Biografi Thomas Alva Edison

Biografi Thomas Alva Edison, Sang Penemu Lampu Pijar dan Masa Kecilnya yang Dianggap Bodoh (INFOGRAFIS)

Biografi Thomas Alva Edison (INFOGRAFIS) – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas biografi ilmuwan dunia yaitu biografi Thomas Alva Edison. Thomas Alva Edison adalah tokoh yang memberi banyak sekali kontribusi bagi kehidupan di dunia ini. Ia banyak mengembangkan alat – alat yang dibutuhkan di dunia, salah satunya adalah benda yang ia temukan yakni bola lampu “Terbitnya matahari dimalam hari”. Penemuan lampu atau bola lampu oleh Thomas tersebut sebagai benda yang berperan penting pernah ditemukan dalam sejarah umat manusia. Sehingga berkat penampuan Thomas, manusia bisa beraktifitas di malam hari layaknya beraktifitas di siang hari. Thomas sendiri merupakan salah seorang penemu pertama yang telah menerapkan prinsip produksi massal dalam proses penemuan. Untuk mengetahui biografi Thomas Alva Edison selengkapnya. Simak ulasan berikut.

Biografi Thomas Alva Edison

  • Nama : Thomas Alva Edison
  • Tanggal lahir : 11 Februari 1847
  • Tempat lahir : Milan, Ohio, Amerika Serikat
  • Agama : Dies
  • Orangtua : Samuel Odgen Edison (ayah) dan Nancy Matthews Elliot (ibu)
  • Kewarganegaraan : Amerika Serikat

Thomas Alva Edison merupakan salah satu ilmuwan paling penting sepanjang sejarah ilmu pengetahuan. Namun, masa kecilnya, ia selalu mendapatkan nilai buruk saat di sekolahnya, hingga pada akhirnya ibunya memberhentikan Thomas dari sekolah dan mengajarinya sendiri di rumah karena sudah mendapat peringatan dari pihak sekolah bahwa Thomas adalah anak yang tak bisa belajar di sekolah. Ia termasuk murid yang sering sekali tertinggal pelajaran dengan teman – temannya. Di usia 12 tahun, Thomas Alva Edison kecil sudah mempunyai laboratorium kimia kecil. 1 tahun kemudian ia telah berhasil membuat telegraf dan di usia tersebut ia juga sudah bekerja sebagai penjual koran, gula – gula dan buah di kereta api selama beberapa tahun.

Di tahun 1861, Thomas memiliki ide untuk menerbitkan koran pertamanya di atas kereta api yang sangat berguna sekali untuk memenuhi kebutuhan orang akan informasi, korannya tersebut mengantongi US$400 dalam sehari.

Di tahun 1877, Thomas menemukan phonograph, di tahun inilah ia menyadari bahwasannya pentingnya sumber cahaya bagi kehidupan manusia, lalu ia menyibukkan diri dengan masalah yang saat itu menjadi perhatian bagi banyak peniliti lampu pijar. Oleh sebab itulah, Thomas mengerahkan semua tenaga dan waktunya juga menghabiskan sebanyak 40.000 dolar dalam waktu 2 tahun untuk percobaannya membuat lampu pijar.

Total ada sekitar 6.000 bahan yang sudah Thomas habiskan untuk membuat sebuah lampu pijar, sehingga akhirnya Thomas dikenal sebagai penemu lampu pertama, sebelum akhirnya temukan lampu pijar listrik pertama yang bisa menyala 40 jam pada tanggal 21 Oktober 1979. Tak hanya itu saja, di tahun yang sama Thomas juga menemukan sebuah proyektor untuk film – film kecil. Di tahun 1881, untuk yang pertama kalinya ia memasang lampu listrik di jalanan dan rumah – rumah sejauh 1 km di New York. Dan di tahun 1890, Thomas mendirikan perusahaan General Electric, sehingga pada akhirnya ia juga dikenal sebagai penemu listrik pertama untuk lampu listrik.

Biografi Thomas Alva Edision : Ilmuwan Paling Produktif

Thomas memang disebut – sebut sebagai salah seorang penemu yang bisa dibilang paling produktif di masanya, yang mampu memegang rekor 1.093 paten atas namanya. Sebagian besar penemuan Thomas Alva Edison tidaklah original, akan tetapi merupakan pengembangan dan juga perbaikan atas penemuannya terdahulu. Ia juga banyak membantu di bidang pertahanan Amerika Serikat. Beberapa penelitian Thomas diantaranya, pendeteksi kapal selam, pendeteksi pesawat terbang, penghancur periskop dengan senjata mesin, penghenti torpedo dengan jaring dan lain – lain. Dengan banyaknya karya selama hidup, banyak penulis yang tertarik untuk membuat biografi Thomas Alva Edison dalam bentuk buku.

Demikian informasi tentang biografi Thomas Alva Edison : penemu bola lampu pertama di dunia. Semoga biografi Thomas Alva Edison ini bermanfaat dan menginspirasi. Ikuti terus artikel menarik lainnya hanya di AkuPaham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *