Biografi Isaac Newton

Biografi Isaac Newton, Sang Ilmuwan Inggris, yang Menemukan Gaya Gravitasi Bumi (INFOGRAFIS)

Biografi Isaac Newton (INFOGRAFIS) – Sir Isaac Newton, tokoh yang satu ini merupakan tokoh dunia yang sangat terkenal dengan penemuan – penemuan cerdasnya yang sangat berperan penting untuk perubahan dunia. Beliau merupakan seorang penemu Hukum Newton dan gravitasi bumi yang sampai saat ini semua perhitungannya dalam ilmu fisika masih relevan dan digunakan. Bahkan menjadi salah satu bidang keilmuwan yang banyak dipelajari.

Sir Isaac Newton merupakan seorang fisikawan, matematikawan, ahli astronomi dan ahli kimia yang berasal dari Inggris. Beliau juga menjadi salah satu ilmuwan yang paling besar dan paling berpengaruh yang ada di dunia dimana beliau lahir di Woolsthrope, Inggris tepat pada hari Natal tahun 1642 silam dan bertepatan dengan wafatnya Galileo Galilei yang merupakan salah satu penemu paling eksis juga sampai akhir hidupnya. Mengenai biografi Isaac Newton selengkapnya dapat Anda simak di bawah ini!

Biografi Isaac Newton

  • Nama Lengkap : Sir Isaac Newton
  • Nama panggilan : Isaac Newton
  • Tempat lahir : Woolsthorpe by Colsterworth, Lincolnshire
  • Tanggal lahir : 4 januari 1643
  • Meninggal : 31 Maret 1727
  • Profesi : fisikawan, matematikawan, ahli astronomi, filsuf alam, alkimiawan, teolog
  • Negara : Inggris

Isaac Newton lahir pada 4 Januari 1643 di Woolsthorpe Manor, Britania Raya. Sir Isaac Newton merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh pada sepanjang sejarah bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik yang ilmunya bisa dinikmati sampai sekarang. Isaac Newton juga sangat populer dengan penemuan Hukum Newton dan Gaya Gravitasi Bumi yang juga menjadi permulaan biografi Isaac Newton sampai dikenal dunia.

Biografi Isaac Newton : Penulis Philosophiae Naturalis Principia Mathematica

Isaac Newton memiliki sebuah karya buku Philosophiae Naturalis Principia Mathematica yang diterbitkan pada tahun 1687 dan dianggap sebagai buku paling berpengaruh sepanjang sejarah Sains. Buku ini meletakkan dasar – dasar mekanika klasik. Dalam karya ini, Newton menjabarkan hukum gaya gravitasi bumi dan tiga hukum gerak yang mendominasi pandangan sains mengenai alam semesta selama tiga abad. Didalam buku ini Newton juga berhasil menunjukkan bahwa gerak benda di bumi dan benda luar angkasa lain diatur oleh sekumpulan hukum – hukum alam yang sama. Ia membuktikan hal ini dengan menunjukkan sebuah konsistensi antara hukum gerak planet Kepler dengan teori gravitasinya. Karya ini pada akhirnya menyirnakan keraguan pada ilmuwan tentang heliosentrisme dan memajukan sebuah revolusi ilmiah pada masa tersebut.

Biografi Isaac Newton : Hukum Kekekalan Momentum

Dalam bidang mekanika, Newton mencetuskan juga adanya sebuah prinsip kekekalan momentum dan sudut. Didalam bidang optika, Newton membangun teleskop refleksi yang pertama dengan berusaha mengembangkan teori warna atas dasar pengamatan bahwa sebuah kaca prisma akan membagi cahaya putih menjadi warna – warna yang lain. Ia juga merumuskan adanya hukum pendinginan dan mempelajari mengenai teori kecepatan suara.

Biografi Isaac Newton : Teori Binomial

Didalam bidang matematika juga, bersama dengan karya Gottfried Leibniz yang dilakukan secara terpisah kemudian Newton berusaha untuk mengembangkan kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Newton berhasil menjabarkan teori binomial, mengembangkan “metode hukum Newton” untuk melakukan upaya pendekatan terhadap nilai nol suatu fungsi dan melakukan kontribusi atas kajian deret pangkat. Di kalangan ilmuwan, sampai saat ini Newton sangat berpengaruh. Bahkan biografi Isaac Newton sangat dicari. Sebuah survey tahun 2005 yang menanyai para ilmuwan dan masyarakat umum di Royal Society mengenai siapa yang memberikan kontribusi dalam sains apakah Newton atau Albert Einstein, kebanyakan dari mereka menunjukkan bahwa pengaruh Newton jauh lebih besar.

Itulah biografi Isaac Newton penemu hukum Newton dan gaya gravitasi bumi. Semoga biografi Isaac Newton ini dapat memotivasimu untuk belajar ya. Ikuti terus artikel menarik lainnya hanya di AkuPaham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *