Kesehatan

Cara Menghilangkan Bau Kaki Berikut Wajib Kamu Coba

Cara Menghilangkan Bau Kaki – Kaki adalah salah satu dari sekian banyak bagian tubuh yang bisa mengeluarkan bau tak sedap jika tidak ditangani dengan baik, apalagi buat kamu yang sering kali menggunakan sepatu tertutup dalam aktivitas keseharian kamu. Bau yang ditimbulkan kaki bisa saja membuat kamu merasa tidak percaya diri dan membuat orang-orang di sekitar kamu merasa tidak nyaman. Sebenarnya apa sih yang menyebabkan kaki kamu bau? Jawabannya adalah bakteri dan keringat. Keringat yang keluar dari kaki kamu lalu membasahi area sepatu atau kaos kaki kamu yang kemudian menciptakan ruangan lembab yang menstimulus bakteri untuk berkembang biak. Bakteri kemudian memakan protein dan asam amino yang terkandung dalam keringat kamu, lalu bakteri-bakteri tersebut akan mulai mengeluarkan gas. Nah, gas inilah yang membuat aroma kaki kamu menjadi tidak menyenangkan. Untuk menghindarkan kaki kamu dari bau yang kurang sedap, yuk simak tips-tips berikut.

Merendam Kaki dengan Garam Inggris

Sumber: www.medicaldaily.com

Untuk merendam kaki dengan garam Inggris kamu perlu menyiapkan baskom berisi air hangat, lalu campurkan setengah cup garam inggris. Kemudian rendam kaki kamu selama 30 menit, lakukan satu sampai dua kali sehari. Selain menghilangkan bau, merendam kaki dengan garam juga membantu kamu mengurangi kelelahan dan pegal-pegal di kaki.

Merendam Kaki dengan Baking Soda dan Air Lemon

Sumber: www.sobeys.com

Baking soda yang ada di dapur kamu bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau kaki lho, yang kamu perlukan adalah: Siapkan air lemon dari satu buah lemon, seperempat cup baking soda dan delapan gelas air hangat.  Campurkan semua bahan dan lalu rendam kaki kamu selama 15-20 menit, kemudian keringkan dengan handuk, baking soda memiliki kandungan yang dapat membantu penyerapan minyak dan bau.

Merendam Kaki dengan Cuka Apel

Sumber: www.healthline.com

Untuk merendam kaki dengan cuka apel, kamu memerlukan setengah cup cuka apel, dan 8 cup air hangat. Setelah tercampur rata, rendam kaki kamu selama 15 menit dan lakukan 2 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Kamu bisa mencuci kaki kamu dengan air dingin terlebih dahulu sebelum mengeringkannya jika kamu ingin. Kenapa cuka apel bisa membantu menghilangkan bau pada kaki? karena cuka apel dapat membantu menciptakan lingkungan yang mengandung asam di area kaki kamu, sehingga bakteri sulit hidup. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang bau kaki kamu.

Merendam Kaki dengan Teh Hitam

Sumber: www.draxisweb.com

Teh hitam sudah terkenal dengan berbagai khasiat, salah satunya adalah menghilangkan bau pada kaki. Kamu memerlukan sebuah baskom, 5 kantung teh hitam, dan air panas. Rendam teh hitam dengan air mendidih sampai mengeluarkan warna. Rendam kantung teh selama 10 menit, lalu campurkan air dingin sampai kamu mendapatkan air hangat yang pas untuk berendam. Rendam kaki kamu selama 20 menit dan lakukan satu kali sehari.

Agar Terhindar dari Bau Kaki

  • Gantilah kaos kaki kamu setiap hari, apalagi buat kamu yang banyak melakukan aktivitas fisik.
  • Gunakan kaos kaki yang mudah menyerap keringat, dan hindari penggunaan kaso kaki berbahan sintetis yang membuat kaki kamu sulit bernafas.
  • Lepaskan sepatu kamu dan angin-anginkan kaki kamu sesekali. Jangan biarkan kaki kamu terkurung dalam sepatu terlalu lama. Menaruh sendal di loker agar kamu bisa berganti sewaktu jam-jam rehat dari berkerja atau sekolah¬† juga bisa kamu terapkan loh.

Semoga tips-tips di atas dapat mengurangi dan menghilangkan bau kaki yang menjadi masalah kamu ya dan selamat mencoba!

You are special, you are unique, so don’t try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close