Info BeasiswaPendidikan

Ini yang Harus Kamu Lakukan untuk Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi

Bidikmisi 2017 – Bagi kamu lulusan SMA atau yang akan lulus SMA pada tahun 2018 dan berencana melanjutkan study di jenjang S1 namun tidak memiliki dana. Tenang saja karena sejak tahun 2010 pemerintah sudah memberikan beasiswa bagi lulusan SMA di seluruh Indonesia. Beasiswa tersebut adalah Bidikmisi, di mana skema beasiswa ini diperuntukan bagi kamu yang berasal dari keluarga prasejahtera namun memiliki kemampuan akademik yang cukup baik atau memiliki prestasi di bidang non akademik. Menariknya beasiswa ini selalu menambah kuota jumlah calon penerima beasiswa di setiap tahunnya sehingga tidak ada alasan bagi kamu untuk tidak kuliah karena alasan biaya. Kabar baiknya mulai tahun 2017 kuota penerima Bidikmisi dinaikan menjadi 80 ribu yang sebelumnya hanya 60 ribu di seluruh Indonesia.

Bidikmisi 2017

Beasiswa Bidikmisi juga memberikan pembiayaan penuh selama kamu kuliah. Di mulai dari biaya transportasi kedatangan pertama ke kampus tujuan yang nominalnya tidak dibatasi sehingga kamu bisa memilih moda transportasi udara, laut, maupun darat sesuai dengan jarak tempat tinggal kamu dengan kampus tujuan. Di sisi lain kamu juga akan mendapatkan uang saku yang cukup besar di setiap bulannya, uang saku yang akan kamu terima berkisar antara 850 ribu sampai 1 juta tergantung dari lokasi kampus tujuan kamu dan disesuaikan dengan biaya tinggal rata-rata di kota tersebut. Tak cukup sampai di situ, kamu juga akan mendapatkan uang buku di mana uang tersebut digunakan untuk menunjang perkuliahanmu, seperti membeli buku kuliah. Nah menarik bukan? Lantas apa saja yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini? Berikut langkah yang harus kamu lakukan.

Mendaftar ke Kampus Tujuan

Universitas Indonesia sumber : kampusaja.com

Bidikmisi tidak hanya memberi beasiswa kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tetapi juga kepada mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS), namun kamu harus memastikan bahwa PTS tujuanmu masuk ke dalam list perguruan tinggi penerima beasiswa Bidikmisi karena tidak semua PTS mendapatkan Bidikmisi kecuali PTN, di mana semua PTN di Indonesia memiliki kuota Bidikmisi. Jika di kampus tujuanmu terdapat kuota Bidikmisi maka langkah selanjutnya adalah mendaftar dan mengikuti rangkaian tes seleksi masuk perguruan tinggi tersebut. Untuk PTN, kamu harus mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) namun untuk PTS memiliki skema seleksi tersendiri di setiap kampusnya.

Menyerahkan Berkas ke Perguruan Tinggi Tujuan

Sumber: Jakarta-porpertiindo.com

Jika kamu sudah dinyatakan diterima di kampus tujuan baik PTN maupun PTS, maka selanjutnya adalah menyerahkan berkas persyaratan yang harus dipenuhi. Setiap kampus memiliki persyaratan berkas yang berbeda-beda, untuk selengkapnya kamu bisa bertanya kepada pusat informasi kampus tujuanmu atau membaca website resmi kampus tersebut. Jangan lupa cermati batas terkahir pengumpulan berkas tersebut agar kamu tidak tertinggal oleh kandidat lainnya.

Pengumuman dan Verifikasi Berkas

Sumber : Pixabay.com

Setelah berkas diterima kampus, kampus tersebut akan mengumumkan daftar kandidat yang layak dan masuk sebagai calon penerima beasiswa Bidikmisi. Jika kamu dinyatakan lulus maka langkah selanjutnya adalah verifikasi berkas di mana verifikasi bisa saja berupa tes interview, psikotes, atau mengunjungi tempat tinggal kamu untuk memastikan bahwa kamu adalah benar-benar kandidat yang layak menerima beasiswa ini. Jadi siapkan segalanya sebelum proses verifikasi, agar proses verifikasi berjalan lancar dan panitia seleksi beasiswa Bidikmisi memilihmu sebagai kandidat.

Pengumuman Kandidat yang Lulus

Sumber: Essaysbasics.com

Biasanya sebelum perkuliahan dimulai, kampus tujuanmu akan mengumumkan kandidat yang dinyatakan layak dan lulus untuk menerima beasiswa Bidikmisi. Pengumuman bisa diumumkan melalui website kampus tujuan, jadi pastikan kamu selalu up-date informasi seputar seleksi beasiswa Bidikmisi yang kamu ikuti. Jika kalian sudah dinyatakan lulus maka tahapan seleksi beasiswa Bidikmisi sudah selesai, selanjutnya kamu bisa daftar ulang tanpa mengeluarkan biaya sama sekali dan mendapatkan rekening atas nama kamu untuk menerima uang saku di setiap bulannya dari pemerintah.

Apakah kamu sudah siap berjuang untuk mendapatkan beasiswa Bidikmisi ini? Jika kalian berminat mendapatkan beasiswa tersebut maka kamu harus segera mengumpulkan informasi terbaru agar kalian bisa menyiapkan segala persiapannya. Selamat berjuang dan selamat berproses dalam seleksi beasiswa Bidikmisi 2017.

 

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close