Biografi Cristiano Ronaldo

INFOGRAFIS : Biografi Cristiano Ronaldo, Pemain Terbaik Dunia, yang Berpisah dengan Keluarga Demi Sepakbola

Biografi Cristiano Ronaldo [ INFOGRAFIS ] – Cristiano Ronaldo adalah seorang pemain terbaik dunia di bidang sepak bola yang berasal dari Portugal. Ia bisa berposisi sebagai sayap kanan atau kiri serta penyerang tengah. Sekarang ini ia bermain untuk team Spanyol, Real Madrid dan juga untuk team Nasional Portugal. Ia sekarang ini menjadi pemain andalan bagi skuat Real Madrid. Sebelum akhirnya bermain untuk Real Madrid ia juga pernah bermain di Sporting Lisbon dan juga Manchester United. Berikut ini biodata Cristiano Ronaldo lengkapnya.

Biodata Cristiano Ronaldo

  • Nama : Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro
  • Tanggal lahir : 5 Februari 1985
  • Tempat lahir : Funchal, Madeira, Portugal
  • Agama : Katolik
  • Zodiak : Aquarius

Biografi Singkat Cristiano Ronaldo : Pemain Terbaik Dunia

Ronaldo adalah anak dari Maria Dolores dos Santos Aveiro dan Jose Dinis Aveiro dari 4 bersaudara. Diusia 14 tahun, ia disuruh oleh ibunya untuk berfokus sepenuhnya di dunia sepak bola dan ia pun menyetujuinya.

Saat usia Ronaldo menginjak 8 tahun, ia mulai bergabung dengan klub Andorinha di tahun 1993 selama 2 tahun. Kemudian berpindah ke Nacional de Madeira pada tahun 1995 sampai 1997. Berpindah kembali ke Sporting Lisbon dan memperkuat skuat tersebut selama 2 tahun juga.

Ronaldo mengawali karir sepak bolanya tersebut dengan bermain untuk team Sporting Lisbon dengan menggunakan nomor punggung 28, ia bermain 25 kali dan mampu mencetak 3 goal. Di pertengahan musim panas tahun 2003, Sporting Lisbon adakan pertandingan persahabatan melawan Mancherster United dengan mendapatkan skor akhir Sporting 3 – 1 MU. Sebuah kekalahan yang sangat mengejutkan bagi Manchester United yang merupakan sebuah klub raksasa di Inggris. Lebih jauh lagi kemenangan tersebut semuanya didalangi oleh Ronaldo muda dari Sporting, sehingga membuat para pemain Manchester Unied mendesak Sir Alex Ferguson untuk segera merekrut pemain muda tersebut.

Sejak Ronaldo bergabung di Manchester United, ia mengalami transformasi tubuh yang sangat signifikan dan Ronaldo pun berhasil membuktikan kualitas yang ia miliki. Menggunakan nomor punggung 7, yang selama ini dikenal sebagai salah satu nomor keramat di Manchester United, ia sukses menjelma menjadi salah satu pemain andalan. Ronaldo bermain 196 kali dan mampu mencetak 84 goal.

Akan tetapi, kiprah Ronaldo di Old Trafford berakhir setelah 7 tahun bergabung dengan Manchester United dan kabar yang cukup mengejutkan di tahun 2009 ia berpindah bergabung dengan Real Madrid dengan memecahkan rekor transfer yang luar biasa yakni sebesar 80 juta pounsterling atau setara dengan Rp 1.3 triliun yang menjadikan Ronaldo sebagai pemain termahal dalam sejarah sepak bola sejak itu. Ronaldo juga dikenal sebagai pemain pertama yang telah berhasil mencetak 50 goal dalam 1 musim La Liga.

Ronaldo juga telah bermain untuk team Nasional Portugal, yakni U-17, U-20, dan U-23, ia mulai dipanggil ke team Nasional Portugal sejak tahun 2003. Ronaldo diberi kesempatan bermain sebanyak 118 kali untuk team Nasional senior dan mampu mencetak 52 goal. Ia termasuk dalam skuat Portugal untuk Piala Eropa 2004, Olimpiade Athena 2004, Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, Piala Eropa 2012 dan juga Piala Dunia 2014.

Di tahun 2012, ia mencapai penampilannya yang ke-100 untuk team Nasional Portugal pada kualifikasi Piala Dunia saat melawan Irlandia Utara di Porto Esstadio do Dragao. Ronaldo menjadi pemain termuda yang ke-3 di Eropa yang sudah pernah mencapai angka tersebut. Sebagai salah satu dari kedua pemain terbaik dunia, ia memainkan peran menyerang dan paling sering bermain baik sebagai pemain sayap atau striker juga dikenal karena finishing, dribbling, kecepatan, passing, positioning, serta kemampuan crossing.

Demikianlah informasi yang bisa kami bagikan tentang biografi dan biodata Cristiano Ronaldo : pemain terbaik dunia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *