BisnisTraveling

Benarkah Jewel Changi Airport Hasil Menjiplak?

AKUPAHAM.COM – Pernah dengar Jewel Changi Airport? Sebuah persembahan terbaru dari Changi Airport Singapura yang diluncurkan awal 2019 ini memang telah memikat banyak sekali wisatawan. Airport yang selalu berada di peringkat atas airport terbaik dunia ini, baru saja dihadang rumor kurang sedap. CEO dari Qatar Airways, Akbar Al Baker, menuduh Jewel Changi Airport adalah hasil dari menjiplak rencana ekspansi Hamad International Airport di Qatar. Rencana ekspansi Hamad International Airport bertujuan untuk menampung lebih banyak penumpang, seiring dengan pertumbuhan Qatar Airways yang merupakan national carrier Qatar.

Al Baker memang seorang CEO yang dikenal kontroversial, ia menuduh bahwa ada beberapa orang dari tim desain yang membocorkan desain awal ekpansi Hamad International Airport yang dibuat hampir 6 tahun yang lalu. Pihak Changi Airport dan perusahaan yang bertanggung jawab atas desain Jewel Changi Airport pun kompak menyanggah tuduhan Al Baker tersebut. Lee Seow Hiang sebagai CEO dari Changi Airport Group menyatakan bahwa desain dari proyek tersebut dikonsep pertama kali pada tujuh tahun yang lalu, yaitu di tahun 2012. Kemudian Safdie Architects juga menyatakan bahwa pihaknya tidak pernah mengunjungi Qatar ataupun bekerja dengan klien dari Qatar.

Sebagai pihak yang bertanggung jawab atas desain dari Jewel Changi Airport, Safdie Architects menyatakan bahwa pihaknya sangat senang atas keunikan dan originalitas dari Jewel Changi Airport yang diakui komunitas internasional, hingga banyak yang ingin meniru. Menurut beberapa pihak, memang ada fitur-fitur yang mirip diantara keduanya. Contohnya adalah indoor garden dan struktur atap yang cekung. Sayangnya, pihak dari Qatar Airways nampaknya belum bersedia untuk dimintai keterangan lebih lanjut mengenai pernyataan kontroversial sang CEO.

Sumber: Simpleflying

Tags

Azizah Fauzi

"If you are the smartest person in the room, then you are in the wrong room" - Confucius

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close