Biografi TokohInspirasi

Biografi Nadiem Makarim, Sang Pendiri Gojek, “Saya Ingin Mengatur Takdir Saya Sendiri”

Yuk, follow Instagram dan subscribe Youtube AkuPaham untuk konten menarik (infografis) dan fakta unik seputar tokoh-tokoh inspiratif Indonesia dan dunia lainnya!

Biografi Nadiem Makarim – Nadiem Makarim adalah pendiri Gojek sekaligus pemilik Gojek yang saat ini semakin terkenal seiring dengan booming-nya nama Gojek di Indonesia. Gojek awalnya adalah perusahaan jasa transportasi ojek dengan berbagai kemudahan serta kenyamanan yang ditawarkan kepada penggunanya yang berdiri di tahun 2011. Meskipun demikian, Nadiem lebih senang menyebut perusahaan Gojek sebagai perusahaan teknologi. Pada biografi Nadiem Makarim ini, AkuPaham akan mengulas lebih dalam tentang sejarah berdirinya Gojek oleh sang pendiri Gojek.

View this post on Instagram

Nadiem Makarim menjadi salah satu orang banyak disorot saat ini. Mulai dari kehidupan pribadinya hingga pekerjaannya yang dijalani. Untuk jabatannya saat ini, Nadiem dipercaya menjabat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia pada Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Joko Widodo-K.H Ma'ruf Amin. Sebelumnya, Ia merupakan pendiri Gojek, sebuah perusahaan transportasi dan penyedia jasa berbasis daring. Selain itu, Gojek menyandang gelar Unicorn untuk pertama kali di Indonesia pada tahun 2017. Nah, tanggapan Pahamers tentang Nadiem Makarim gimana? Ingin tahu lebih banyak tentang Nadiem Makarim? Swipe ke-kiri, yuk! #akupaham #inspirasi #ingintahu #infographic #nadiemmakarim #mendikbud #pemerintah #jokowi #gojek #infomenarik #biografi #quotes #kisahsukses #motivasi #inspiratif #infomenarik #trending #pengetahuan

A post shared by AkuPaham (@akupahaminfo) on

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi mobile, akhirnya Gojek telah berhasil merevolusi industri transportasi ojek. Fitur yang ditawarkannya pun ada banyak macamnya, seperti pengiriman barang, pemesanan antar makanan, berbelanja dan juga bepergian di tengah kemacetan, dimana semua ide tersebut asal muasalnya dari Nadiem. Dan berikut ini akan kami bagikan informasi tentang biografi Nadiem Makarim untuk Anda.

Biografi Nadiem Makarim
Biografi Nadiem Makarim, Pendiri Gojek

Biografi Nadiem Makarim

  • Nama Lengkap: Nadiem Anwar Makarim
  • Nama Panggilan: Nadiem
  • Tanggal Lahir: 4 Juli 1984
  • Tempat Lahir: Singapura
  • Istri: Franka Franklin
  • Anak: Solara Franklin Makarim
  • Jabatan Terbaru: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (2020-)
  • Pendidikan: Brown University (2002-2006), Harvard Business School (2009-2011)
  • Karir: Management Consutant di McKinsey & Company, Co-founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia, Chief Innovation officer Kartuku, Founder & CEO Gojek

Nadiem Makarim lahir di Singapura pada tanggal 4 Juli 1984, dari pasangan Nono Anwar Makarim asal Pekalongan dan Atika Algadrie asal Pasuruan. Nadiem Makarim mempunyai dua saudara perempuan dan istri Nadiem sendiri bernama Franka Franklin yang dinikahinya di tahun 2014 lalu. Diketahui bahwa Nadiem memulai sekolah SD di Jakarta, lalu lulus SMA di Singapura. Dari sini kemudian ia melanjutkan pendidikan di jurusan International Relations di Brown University, Amerika Serikat dan selama 2 tahun ia mengikuti program foreign exchange di London School of Economics. Ia juga melanjutkan studinya di Harvard Business School, Harvard University dan lulus menyandang gelar MBA.

Nadiem sendiri diketahui pernah bekerja di Mckinsey & Company di Jakarta dan menghabiskan masa selama 3 tahun bekerja di sana. Diketahui juga ia pernah bekerja sebagai Co-Founder dan Managing Editor di Zalora Indonesia lalu menjadi Chief Innovation Officer Kartuku. Dengan banyaknya pengalaman selama ia bekerja, Nadiem Makarim lalu memberanikan diri untuk berhenti dari tempat ia bekerja dan mendirikan sebuah perusahaan Gojek di tahun 2011.

Sebagai pendiri Gojek dan pemilik Gojek Nadiem menjabat sebagai CEO Gojek. Layanan Gojek ini menawarkan kemudahan dan kecepatan yang bekerja sama dengan para tukang ojek yang ada di bawah naungan perusahaannya tersebut. Layanan Gojek Nadiem menawarkan jasa pengantaran barang, makanan, transportasi dan jasa belanja.

Kemudahan dan Kenyamanan Layanan Go-Jek
Kemudahan dan Kenyamanan Layanan Go-Jek. Gambar hanya ilustrasi

Biografi Pendiri Gojek : Perkembangan Awal Gojek

Gojek saat ini semakin berkembang setelah di tahun 2014 mendapatkan suntikan dana dari perusahaan investasi asal Singapura, yakni Northstar Group. Lalu perusahaan milik Nadiem tersebut juga mendapatkan suntikan dana di tahun yang sama dari kedua perusahaan yakni Redmart Limited dan juga Zimplistic Pte Ltd.

Kemudian nama Gojek ini semakin dikenal di tahun 2015 pada saat meriliskan aplikasi mobilenya sehingga semakin banyak menarik minat pelanggan baru yang menggunakan jasanya tersebut. Nadiem sendiri benar – benar memanfaatkan perkembangan teknologi dengan sangat baik untuk memudahkan para pelanggannya dalam menggunakan jasa Gojek nya. Para pelanggan bisa menggunakan aplikasi lewat smartphone mereka untuk pemesanan layanan Gojek. Selain hal tersebut tarif dari Gojek ini sendiri didasarkan pada jarak tempuh dan pembayaran bisa menggunakan credit atau my wallet.

Driver Go-Jek Tidak Hanya Para Pria
Driver Gojek Tidak Hanya Para Pria

Awalnya, Nadiem mendirikan perusahaannya tersebut hanya membawahi 20 orang tukang ojek, akan tetapi sekarang ini ia sudah mempunyai 10 ribu orang tukang ojek yang telah tersebar di berbagai wilayah di Indonesia dibawah naungan perusahaannya. Berbagai inovasi dilakukan sehingga bisnisnya tersebut banyak diliput oleh media sebagai salah satu perusahaan yang merevolusi transportasi ojek online.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang biografi Nadiem Makarim, pendiri dan pemilik Gojek. Semoga biografi Nadiem Makarim ini bermanfaat dan memotivasi.

Yuk, follow Instagram dan subscribe Youtube AkuPaham untuk konten menarik (infografis) dan fakta unik seputar tokoh-tokoh inspiratif Indonesia dan dunia lainnya!

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Tags

Rendra Saputra

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close