Pendidikan

Biaya Kuliah S2 di Jakarta dan Alternatif Mendapatkan Pinjaman Dana Kuliah

Biaya Kuliah S2 di Jakarta – Pendidikan merupakan investasi jangka panjang dalam hidup. Banyak orangtua yang jauh-jauh hari merencanakan pendidikan bagi anak-anaknya, bahkan ada beberapa orangtua yang mendaftarkan anaknya dalam asuransi pendidikan sejak usia dini, demi menjamin keberlangsungan pendidikan bagi anak-anaknya di masa depan. Dan ada juga yang mengajukan pinjaman uang tunai pribadi ke bank ketika anaknya memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi serta dengan biaya yang tak sedikit. Lantas apakah kamu sudah merencanakan dan menabung untuk pendidikanmu di masa depan?

Bagi sebagian orang, S1 atau strata 1 sudah cukup untuk menghadapi tantangan hidup di masa depan. Namun, banyak sekali yang beranggapan bahwa S1 tidak lah cukup. Mengingat persaingan kerja yang semakin sulit dan menuntut kempampuan serta kualifikasi pendidikan yang lebih tinggi, apalagi bagi kamu yang tinggal di kota besar seperti Jakarta. Nampaknya melanjutkan study ke jenjang yang lebih tinggi seperti S2 menjadi jalan alternatif dan solusi bagi kamu yang menginginkan masa depan dan karier yang lebih cemerlang. Namun, apakah kamu sudah mengetahui biaya kuliah S2 di Jakarta? jika belum, yuk kita simak beberapa biaya kuliah S2 di universitas yang berada di Jakarta.

Berikut rincian biaya kuliah S2 di Jakarta

Universitas Indonesia

Universitas Indonesia
Universitas Indonesia

Universitas yang berada di Jakarta dan Depok ini nampaknya cukup menjadi primadona bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 di universitas negeri. Selain nama besar UI sebagai kampus negeri tertua di Jakarta, biaya kuliah S2 di sana pun cukup terjangkau. Bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah S2 di jurusan Psikologi UI, kamu cukup membayar 25 juta untuk biaya masuk dan termasuk SPP di semester pertama. Sedangkan untuk SPP di semester dua, tiga, dan empat atau selanjutnya kamu cukup membayar 12,5 juta. Cukup terjangkau bukan? Di mana kamu cukup mengeluarkan dana sebesar 62,5 juta untuk menyelesaikan S2 pada jurusan Psikologi di Universitas Indonesia. Untuk biaya pada jurusan lainnya di Universitas Indonesia, kamu dapat membuka laman web resmi kampus tersebut. Jika kamu tertarik untuk melanjutkan study di kampus ini, kamu harus lulus seleksi yang di buka setahun dua kali, di mana untuk semester ganjil pada bulan Agustus dan semester genap pada bulan Februari.

Universitas Tarumanegara

Universitas Tarumanegara
Universitas Tarumanegara

Bagi kamu yang ingin melanjutkan study di universitas swasta, Universitas Tarumanegara mungkin bisa menjadi pilihan alternatif. Kampus yang berlokasi di Grogol, Jakarta Barat ini menawarkan biaya kuliah yang cukup terjangkau. Bagi kamu yang ingin melanjutkan S2 di jurusan Manajemen UNTAR, kamu cukup menyiapkan dana berkisar di angka 45,9 juta. Di mana kamu juga dapat mencicil biaya kuliah ini selama 3 semester, sehingga kamu tidak harus menyiapkan dana di awal perkuliahan tetapi kamu juga dapat mencicilnya di setiap semester dengan biaya yang cukup terjangkau.

Biaya kuliah S2 di Jakarta memang sangat beragam, tergantung dari universitas tujuanmu dan tergantung dari jurusan yang akan kamu tempuh. Jika kamu merasa biaya kuliah S2 terlalu berat, kamu dapat mencari alternatif lain, di mana kamu dapat mencari beasiswa S2 dari pemerintah, beasiswa perusahaan, atau beasiswa yang mungkin disediakan oleh universitas itu sendiri. Pastikan kamu selalu mengamati perkembangan informasi terbaru, terkait biaya kuliah S2 sesuai dengan universitas dan jurusan yang kamu minati.

Untuk menyiasati biaya kuliah S2 yang dirasa menurutmu cukup tinggi, sementara saat ini kamu belum memiliki dana yang cukup untuk meneruskan kuliah. Kamu dapat mengajukan pinjaman uang tunai pribadi ke beberapa bank yang menyediakan pinjaman untuk dana pendidikan. Saat ini sudah banyak bank yang memberikan pinjaman secara cepat dan mudah tanpa agunan. Sehingga kamu bisa melanjutkan study S2 tanpa harus cemas dengan biaya kuliah S2 di Jakarta.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close