dari lemak. Sedang untuk kelenjar minyak merupakan kelenjar yang ada bawah permukaan kulit. Fungsi utamanya sebetulnya adalah untuk melembabkan kulit, namun jika produksinya berlebih, maka kulit wajah pun akan jadi berminyak serta menjadikan pori tersumbat sehingga menimbulkan jerawat. Faktor yang memicunya diantaranya adalah genetik, hormon hingga stres. Untuk perawatan wajah pada kulit berminyak diantaranya:

  • Rajin-rajinlah dalam cuci muka tiap hari yakni dua kali sehari dan hindari produk wajah dengan kandungan deterjen.
  • Bawalah selalu kertas minyak kemanapun Anda pergi karena kertas minyak ini sewaktu-waktu bisa meminimalisir adanya kelebihan minyak di wajah meskipun memang tidak bisa mencegah sebum berlebih.
  • Jika Anda memilih kosmetik, ada baiknya untuk memilih kosmetik yang berbahan clay dimana mampu membantu dalam menyerap minyak yang ada di kulit wajah serta mampu mengobati kondisi kulit yang sedang dalam kondisi tidak baik.
  • Masker alami yang bisa digunakan dalam kontrol minyak diantaranya masker madu, lemon, telur, lidah buaya, tomat dan masker almond.
  • Tak hanya dalam hal perawatan wajah saja, namun juga harus dalam hal konsumsi makanan juga misalnya makanan yang digoreng, tinggi gula serta makanan olahan ada baiknya untuk dihindari.
  • Jika kondisi kulit sedang berminyak, ada baiknya mengurangi pemakaian make up misalnya foundation dan pilih produk yang berbasis air.

 

  • Kulit wajah sensitif

Jenis kulit wajah yang sensitif adalah kulit wajah yang umumnya sering rewel. Jenis kulit ini amat mudah untuk mengalami iritasi serta alergi pada produk tertentu sehingga mudah sekali merah, gatal, hingga mengelupas. Perawatan kulit sensitif juga berbeda dengan wajah lainnya, yaitu:

  • Untuk Anda pemilik kulit wajah sensitif, ada baiknya untuk mengetahui dulu faktor pemicu munculnya wajah sensitif itu.
  • Pakailah sabun yang lembut lalu bilas memakai air hangat. Ketika mencuci wajah, jangan menggosok wajah dengan keras namun usap lembut saja.
  • Produk perawatan wajah yang Anda pakai ada baiknya tidak mengandung alkohol, pewangi hingga asam. Produk perawatan kulit dengan kandungan chamomile, green tea, hingga gandum dan lidah buaya akan baik untuk Anda.
  • Jangan lupa selalu memakai tabir surya sehingga bisa melindungi kulit Anda dari sinar UV.
  • Jaga konsumsi air dan makanan Anda sehingga bisa pilih makanan dan minuman sehat yang akan berpengaruh juga pada kesehatan kulit.

 

  • Kulit wajah kombinasi

Jenis kulit wajah yang terakhir adalah kombinasi. Kombinasinya sendiri bisa berbeda-beda misalnya berminyak dan normal, berminyak dan kering, kering sensitif dan lain sebagainya. Lokasi kombinasi di wajah bisa berbeda namun umumnya kerapkali ada di zona T berminyak dan lainnya punya wajah dengan jenis lain juga. Perlakuan pada wajah kombinasi juga berbeda sesuai dengan jenis kulit kombinasinya. Kadang satu jenis krim saja bisa cocok untuk seluruh wajah, namun kadang Anda juga butuh dua produk wajah untuk bisa merawat wajah tersebut. Jadi lebih baik kenali tipe wajah Anda dan rawat sesuai jenisnya.

Cuci wajah dengan benar untuk dapatkan kulit bersih nan cantik

Salah satu tahapan dalam cara merawat wajah yang penting adalah membersihkan wajah dengan tepat. Dalam sebuah survey telah menunjukkan jika 50% wanita ternyata tidak mencuci wajahnya dengan benar dan bahkan tidak memakai produk dengan tepat. Alasannya adalah dengan pekerjaan menumpuk, kelelahan, stres dan lainnya sehingga menjadikan tahap mencuci wajah seringkali dilewatkan oleh para wanita atau mencuci wajah namun terburu-buru. Padahal jika Anda tidak mencuci wajah dengan tepat, maka banyak sekali kerugiannya mulai dari pori yang tersumbat, bisa memicu jerawat hingga penuaan dini.

Sebelum membersihkan wajah, maka Anda harus tahu dulu jenis kulit wajah Anda berdasarkan ciri ulasan di atas. Lanjut dengan memilih pembersih yang tepat sesuai jenis kulit dimana untuk kulit berminyak adalah dengan sabun bebas minyak, kulit wajah kering hindari sabun beralkohol sedangkan untuk kulit sensitif ada baiknya menggunakan produk yang bebas wewangian, deterjen hingga alkohol. Cara merawat wajah tahap pertama dengan mencuci wajah harus dilakukan dengan benar.

Setelah mendapatkan produk yang tepat untuk mencuci wajah, selanjutnya adalah dengan mengetahui cara mencuci wajah yang benar berdasarkan tahapan yang tepat, yaitu:

  • Bersihkan make up dulu

Para wanita tentu tidak akan bisa lepas dari make up. Make up yang menempel di wajah akan menjadikan wajah jadi sulit untuk dibersihkan. Jadi tahapan cara merawat wajah yang pertama adalah dengan membersihkan make up lebih dulu dengan cairan khusus yakni make up remover. Anda juga bisa menggunakan minyak bayi untuk membersihkan wajah. Bersihkan hingga ke bagian maskara sampai eyeliner sehingga semuanya bersih merata.

  • Bersihkan secara lembut

Setelah semua make up berhasil dibersihkan, barulah ke tahap pencucian wajah dengan pencuci muka. Anda bisa mencuci muka memakai jari atau bisa juga dengan waslap atau sponge. Jangan terburu-buru dalam mencuci muka Anda, namun pijat sebentar wajah sehingga bisa rileks. Untuk membilasnya, jangan menggunakan air yang terlalu panas atau dingin karena dapat merusak wajah.

  • Keringkan wajah dengan handuk

Jika wajah sudah dirasa bersih dari semua sabun, lanjut dengan keringkan menggunakan handuk. Pilih handuk lembut sehingga tidak melukai kulit wajah. Handuk juga harus bersih karena jika handuknya kotor, maka wajah Anda akan mudah terkena bakteri.

Jika sudah selesai dalam hal pembersihan wajah ini, maka lanjutkan dengan tahapan cara merawat wajah selanjutnya misalnya dengan memberikan pelembab. Ada baiknya mengaplikasikan pelembab ketika wajah masih sedikit basah sehingga pelembab mudah menyerap. Jangan lupa untuk selalu mengganti sarung bantal dan selimut karena di situ biasa banyak bakteri muncul. Cukup bersihkan wajah 2 kali sehari saja dan jangan terlalu sering juga.

Kebiasaan buruk yang bisa rusak kulit wajah

Kulit merupakan pertahanan pertama dari tubuh ketika berinteraksi dengan lingkungannya. Oleh karena itu perawatan kulit juga harus bagus. Kulit Anda sehari-hari terpapar matahari, debu, polusi dan lainnya sehingga menjaga kesehatan kulit wajah adalah hal yang wajib. Cara merawat wajah pun wajib disesuaikan dengan jenis kulit yang Anda miliki sehingga pemilihan produknya tepat.

Namun cara merawat wajah yang dilakukan oleh para wanita kadang ada saja kesalahannya. Berikut ini beberapa kebiasaan yang kerapkali menjadikan wajah Anda rusak dan tidak mulus, diantaranya:

  • Kandungan alkohol berlebih di kosmetik yang tidak disadari

Memiliki kulit halus dan mulus tentu dambaan semua orang. Namun kadang cara untuk mendapatkan kulit halus ini salah. Salah satunya adalah dalam hal pemilihan produk perawatan wajah dan kosmetiknya. Memang banyak produk perawatan wajah mengandung alkohol, namun bukan berarti kadar alkoholnya boleh besar. Kandungan alkohol yang terlalu tinggi justru akan mampu menjadikan kulit kekurangan kelembaban alaminya. Produk yang umumnya terlalu banyak alkohol misalnya pembersih wajah, toner dan pengontrol minyak.

  • Tidur masih dengan make up menempel

Menggunakan make up tentu sudah jadi kebiasaan yang tidak dapat dilepaskan. Namun karena saking lelahnya aktivitas dan bekerja sehingga seolah mencuci wajah dengan benar pun terlupakan. Tak heran banyak kasus wanita tidur masih menggunakan make up menempel sehingga menjadikan kulit wajah yang mulus jadi rusak. Kulit Anda akan mudah terkena jerawat, kulit pecah dan hal buruk lainnya.

  • Menumpuk bakteri di spon atau kuas

Menggunakan kuas atau spon dalam keseharian baik mengaplikasikan make up hingga membersihkan wajah memang kerap dilakukan. Namun jangan lupa juga jika spon dan kuas wajib dibersihkan sehingga tidak jadi tempat bakteri mengumpul. Jika Anda malas membersihkan kuas dan spon lalu terus memakainya, maka jangan heran jika banyak bakteri masuk ke wajah dan menjadikannya jerawat atau bahkan infeksi.

  • Terlalu sering peeling

Membuang sel kulit mati memang disarankan sehingga kulit kembali bersinar dan cerah. Namun beda halnya jika Anda terlalu sering dalam melakukan peeling. Jika mengelupas kulit ini dilakukan berlebihan, maka jangan heran jika kulit wajah Anda jadi kering karena wajah akan kehilangan minyak alami yang melembabkan wajah.

  • Menjepit ponsel di pipi dan bahu

Ketika tangan repot dalam menjalankan hal lain, biasanya ketika menerima panggilan telepon maka Anda menjepit ponsel antara bahu dan pipi sehingga lebih simpel. Namun tahukah Anda jika hal ini juga merupakan kebiasaan buruk untuk kulit wajah. Hal ini lantaran ponsel mengandung banyak bakteri sehingga jika menempel ke wajah maka akan banyak bakteri yang menempel di kulit wajah. Lebih baik gunakan headset atau earphone sehingga wajah tidak terpapar langsung dengan ponsel.

Itulah beberapa kebiasaan yang tidak Anda sadari dalam keseharian namun ternyata bisa berakibat fatal di kulit wajah Anda. Tentunya semua cara merawat wajah yang Anda lakukan akan jadi sia-sia jika Anda tidak memperhatikan detil kecil seperti kebiasaan tersebut. Oleh karena itu pastikan untuk menjaga wajah sebisa mungkin dari segala paparan yang kurang baik, termasuk juga dari tangan Anda sendiri. Ya, tangan yang kotor jangan sampai menyentuh wajah karena akan memindahkan bakteri dari tangan ke wajah Anda. Yang jelas selalu bersihkan wajah Anda setelah bepergian atau menggunakan make up sehingga wajah bisa beristirahat.

Perawatan wajah tepat jadikan kulit bersih dan sehat

Itulah ulasan terkait cara merawat wajah sesuai dengan jenis kulit masing-masing. Mengingat masing-masing orang punya jenis kulit yang berbeda, maka jenis perawatan dan juga masalah setiap kulit juga berbeda. Oleh karena itu jangan sampai menyamaratakan jenis perawatan wajah kulit Anda dengan teman atau dengan orang lain karena hal ini adalah hal yang amat salah. Anda harus bisa menemukan sendiri produk perawatan yang cocok untuk kulit Anda. Memang dalam menemukan produk perawatan wajah yang tepat akan selalu diwarnai dengan trial and error sebelum menemukan produk yang tepat. Namun hal ini juga umum dialami setiap orang sehingga wajar terjadi.

Tags

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close