Inspirasi

Cara Belajar Bahasa Inggris yang Asik dan Seru!

Mungkin bagi kebanyakan orang bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang susah untuk dipahami dan dipelajari. Itu dikarenakan orang-orang yang menganggap hal tersebut tidak mengetahui cara belajar bahasa inggris yang benar dan tepat seperti apa. Mereka hanya melihat bahwa kata-kata maupun artinya sangat sulit untuk dihafalkan. Sehingga mereka akan lebih memutuskan berhenti belajar bahasa inggris dibandingan harus susah untuk mempelajarinya.

Padahal tentu niat itu sangat tidak baik. Sebagai seorang warga negara yang baik, selain mempelajari budaya dan bahasa sendiri, kamu juga harus bisa mempelajari budaya dan bahasa negara lain. Hal itu bertujuan untuk dapat saling menghormati antar negara. Terlebih, ketika kamu memiliki kesempatan untuk bisa pergi ke luar negeri. Tentu kamu akan sangat membutuhkan pengetahuan lebih khususnya bahasa asing bukan? Maka dari itu lebih baik untuk belajar sejak dini mengenai bahasa inggris. Saat ini banyak juga cara belajar bahasa inggris yang bisa diterapkan sendiri agar mampu untuk mengikuti perkembangan zaman.

Bahasa inggris memang bukan merupakan bahasa utama bagi negara Indonesia. Namun, sebagai generasi milenial saat ini sangat aneh jika kamu sendiri tidak bisa menguasai bahasa inggris. Sebab, tentunya kamu sendiri juga mengetahui bahwa bahasa inggris saat ini merupakan bahasa internasional. Apa itu bahasa internasional? Bahasa internasional merupakan bahasa yang utama dan sudah mendunia. Artinya bahwa bahasa inggris sudah dipakai diseluruh dunia. Hal tersebut tentu akan membuat kamu mencari tahu cara belajar bahasa inggris agar kamu mampu belajar bahasa Inggris dengan lebih mudah dan cepat.

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

manfaat belajar bahasa inggris - pinterest
manfaat belajar bahasa inggris – pinterest

Pada era milenial ini, bahasa inggris sudah menjadi bahasa internasional. Di mana bahasa tersebut sudah digunakan di semua negara dan dikenal oleh semua negara. Karena Hal itulah saat ini beragam cara belajar bahasa inggris sudah bermacam macam jenisnya. Sehingga, pada sekarang ini pun sudah tidak perlu ditanyakan lagi apa manfaat belajar bahasa inggris itu dan apa manfaat bahasa inggris itu. Jika kamu masih menanyakan hal tersebut, simak beberapa manfaat dari belajar bahasa inggri berikut:

1.Untuk menambah pengetahuan

Tentunya dengan belajar bahasa inggris kamu akan menambah pengetahuan kamu di bidang bahasa tersebut. Kamu bisa menggunakan cara belajar bahasa inggris dari yang mudah terlebih dahulu untuk mulai mempelajarinya. Dengan mempelajari hal tersebut maka kamu akan mendapatkan pengetahuan yang tidak terbatas.

2.Mempermudah untuk berkomunikasi

Sudah dijelaskan, bahwa bahasa inggris saat ini menjadi bahasa internasional. Sudah banyak sekali masyarakat yang menggunakan bahasa inggris. Maka dari itu, belajar bahasa inggris akan sangat bermanfaat agar mempermudah kamu berkomunikasi dengan orang lain. Kamu bisa menggunakan cara belajar bahasa inggris yang sederhana yaitu dengan berbicara bahasa inggris, maka nantinya kamu juga akan terbiasa dengan bahasa inggris.

3.Untuk membuat kamu merasa aman

Dapat kamu ketahui, bahwa saat ini wisatawan tersebar dimana-mana. Terkadang mereka akan menanyakan sesuatu kepada orang local termasuk kamu. Dengan mempelajari bahasa inggris tentu akan membuat kamu merasa aman ketika bertemu dengan turist dan bertanya kepada kamu menggunakan bahasa inggris. Selain agar tidak malu, dengan mampu berbahasa inggris juga akan menolong mereka ketika ternyata mereka sedang membutuhkan bantuan. Akan aman juga bagi kamu ketika hendak berlibur, khususnya keluar negeri. Berbicara dengan turist juga menjadi salah satu cara belajar bahasa inggris yang bagus.

4.Membuat kamu lebih percaya diri

Berbagai cara belajar bahasa inggris bisa membuat kamu mahir berbahasa inggris sehingga akan menjadi nilai plus bagi setiap orang. Ketika kamu mampu untuk berbahasa inggris, maka kamu akan lebih percaya diri untuk melakukan hal-hal baru. Kamu tidak akan salah untuk meletakkan, menggunakan, ataupun mengambil sesuatu di tempat umum yang menggunakan informasi berbahasa inggris.

5.Mudah untuk mencari pekerjaan

Ketika hendak melamar pekerjaan saat ini tentu terlebih dahulu kamu akan mempelajari bahasa inggris dengan upaya mencari cara belajar bahasa inggris yang tepat dan cepat. Hal itu dikarenakan pada era sekarang ini. Perusahaan lebih banyak mencari tenaga kerja yang mampu berbahasa inggris. Sebab, perusahaan sekarang ini saling berlomba untuk go internasional. Sehingga tentunya mereka akan membutuhkan pekerja yang mampu berbahasa inggris untuk lebih memajukan perusahaanya.

Kesalahan Ketika Hendak Belajar Bahasa Inggris

kesalahan belajar bahasa inggris - indravedia
kesalahan belajar bahasa inggris – indravedia

Bagi kamu yang sangat ingin menguasai bahasa inggris, pasti kamu akan mencari berbagai cara belajar bahasa inggris agar cepat lancar berbahasa inggris. Namun, bahkan masih banyak juga dari sebagian orang melaksanakan pembelajaran bahasa inggris dengan cara yang salah. Tentunya hal tersebut sangat tidak sesuai bukan, dan bahkan akan lebih sulit untuk memahami bahasa inggris ketika salah dalam belajarnya. berikut ini kesalahan yang sering dilakukan ketika belajar bahasa inggris:

1.Terlalu memaksakan

Ketika kamu terlalu memaksakan belajar, maka hal tersebut justru menjadi sesuatu yang salah. Sebab, tidak ada orang yang mahir dengan hanya 1 kali belajar. Ketika kamu memutuskan untuk memaksakan belajar dengan durasi lama, maka yang didapatkan hanya lelah. Ketika otak dan pikiran lelah, maka pelajaranpun akan sulit tercerna.

2.Kurangnya rasa ingin tau

Ketika masih belajar, seharunya kamu bisa menciptakan perasaan ingin tau. Sebab, rasa ingin tau merupakan cara belajar bahasa inggris yang sangat efektif untuk dilakukan. Namun, jika kamu tidak memiliki rasa ingin tahu dan tidak ingin mengetahui tentang hal lain, maka perkembangan bahasa kamu akan terhambat.

3.Terlalu percaya diri

Jangan pernah merasa percaya diri sekalipun kamu sudah bisa mengucapkan kalimat bahasa inggris dengan fasih. Cara belajar bahasa inggris yang satu ini merupakan cara yang salah. Sebab, hal itu tidak baik ketika ternyata kamu memang belum menguasai sepenuhnya. Terbuka saja bahwa kamu memang belum menguasai sepenuhnya sehingga orang lain tidak menilai buruk tentang kamu.

4.Merasa benar sendiri

Ketika kamu sudah menemukan cara belajar bahasa inggris yang tepat, ada baiknya jika kamu tetap mempelajarinya walaupun sudah merasa benar. Ketika salah dalam penulisan maupu kata-kata namun kamu merasa benar, maka itu merupakan hal yang salah besar.

5.Tidak mau mencoba

Cara belajar bahasa inggris yang paling mudah yaitu dengan mau mencoba. Ketika kamu mau untuk mencoba, maka artinya mau pula untuk berusaha. Namun, ketika kamu tidak mau mencoba maka kamu sendiri tidak akan berkembang dalam ilmu pengetahuannya.

Beberapa cara belajar bahasa inggris tersebut merupakan strategi yang sangat salah dan fatal jika tidak segera dirubah. Sebab, dalam belajar kamu harus tetap tunduk sekalipun sudah pandai. Hal itu selain agar kamu tidak merasa benar, kamu juga akan bisa menghargai orang lain yang belum mahir bahasa inggris seperti kamu.

Tips Agar Lebih Menyukai Bahasa Inggris

tips menyukai bahasa inggris - capx
tips menyukai bahasa inggris – capx

Ketika dari awal kamu tidak menyukai bahasa inggris, maka untuk seterusnya pun kamu tidak akan berminat tentang hal itu, apalagi untuk mempelajarinya. Berbagai macam cara belajar bahasa inggris tetap tidak mampu membuat kamu tertarik. Lalu, apakah seseorang yang tidak menyukai bahasa inggris itu bisa berubah menjadi suka? Jawabannya adalah sangat bisa. Apapun yang diusahakan dan selalu dipelajari akan membekas di otak dan semakin lama presepsi mengenai bahasa inggris akan berubah.

Lalu, jika seperti itu apakah ada tips mengenai upaya agar kamu bisa suka dengan bahasa inggris? Bagaimana cara agar presepsi bahwa bahasa inggris itu sulit dapat dihilangkan dari otak kita? Jangan khawatir, sebelum kamu mengetahui cara belajar bahasa inggris yang benar berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana tips agar kamu dapat lebih menyukai bahasa inggris. Berikut ini beberapa tipsnya:

1.Ubah presepsi bahwa bahasa inggris itu sulit

Tips pertama yang perlu kamu terapkan yaitu, cobalah kamu mengubah presepsi bahwa bahasa inggris itu sulit. Mungkin bagi kamu terbilang susah. Kamu hanya perlu mencoba menganggap bahwa cara belajar bahasa inggris itu sama seperti halnya bahasa Indonesia, di mana ketika kamu tidak pernah membaca maka kamu tidak pernah tau, dan ketika kamu tidak pernah belajar maka kamu tidak akan paham. Hal itu akan membantu kamu membuka pikiran untuk lebih menyadari bahwa tidak ada yang sulit ketika ada niat untuk belajar.

2.Mulailah untuk lebih sering membaca

Tips yang kedua yaitu kamu hanya perlu sering membaca. Untuk usaha pertama, kamu bisa membaca beberapa tulisan yang ada di jalanan, namun bacalah yang berbahasa inggris. Ketika menemui sebuah kalimat bahkan hanya 1 kata, cobalah untuk tetap membacanya. Hal itu akan membiasakan diri kamu lebih senang membaca tulisan. Hal itu juga merupakan cara belajar bahasa inggris yang sangat tepat.

3.Cobalah untuk lebih sering mendengarkan musik bahasa inggris

Tips yang ketiga ini yaitu seringlah kamu mendengarkan musik berbahasa inggris. Tips ini merupakan salah satu tips yang paling mudah dan juga paling menyenangkan. Walaupun kamu belum memahami arti dari musik tersebut, setidaknya kamu sudah akan membiasakan diri untuk mendengarkan kata-kata yang mengandung bahasa inggris. Semakin lama nantinya kamu akan lebih terbiasa mendengarkan kalimat inggris dan membuat kamu penasaran mengenai arti dari musik yang didengar. Tips ini juga dapat menjadi salah satu cara belajar bahasa inggris yang sangat mudah.

4.Buat minset bahwa bahasa inggris itu menyenangkan

Buatlah sebuah minset bahwa bahasa inggris adalah hal yang menyenangkan. Dengan menciptakan mindset baik maka dapat menjadi salah satu cara belajar bahasa inggris yang tepat untuk pemula. Kamu bisa mengelola otak kamu untuk lebih sering mencari tahu mengenai bahasa inggris walaupun kamu belum mengetahui artinya. Dengan memiliki mainset seperti itu, maka nantinya kamu akan terbiasa dengan bahasa inggris dan lebih menyukainya.

Tips tersebut dapat menjadi salah satu cara belajar bahasa inggris yang paling dasar agar kamu lebih menyukai bahasa inggris sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk mempelajari cara belajar bahasa inggris lebih dalam lagi. Mungkin ketika kamu berfikiran bahwa kamu sudah dewasa dan akan sulit untuk mengubah minset kamu, hal itu salah besar. Karena minset seseorang akan tetap bisa diubah dengan keinginan dan tekat orang tersebut.

Ini Dia Tips Tepat Cara Belajar Bahasa Inggris

Cara Belajar Bahasa Inggris - esqcourse
Cara Belajar Bahasa Inggris – esqcourse

Mungkin cara belajar bahasa inggris bagi kamu yaitu dengan mengikuti les atau khursus bahasa inggris. Memang benar, cara yang tepat untuk belajar bahasa inggris sendiri dengan mengikuti les tersebut. Namun, apakah kamu tahu bahwa ada beberapa cara yang praktis dan juga simple untuk belajar bahasa inggris selain dengan mengikuti les? Banyak sekali teknik belajar bahasa inggris yang simple dan juga praktis bahkan tanpa guru sekalipun, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

1.Kuasai kata-kata dasar

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk memulai belajar bahasa inggris adalah dengan menguasai terlebih dahulu kata dasar atau vocabulary dari bahasa inggris. Dengan itu kamu akan memiliki pengetahuan yang dapat dikembangan. Dengan memulai menghafal vocabulary, maka nantinya akan lebih mudah bagi kamu menghafalkan arti dari setiap kalimat yang ada.

2.Sering membaca kata-kata berbahasa inggris

Cara belajar bahasa inggris yang kedua yaitu ketika kamu sering membaca khususnya kalimta bahasa inggris, maka kamu akan menjadi terbiasa untuk terus membaca hal-hal yang menyangkut bahasa inggris. Kebiasaan kamu membaca bahasa inggris tersebut nantinya akan membuat kamu mahir berbahasa inggris. Pasalnya, walaupun hanya sedikit yang dipelajari, namun dengan seringnya membaca maka pengetahuan pun akan cepat berkembang dan kamu akan cepat menguasai bahasa inggris.

3.Sering menonton film berbahasa inggris

Jika kamu memiliki hobi menonton film. Cobalah menggunakan hobi sebagai ajang belajar. Tentu selain bisa memenuhi hobi, kamu juga akan bisa menguasai bahasa inggris. Di mana cara menguasai bahasa inggris dengan menonton film bahasa inggris yang bersubtitle Indonesia. Di sana kamu akan mulai memahami kalimat demi kalimat yang diucapkan disetiap adegan. Setelah kamu sudah merasa cukup menguasai, cobalah untuk menonton film bahasa inggris tanpa subtitle, hal itu akan membuat otak terasah dan lebih memahami arti dari setiap kalimat yang diucapkan.

4.Sering mendengarkan musik berbahasa inggris

Cara belajar bahasa inggris satu ini dapat dikatakan menjadi strategi yang sangat menyenangkan. Selain sebagai hiburan, mendengarkan musik juga bisa sebagai ajang belajar. Di mana kamu bisa mulai mendengarkan musik berbahasa inggris. Walaupun belum mengetahui artinya, dengan membiasakan diri itulah nantinya kamu akan menjadi paham arti dari setiap kalimat. Kamu juga bisa mengimbanginya dengan melihat arti dari suatu kalimat di kamus untuk menambah pengetahuan.

5.Cari tahu arti dari kata yang baru kamu temui

Ketika mungkin sedang berjalan di suatu tempat, tentu kamu akan menemukan sebuah kalimat atau himbauan yang berbahasa inggris. Kamu bisa mencoba membaca dan mengartikannya walaupun hanya satu kata saja. Dengan belajar dari sedikit tersebutlah nantinya kamu akan terbiasa melihat kata tersebut dan hafal dengan artinya. Hal ini menjadi cara belajar bahasa inggris yang juga dibilang mudah khususnya bagi pemula.

6.Sering menulis menggunakan bahasa inggris

Cobalah untuk sering menulis sebuah kalimat menggunakan bahasa inggris. Strategi belajar satu ini bisa dibilang cukup efektif. Di mana kamu akan di minta untuk berusaha menuliskan kata-kata inggris yang bervariasi. Dengan seperti itu maka nantinya kamu akan terbiasa menulis sekaligus membaca bahasa inggris.

7.Sering berbicara menggunakan bahasa inggris

Biasakan untuk sering berbicara menggunakan bahasa inggris. Cara belajar bahasa inggris satu ini bisa dibilang strategi yang fleksibel, di mana kamu tidak harus mengatur waktu kapan dan di mana. Dengan spontan kamu bisa mengucapkan kata-kata inggris. Cobalah untuk berbicara didepan cermin terlebih dahulu. Hal itu akan membuat kamu lebih percaya diri ketika nantinya berbicara didepan orang. Bicara walau hanya 1 kata juga akan melatih mulut untuk lebih sering mengucapkan kata-kata berbahasa inggris.

8.Jadikan bahasa inggris sebagai kebiasaan

Biasakan untuk menggunakan bahasa inggris di setiap aktivitas. Seperti menulis, berbicara, ataupun membaca, bahkan menonton film. Membiasakan diri untuk menggunakan bahasa inggris merupakan salah satu cara yang baik agar diri kamu familiar dengan bahasa tersebut. walau masih terbilang belum lancer, kamu bisa mencampurnya dengan bahasa Indonesia. Seiring berlalunya waktu tentu akan membuat kamu mahir berbahasa inggris.

9.Gunakan aplikasi bahasa inggris

Ketika kamu malas untuk mengikuti les privat ataupun kursus bahasa inggris, kamu bisa menggunakan aplikasi tersebut sebagai cara belajar bahasa inggris yang simple. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi yang tersedia yang dapat dimanfaatkan untuk belajar bahasa inggris. Kamu bisa memilih aplikasi dengan review terbaik untuk membantu kamu mahir bahasa inggris.

10.Mencari teman yang mahir berbahasa inggris

Cara belajar bahasa inggris yang terakhir yaitu kamu bisa mencari teman yang mengerti dan paham bahasa inggris. Lakukan percakapan-percakapan singkat menggunakan bahasa inggris tanpa bantuan. Nantinya teman kamu akan mengireksi kembali kesalahan dalam pengucapan kamu. Hal itu dinilai lebih efektis sebab kamu melakukan pembicaraan tersebut secara spontan. Ketika sudah lancar berbicara, bisa dipastikan bahwa kamu telah menguasainya.

Selain dapat membuat kamu cepat menguasai bahasa inggris beberapa cara belajar bahasa inggris tersebut juga bisa menjadi peluang bagi kamu untuk saling berbagi dengan orang lain. Kamu bisa mengajak orang lain atau bahkan teman kamu untuk menerapkan cara belajar bahasa inggris diatas agar sama-sama mahir berbahasa inggris. Tentunya berbagai dalam kebaikan akan sangat bermanfaat bagi siapa saja.

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Tags

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close