Biografi Tokoh

Biodata Blackpink Lengkap: Perjuangan Besar menjadi K-Pop Kelas Dunia

Biodata Blackpink – Hi Pahamers! Selamat datang di AkuPaham. Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas salah satu group penyanyi perempuan asal Korea Selatan yang sukses mendunia, yaitu Blackpink. Blackpink debut pada tanggal 8 Agustus 2016 di bawah naungan YG Entertainment, salah satu agency hiburan terbesar di Korea Selatan. Blackpink yang rencana awalnya akan terdiri dari 9 personil, akhirnya hanya terbentuk dari 4 orang saja, yaitu Jennie, Lisa, Jisoo dan Rose.

Mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan penggemar K-Pop bahwa untuk menjadi bintang di Korea Selatan tidaklah mudah. Tahukah kamu apa saja proses yang telah dilalui oleh masing-masing anggota Blackpink, hingga menjadi salah satu icon K-Pop dunia? Yuk simak biodata member Blackpink berikut ini.

Biodata Jennie Blackpink

Biodata Jennie Blackpink. Sumber: Wikipedia

Nama Asli / Lengkap : Jennie Kim

Panggilan : Jennie

Tempat, Tanggal Lahir : Korea Selatan, 16 Januari 1996

Zodiak : Capricorn

Tinggi Badan : 163 cm

Golongan Darah : B

Biodata member Blackpink yang pertama adalah profil Jennie Blackpink. Jennie Blackpink memiliki nama asli Jennie Kim. Pada usianya yang ke 15 tahun, Jennie yang besar di New Zealand memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya di Amerika dan kembali ke Korea Selatan untuk mengejar mimpinya menjadi penyanyi. Di tahun 2010, wanita yang lahir pada tanggal 16 Januari 1996 ini berhasil lolos audisi YG entertainment, membuatnya menjadi personil Blackpink pertama dengan masa training terlama. Member dengan tinggi badan 163cm dan golongan darah B ini dikenal sebagai sosok yang pemalu dan perfeksionis. Seru banget kan biodata Jennie Blackpink!

Biodata Lisa Blackpink

Biodata Lisa Blackpink. Sumber: Wikipedia

Nama Asli / Lengkap : Lalisa Manoban

Panggilan : Lisa

Tempat, Tanggal Lahir : Thailand, 27 Maret 1997

Zodiak : Aries

Tinggi Badan : 166 cm

Golongan Darah : O

Biodata member Blackpink yang kedua adalah profil Lisa Blackpink. Lisa Blackpink memiliki nama asli Lalisa Manoban. Lisa merupakan anggota kedua Blackpink yang bergabung sekaligus menjadi personil termuda. Sejak kecil, wanita kelahiran Thailand 27 Maret 1997 ini sudah gemar menari dan bernyanyi. Personil dengan nama lengkap Lalisa Manoban telah banyak berpartisipasi dalam berbagai kontes dan kompetisi.

Di tahun 2011, member bertinggi badan 166cm dan bergolongan darah O ini berhasil lolos audisi YG entertainment di Thailand. Hal tersebut membuatnya menjadi satu-satunya warga negara Thailand yang berhasil lolos sekaligus bintang pertama YG entertainment yang berkewarganegaraan asing.

Tapi tahukah kamu? Ketika Lisa pindah ke Korea untuk memulai masa trainingnya, ia belum dapat berbahasa Korea loh, Pahamers! Kebayang kan betapa sulitnya masa-masa itu? Beruntungnya, pada saat itu Lisa bertemu dengan Jennie yang merupakan satu-satunya trainee yang fasih berbahasa inggris.Wah ternyata begitu ya biodata Lisa Blackpink, sangat inspiratif.

Biodata Jisoo Blackpink

Biodata Jisoo Blackpink. Sumber: Pinterest

Nama Asli / Lengkap : Kim Ji-soo

Panggilan : Jisoo

Tempat, Tanggal Lahir: Korea Selatan, 3 Januari 1995

Zodiak : Capricorn

Tinggi Badan : 162 cm

Golongan Darah : A

Biodata member Blackpink yang berikutnya adalah profil Jisoo Blackpink. Jisoo Blackpink memiliki nama asli Kim Ji-soo. Jisoo merupakan wanita kelahiran Korea Selatan pada tanggal 3 Januari 1995. Ia adalah visual group Blackpink karena parasnya yang sangat cantik. Tapi tahukah Pahamers? Saat kecil, Jisoo sering dikucilkan oleh kerabatnya karena dianggap tidak cantik. Sebelum bergabung dengan YG Entertainment di tahun 2011, Jisoo tidak pernah menyangka dirinya akan menjadi seorang bintang. cita-citanya waktu kecil adalah menjadi penulis atau pelukis, meskipun ia sebenarnya tidak pandai menggambar loh pahamers . Unnie atau member tertua Blackpink yang memiliki tinggi badan 162cm ini dikenal sebagai pribadi yang kuat. Menurut Teddy Park, produser Blackpink, sejak awal karir mereka, ia hanya pernah melihat Jisoo menangis sekali. Nah itulah biodata Jisoo Blackpink

Biodata Rosé Blackpink

Biodata Rose Blackpink. Sumber: Pinterest

Nama Asli / Lengkap : Park Chae-Young

Panggilan : Rosé

Tempat, Tanggal Lahir : New Zealand

Zodiak : Aquarius

Tinggi Badan : 168 cm

Golongan Darah : B

Biodata member personil Blackpink yang terakhir adalah profil Rose Blackpink. Rosé Blackpink mempunyai nama asli Park Chae-Young. Wanita kelahiran New Zealand 11 Februari 1997 ini merupakan warga negara Korea Selatan. Di tahun 2012, Rose yang besar di Australia mengikuti audisi YG Entertainment di Sydney. Sejak kecil, ia sudah memiliki hobi bermain musik dan bernyanyi. Setelah lolos audisi, wanita dengan tinggi badan 168cm ini terpaksa berhenti sekolah di Australia dan kembali ke Korea Selatan untuk memulai masa trainingnya.

Tahukah kamu Pahamers? Pada hari pertama Rose di asrama, Ia sempat memainkan sebuah lagu dengan gitar kesayangannya bersama Lisa, Jisoo dan Jennie yang pada saat itu sedang berada di kamar. Wah sebuah kebetulan yang akhirnya membangun chemistry di antara mereka ya! Nah demikian biodata Rose Blackpink. Selanjutnya kita akan membahas saat-saat paling menentukan dan melelahkan, yaitu periode training.

Biodata Blackpink: Periode Training

Biodata Blackpink: Periode Training

Berhasil lolos audisi YG Entertainment saja bukanlah jaminan untuk menjadi bintang. Seluruh trainee di bawah naungan YG Entertainment maupun agensi lainnya di Korea Selatan wajib mengikuti banyak latihan seperti vokal, menari dan memainkan beragam alat musik. Hal itu untuk menyempurnakan kemampuan mereka sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh agensi mereka. Maka tidak heran jika banyak trainee yang akhirnya tidak mendapatkan kesempatan untuk debut.

Tahukah kamu bahwa dalam sehari, trainee harus mengikuti latihan selama hampir 14 jam loh! dan mereka hanya mendapatkan 1 hari libur setiap 2 minggunya. Jisoo bercerita bahwa selama masa trainingnya yang berlangsung 5 tahun, dia sering mengikuti 3 hingga 4 kelas menari dalam sehari. Bahkan, ia juga belajar vokal dari 2 hingga 3 guru yang berbeda.

Biodata Blackpink – Periode Training. Sumber: Kpop map

Setiap bulannya, trainee diminta untuk mempersiapkan penampilan di hadapan petinggi-petinggi YG entertainment dan para produser untuk diberikan penilaian. Trainee yang tidak berhasil memberikan penampilan yang memukau akan berujung eliminasi. Jennie bercerita bahwa hingga tahun 2015, semua teman yang bergabung dengannya di awal masa training sudah tereliminasi.

Di tengah perjuangan tersebut, tidak jarang anggota Blackpink yang menangis dan mengeluh, namun berkat tekad yang kuat dan dukungan dari keluarga, mereka akhirnya dapat melalui hari-hari yang berat itu.

Biodata Blackpink – Periode Training. Sumber: Teen Vogue

Suatu hari mereka berempat mendapatkan kesempatan untuk mempersiapkan penampilan bersama. Sejak saat itu formasi mereka dinilai cocok karena dapat berbagi tugas sesuai keahlian masing-masing. Contohnya Lisa selalu dipercaya untuk membuat koreografi di dalam tim. Singkat cerita, akhirnya mereka diputuskan untuk debut bersama. 

Wah menjadi trainee ternyata butuh perjuangan luar biasa ya, Pahamers! Namun, semuanya terbayar dengan kesuksesan yang mereka raih.

Biodata Blackpink: Perjalanan Karir

Biodata Blackpink – Perjalanan Karir. Sumber: SCMP

Hingga sekarang, Blackpink telah banyak merilis album. Dengan album pertama mereka “Square One”, yang terdiri dari dua lagu yaitu “Boombayah” dan “Whistle”, debut Blackpink sukses hingga berhasil menduduki peringkat no 1 “Billboard World Digital Songs Chart”. Pencapaian tersebut membuat mereka menjadi bintang korea ke 3 yang mendapatkan peringkat tersebut setelah PSY dan Big Bang. Wah, suatu prestasi yang luar biasa untuk bintang yang baru debut ya Pahamers!

Tahukah kamu Pahamers, untuk mempersiapkan lagu debut mereka yang berjudul “Whistle”, personil Blackpink melakukan rekaman bagian bersiulnya hingga 1000 kali loh! karena tidak kunjung mendapatkan hasil yang memuaskan, lagu tersebut hampir saja tidak dirilis pada debut tersebut, tetapi personil Blackpink dan produser mereka Teddy Park terus memperjuangkan lagu itu dengan terus melakukan rekaman hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Namun itu hanya awal dari pencapaian-pencapaian besar lainnya yang terus diraih oleh Blackpink hingga sekarang. Selain album tersebut, Blackpink juga sukses berkolaborasi dengan beberapa bintang ternama loh seperti Lady Gaga, Selena Gomez dan Dua Lipa. Kedua personil Blackpink, Jennie dan Rose pun mendapatkan kesempatan untuk merilis album solo mereka yang tidak kalah populer. 

Biodata Blackpink – Perjalanan Karir. Sumber: Intip Seleb

Di tahun 2019, Blackpink memulai world tour pertamanya dari benua Asia sampai Amerika. Di tengah tour tersebut, Blackpink juga mendapat kesempatan untuk tampil di Coachella, yaitu festival musik paling populer di dunia. Hal ini membuat Blakpink menjadi grup K-Pop perempuan pertama yang mendapatkan kesempatan tersebut. 

Dengan kesuksesan besar yang diraih, tidak sedikit tekanan yang dirasakan oleh mereka karena tingginya ekspektasi dari Blink yang selalu menanti karya mereka selanjutnya. Menurut Jennie, ia sangat menyukai bernyanyi dan menari, tetapi yang melelahkan adalah harus selalu tampil sempurna di setiap penampilannya. 

Wah hebat banget ya perjuangan para personil Blackpink! Rose Blackpink pernah berkata “Kita semua punya mimpi yang ingin digapai, jika kamu tekun dalam mewujudkannya, maka itulah yang membuat mimpi menjadi kenyataan”. Nah, itulah biodata Blackpink lengkap dengan fakta uniknya. Yuk, kunjungi terus AkuPaham baik website dan YouTube channelnya supaya kamu tidak ketinggalan kisah inspiratif tokoh-tokoh menarik!

Terus kunjungi website AkuPaham untuk biografi tokoh yang menginspirasi seperti berikut.

Biografi Tokoh

Tokoh Nasional

Biografi Soekarno | Biografi BJ Habibie | Biografi RA Kartini | Biografi Jendral Sudirman | Biografi Moh Hatta | Biografi Mardigu Wowiek | Biografi Rocky Gerung | Biografi Jokowi | Biografi Prabowo Subianto | Biografi Ki Hajar Dewantara | Biografi Nadiem Makarim | Biografi SBY | Biodata Gen Halilintar

Tokoh Teknologi & Bisnis Dunia

Biografi Steve Jobs | Biografi Elon Musk | Biografi Bill Gates | Biografi Mark Zuckerberg | Biografi Jack Ma | Biografi Jeff Bezos

Tokoh Ilmuwan Dunia

Biografi Isaac Newton | Biografi Albert Einstein | Biografi Nikola Tesla | Biografi Thomas Alva Edison 

Tokoh Olahraga Dunia

Biografi Lionel Messi | Biografi Cristiano Ronaldo | Biografi Valentino Rossi

Tokoh Lainnya

Biografi Muhammad Yunus | Biografi Freddie Mercury | Biografi John Lennon | Biodata Atta Halilintar | Biodata Nissa Sabyan | Biodata Blackpink

Yuk, follow Instagram dan subscribe Youtube AkuPaham untuk konten menarik (infografis) dan fakta unik seputar tokoh-tokoh inspiratif Indonesia dan dunia lainnya!

Follow media sosial AkuPaham, Yuk!

Rendra Saputra

Information is Power. But like all power, there are those who want to keep it for themselves. - Rendra Saputra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button