Biografi

Biografi: Serba-serbi Cara Penulisan, Jenis dan Contohnya Sebagai Salah Satu Karya Sastra

Biografi – Karya sastra memiliki jenis dan pengertiannya masing-masing. Satu jenis dan lainnya memiliki perbedaan yang sangat signifikan baik dari isi, cara penyampaian hingga tujuan pembuatannya.

Biografi

Salah satu jenis karya sastra adalah sebuah biografi yang merupakan gambaran atau penjabaran hidup seseorang. Biasanya orang yang membuat catatan hidup merupakan orang yang dikenal khalayak umum sehingga buku gambaran hidupnya menarik untuk dibaca banyak orang. Selain orang yang terkenal, orang yang memberikan kontribusi terhadap perkembangan zaman dan satu bidang tertentu juga kerap dibuatkan gambaran hidupnya untuk mengenang jasa beliau.

Meski umumnya yang membuat gambaran kehidupan adalah orang yang terkenal atau memiliki jasa, namun kini banyak juga berbagai kalangan lain yang ingin membuat sebuah catatan hidup tentang dirinya sendiri. Hal ini sah-sah saja karena memang tak ada larangan untuk membuat karya sastra hanya untuk kalangan tertentu. Dan juga tak ada keharusan untuk sebuah karya sastra menjadi populer atau dibaca banyak orang. Kini banyak yang membuat catatan hidup dengan tujuan non komersil atau non sejarah karena hanya dipublikasikan di kalangan tertentu. Salah satu contohnya adalah jika Anda menulis sebuah catatan kehidupan mengenai sang ayah atau ibu kemudian dicetak dan dibukukan untuk dibagikan pada anak cucu beliau. Contoh ini sekarang banyak dilakukan terutama sebagai kado kepada orang tua.

Meski tak selalu dibuat untuk sebuah karya komersil atau sosial, sebuah biografi tetap memiliki peraturan mutlak sehingga karya tersebut tidak melenceng dari jenisnya. Aturan tersebut yang paling dasar adalah bahwa sebuah karya gambaran hidup seseorang haruslah dibuat senyata mungkin sesuai dengan kejadian yang ada. Cerita tidak boleh mendramatisir seperti penulisan novel atau mengandung perkiraan atau anggapan orang lain. Tulisan murni berisi hal-hal yang dilalui si subjek yang bisa digali berdasarkan bukti-bukti nyata atau pengalaman hidup dari subjek sendiri. Namun perasaan subjek atau orang yang mengenal subjek bisa ditambahkan asalkan disertai dengan data sumber yang jelas.

Cara Menulis Biografi

Bagi Anda yang ingin belajar membuat sebuah gambaran hidup seseorang, berikut ini adalah cara-cara penulisannya secara umum yang bisa memudahkan Anda dalam pembuatannya.

  1. Pilih tokoh yang akan Anda tulis gambaran hidupnya.

    Sebaiknya memilih tokoh yang Anda kenal ataupun terkenal sehingga memiliki banyak kisah yang bisa Anda ceritakan kembali.

  2. Mencari informasi mengenai tokoh tersebut.

    Informasi bisa berupa:

    • Riwayat hidup
    • Riwayat organisasi
    • Riwayat pekerjaan
    • Kegiatan yang bermanfaat
    • Hobi
    • Kegiatan di waktu luang
    • Penghargaan
  3. Menuturkan informasi sesuai dengan waktu kejadian.

    Hal ini akan lebih mudah jika tokoh yang Anda jadikan subjek memiliki ingatan tepat atau bukti otentik tentang waktu kejadian yang akan diceritakan.

Point tersebut di atas, bisa Anda gunakan jika tokoh yang ingin dibuat biografi masih hidup dan bisa bercerita sendiri atau menjadi salah satu sumber karya tulis. Namun jika Anda ingin menulis tokoh lain yang sudah meninggal maupun tokoh lain yang tidak menjadi sumber langsung dari karya tulis Anda, ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mencari data-data yang diperlukan yaitu:

  • Wawancara orang terdekat dengan tokoh. Yang paling dekat adalah dari golongan keluarga, teman dan rekan kerja.
  • Cari sumber lain dari buku, berita koran, video, foto dan sebagainya yang bisa mendukung kejadian tertentu atau menjadi sumber dari kejadian lain yang ingin dituliskan di karya tulis.
  • Tulis secara runtut sesuai dengan informasi yang telah terkumpul.

Penulisan sebuah gambaran hidup seseorang pastinya sangat berbeda dengan data diri saja. Sebuah karya tulis jenis ini bisa menghabiskan berlembar-lembar halaman untuk menceritakan satu tokoh saja. Apalagi jika tokoh tersebut memiliki banyak cerita dan memiliki kontribusi yang besar terhadap suatu institusi atau negara tertentu. Karenanya penjabaran hingga menghasilkan deskripsi yang mudah diikuti alurnya sehingga membentuk satu buku yang baik sangat diperlukan. Sebisa mungkin penulis bisa menjadikan keterangan kejadian menjadi menarik tanpa melebih-lebihkan kejadian yang ada.

Ada kalanya Anda menulis mengenai tokoh yang tidak mengenal Anda. Hal ini bisa dilakukan secara personal asalkan Anda hanya menggunakannya secara pribadi dan tidak mempublishkannya secara resmi atau menunjukkan pada orang lain. Meski begitu, pada umumnya sebuah karya tulis gambaran hidup harus mendapatkan persetujuan dari tokoh yang menjadi subjek penulisan agar beliau juga bisa membaca dan meneliti keterangan demi keterangan yang dituliskan. Manfaat memberikan sang tokoh hasil tulisan Anda adalah bisa sebagai koreksi jika ada penulisan yang salah atau juga hal-hal yang tak ingin dibagi kepada orang lain. Si pemilik cerita berhak menolak publikasi jika memang yang dimuat tak sesuai dengan kebenaran yang dialaminya.

Setelah Anda mendapat persetujuan dari sang tokoh yang Anda tulis ceritanya, buku tersebut bisa Anda cetak atau publikasikan sesuai dengan tujuan pembuatan semula. Namun jika memang tak ingin mempublikasikan buku tersebut, Anda bisa tetap mencetaknya dan memberikan satu salinan cetakan pada si tokoh agar bisa menyimpannya untuk kenang-kenangan. Agar lebih berisi seperti sebuah bio yang ditulis oleh penulis ternama, Anda bisa meminta sang tokoh untuk memberikan respon atau komentar mengenai tulisan yang Anda kerjakan kemudian ikut mencetaknya sebagai halaman depan atau belakang.

Jenis Biografi

Terdiri dari beberapa jenis yaitu:

Berdasarkan penulisnya dibagi menjadi 2:

  • Autobiografi yang ditulis oleh si pemilik cerita sendiri.
  • Ditulis oleh orang lain dengan izin pemilik cerita.

Berdasarkan isinya:

  • Menceritakan perjalanan hidup.
  • Menceritakan perjalanan karir.

Sedangkan beberapa tokoh pahlawan yang gambaran hidupnya populer hingga saat ini adalah:

Dan tokoh-tokoh dunia yang memberikan pengaruh besar dibidangnya

Selain tokoh politik, ada juga tokoh selebritis baik nasional maupun dunia yang populer untuk pembuatan buku. Selebritis bisa dari dunia film, seni suara, olahraga hingga magician dan keilmuan lainnya.

Membuat sebuah biografi memang bukan pekerjaan mudah karena ada peraturan-peraturan jelas yang harus diikuti agar buku atau karya tulis yang Anda buat relevan dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Anda juga tak boleh menuliskan sesuatu yang tidak berkenan di hati sang tokoh karena nantinya karya tulis Anda tersebut harus memiliki ijin dari si tokoh agar bisa diterbitkan. Diperlukan wawasan serta informasi dan bukti yang sangat banyak untuk menulis sebuah buku yang menceritakan satu orang apalagi jika orang tersebut terlibat dalam banyak hal yang memberikan pengaruh pada banyak orang. Meski Anda membuat sebuah karya tulis dengan subjek orang yang banyak tidak disukaipun, isi gambaran hidup tersebut harus juga proporsional dan mengandung pandangan dari si tokoh baik yang saat itu masih hidup ataupun yang sudah meninggal.