clomiphene citrate
Sains dan Teknologi

Boeing CST-100 Starliner Siap Membawa Wisatawan ke Luar Angkasa

AKUPAHAM.COM – Menuju peluncuran pertama kali pesawat luar angkasa milik Boeing, pesawat tersebut sudah dikeluarkan dari hanggar. Akan diluncurkan bulan depan, pesawat tersebut akhirnya dipajang di situs peluncurannya di Florida. Tampaknya Boeing CST-100 Starliner siap membawa wisatawan ke luar angkasa nih. CST-100 Starliner sendiri diproduksi berdasarkan program dari awak kabin komersial hasil kerjasama Boeing dan NASA. Pesaing Boeing dalam program ini adalah SpaceX, yang telah lebih dahulu meluncurkan pesawat ruang angkasa sejenis dengan nama Crew Dragon. Crew Dragon telah diluncurkan pada bulan Maret lalu dalam penerbangan uji coba ke stasiun ruang angkasa internasional.

Seperti yang dilakukan oleh SpaceX, Boeing juga tidak akan menerbangkan awak dalam peluncuran uji coba tersebut. Namun akan menerbangkan dummy berupa manekin yang diberi nama Rosie. Manekin tersebut akan diberangkatkan dengan menggunakan setelan biru yang sedang dikembangkan untuk astronot masa depan. Dalam peluncuran Crew Dragon oleh SpaceX, manekin yang diterbangkan dalam peluncuran uji coba diberi nama Ripley.

Boeing CST-100 Starliner Siap Membawa Wisatawan ke Luar Angkasa. Sumber: Pixabay
Boeing CST-100 Starliner Siap Membawa Wisatawan ke Luar Angkasa. Sumber: Pixabay

Kantor Inspektur Jenderal NASA menyatakan bahwa harga tiket Boeing Starliner akan menjadi yang termahal diantara provider perjalanan ke luar angkasa. Untuk tiket satu orang di Crew Dragon milik SpaceX saja, wisatawan sudah harus merogoh kocek sebanyak 55 Juta Dollar. Lantas berapa harga tiket untuk Boeing Starliner? Menurut report keluaran NASA tersebut, harga tiket Boeing Starliner akan mencapai 90 Juta Dollar. Meski mengakui adanya perbedaan harga pada tiket Starliner dan Crew Dragon, namun kisaran harga tersebut ditolak oleh Boeing.

Pihak Boeing menyatakan bahwa harga Crew Dragon yang lebih murah tersebut dikarenakan proses produksi Crew Dragon yang lebih cepat. Boeing juga menambahkan, bahwa proses produksi Crew Dragon menjadi cepat dikarenakan pihak SpaceX hanya perlu mengupgrade Cargo Dragon miliknya. Cargo Dragon diketahui sudah bertahun-tahun melakukan perjalanan ke stasiun ruang angkasa internasional dan mendapat pendanaan dari NASA. Wah SpaceX Crew Dragon dan Boeing CST-100 Starliner terlihat sudah siap nih membawa wisatawan ke luar angkasa! Sayangnya, keduanya diperkirakan belum akan mendapat sertifikasi untuk membawa penumpang sebelum musim panas 2020.

Sumber: The Verge

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Tags

Azizah Fauzi

"If you are the smartest person in the room, then you are in the wrong room" - Confucius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close