Bisnis

Blibli Meluncurkan Toko Offline Cashless Pertamanya

AKUPAHAM.COM – Perusahaan e-commerce Indonesia Blibli meluncurkan toko offline pertamanya, bernama BlibliMart, di Jakarta Pusat pada hari Selasa.

Toko ini menerapkan konsep cashless dan less-cashier. Ini memungkinkan pelanggan mengambil dan memeriksa item sendiri dengan memindai barcode produk menggunakan aplikasi Blibli, lalu membayar melalui Bliblipay atau GoPay. Meski begitu, mengingat bahwa toko tanpa awak masih merupakan fenomena baru di Indonesia, Blibli masih mempekerjakan penjaga toko untuk membantu orang-orang dalam transaksi.

Toko BlibliMart adalah hasil dari strategi Blibli 2020, yang mengikat bersama tiga elemen: memperkuat manajemen rantai pasokan, menyediakan layanan inovatif sesuai dengan kebutuhan pelanggan, dan meningkatkan pengalaman ritel omni-channel.

Sumber Foto: kompas

Toko-toko BlibliMart kebanyakan membawa barang-barang kategori FMCG. Sebelum perusahaan meluncurkan toko tersebut, BlibliMart adalah fitur di situs e-commerce Blibli. Pada saat itu, BlibliMart menawarkan pengguna cara untuk berbelanja di toko Alfamart dan Alfamidi dengan fungsi Klik & Kumpulkan — memesan melalui situs web Blibli, membayar online, lalu mengambil barang dagangan di toko Alfamart atau Alfamidi.

Omni-channel retail, yang mengintegrasikan penjualan dan pemasaran online dan offline, telah menjadi semakin populer di Indonesia dalam dua tahun terakhir, dengan beberapa perusahaan e-commerce mengejar strategi ini.

Anak perusahaan JD.com di Indonesia, JD.id adalah perusahaan pertama yang mendirikan toko tak berawak di Indonesia, bernama JD.ID X, pada tahun 2018. Perusahaan lain yang juga membangun kehadiran omni-channel adalah platform e-commerce kecantikan Sociolla, yang dibuka toko fisik pertamanya pada tahun 2019.

Sumber: KrAsia

Tags

Nanda Ang

Love and Work, Work and Love, that's all there is. -Sigmund Freud-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close