Sstt! Ini 5 Cara Menambah Uang Jajan buat Kamu yang Masih Sekolah

Penghasilan Tambahan – Bagi anak usia sekolah, mendapatkan penghasilan sendiri tentu merupakan suatu hal yang menarik. Hal ini dikarenakan biasanya anak sekolah hanya mendapat pemasukan berupa uang saku dari orangtua. Uang saku dari orangtua biasanya dipergunakan untuk hal-hal yang bersifat penting seperti membeli buku atau alat tulis untuk menunjang kegiatan sekolah. Sementara sebagai anak sekolah, ada banyak hal yang diinginkan namun tak dapat terbeli dengan uang saku dari orangtua seperti misalnya gadget, aksesoris, hingga game. Satu-satunya cara untuk membeli benda-benda yang bersifat sekunder ini ialah melalui penghasilan tambahan. Bagaimana caranya? Berikut ini kami rangkumkan beberapa cara menambah penghasilan untuk anak sekolah yang mudah untuk dilakukan.

Penghasilan Tambahan Buat Kamu yang Masih Sekolah:

  • Wirausaha

    Berjualan Makanan. Sumber: sekolahtumbuh.sch.id
    Berjualan Makanan. Sumber: sekolahtumbuh.sch.id

    Cara yang satu ini sangat efektif dan efisien bagi anak sekolah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Tak hanya mendapatkan keuntungan berupa uang, melalui kegiatan wirausaha kamu juga bisa mendapatkan keuntungan lain seperti relasi hingga pengalaman yang tak ternilai harganya. Kamu bisa memulai kegiatan wirausahamu dengan berjualan barang-barang yang harganya murah dan cepat laku seperti misalnya makanan atau minuman, aksesoris, atau benda-benda unik lainnya. Mulailah menjajakan daganganmu di lingkungan terdekatmu seperti teman sekolah atau temen sepermainan. Kamu juga bisa memanfaatkan media sosial yang kamu miliki untuk mempromosikan barang daganganmu. Jangan lupa untuk meminta testimoni dari teman-temanmu yang telah membeli barang daganganmu, ya. Testimoni ini bisa kamu gunakan sebagai media untuk menarik pembeli baru.

  • Freelance

    Penghasilan Tambahan dari Freelance. Sumber: feedster.com
    Penghasilan Tambahan dari Freelance. Sumber: feedster.com

    Jika kamu merasa bahwa berjualan bukanlah suatu hal yang kamu kuasai, maka kamu bisa memilih untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui pekerjaan freelance. Kamu bisa mendapatkan job freelance dengan mendaftarkan diri di web-web penyedia freelance. Pekerjaan freelance ini cukup menyenangkan karena tidak menyita banyak waktu namun tetap menjanjikan penghasilan yang jumlahnya lumayan. Ada beragam jenis pekerjaan freelance seperti menulis artikel, membuat desain grafis, dan masih banyak lagi, kamu bisa memilih job  yang benar-benar sesuai dengan passion serta keahlianmu. Menyenangkan sekali, bukan?

  • Mengajar privat atau bimbel

    Mengajar Les / Bimbel. Sumber:
    Mengajar Les / Bimbel. Sumber: catholicteacher.com

    Sebagai anak sekolah, kamu bisa memanfaatkan waktu liburmu di akhir pekan untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mengajar privat atau bimbel. Ada beberapa website yang menjadi media perantara antara pencari serta mereka yang membutuhkan jasa guru privat. Kamu bisa mengunggah serta melengkapi profil beserta preferensi mata pelajaran serta jenjang pendidikan atau usia peserta didikmu seperti misalnya SD kelas 6, SMP kelas 2, dan sebagainya. Atau, kamu bisa membagikan selebaran mengenai jasa mengajar privat di beberapa sekolah. Melalui mengajar privat, kamu bisa mendapatkan pengalaman mengajar yang mungkin saja akan berguna di masa yang akan datang.

Itu dia beberapa cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan bagi anak sekolah. Perhatikan jadwal sekolah dan pekerjaan sampinganmu, agar tidak saling mengganggu atau menyebabkan prestasi di sekolahmu menjadi menurun. Sebab hal ini seringkali terjadi pada mereka yang terlalu asyik bekerja sampingan sehingga lupa akan prioritas utama yakni sekolah. Jangan lupa untuk me-manage keuanganmu secara teliti agar tidak membuatmu menjadi boros dan konsumtif. Tabung sebagian uang yang kamu dapatkan dari pekerjaan sampingan yang kamu lakukan untuk sesuatu yang penting seperti misalnya biaya pendidikan. Jangan sampai kamu menghabiskan seluruh pendapatanmu untuk membeli benda-benda yang kamu inginkan tetapi tidak terlalu penting fungsinya. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *