Pendidikan

Beasiswa Santri LPDP dan Cara Menaklukannya !

Beasiswa Santri LPDP untuk tahun ajaran 2019 telah resmi dibuka untuk pertama kalinya  oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan pada 15 November hingga 31 Desember 2018. Rencananya beasiswa ini diperuntukan bagi seluruh santri di Indonesia yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata untuk melanjutkan ke jenjang magister atau doktoral, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Lantas banyak pertanyaan apa perbedaan antara beasiswa santri LPDP dengan beasiswa afirmasi LPDP yang sudah lebih dulu dibuka semenjak tahun 2015?

Perbedaan, syarat, dan strategi menaklukan beasiswa santri LPDP

Khusus peserta didik, pendidik/tenaga kependidikan aktif di Pondok Pesantren

Beasiswa santri LPDP - Guru MTs Sunan Pandaran
Beasiswa santri LPDP – Guru MTs Sunan Pandaran

Ini syarat yang paling menarik bagi calon penerima beasiswa ini, di mana pesertanya harus berasal dari latar belakang pendidikan pondok pesantren atau keagamaan dengan minimal tiga tahun atau lebih dari masa penutupan beasiswa santri LPDP. Hal ini juga harus dibuktikan dengan adanya surat keterangan atau SK dari institusi terkait yang membuktikan bahwa calon penerima atau peserta beasiswa santri LPDP adalah benar berasal dari pondok pesantren yang telah terdaftar di kementrian agama. Selain berasal dari pondok pesantren tersebut, institusi tersebut juga harus menjabarkan atau menerangkan bahwa yang bersangkutan adalah benar peserta didik atau tenaga pendidik yang aktif di pondok pesantren tersebut. Hal ini menjadi menarik karena beasiswa afirmasi LPDP tidak mengharuskan pesertanya untuk menjadi peserta didik atau tenaga pendidik di institusi manapun.

Harus Alumni Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)

Wisuda
Koleksi Pribadi

Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) merupakan beasiswa untuk alumni Madrasah Aliyah (MA) atau santri yang berprestasi yang berada di bawah kementrian agama yang telah lulus tiga tahun terkahir saat masa pendaftaran. Program ini sendiri telah berjalan sejak tahun 2005 dan telah bekerjasama dengan beberapa perguruan tinggi negeri di Indonesia. Sehingga, bagi kamu yang hanya terdaftar sebagai peserta didik atau tenaga pendidik aktif di pondok pesantren selama tiga tahun terkahir namun bukan lulusan PBSB, maka dipastikan kamu tidak dapat mendaftar program beasiswa ini. Karena program beasiswa santri LPDP ini sendiri adalah program kelanjutan dari Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB). Di sisi lain, syarat tambahan bagi alumni PBSB adalah harus telah aktif membangun pondok pesantren minimal tiga tahun terkahir. Berbeda dengan beasiswa afirmasi LPDP yang mengharuskan alumni beasiswa Bidikmisi atau masyarakat miskun berpestasi, atau atlet yang berprestasi.

Pondok pesantren harus terdaftar di kementrian agama

Essay on the spot lpdp
Ilustrasi : Pixabay

Selain dua persyaratan di atas, kamu juga harus memastikan bahwa pondok pesantren yang sedang kamu kembangkan harus berada di bawah kementrian agama dan diakui secara hukum. Program beasiswa santri LPDP sendiri bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia unggulan di bawah kementrian agama sehingga kelak akan lahir ilmuan yang mumpuni di bidangnya masing-masing. Beasiswa ini menyediakan beragam jurusan yang dapat dipilih, baik jurusan umum maupun jurusan keagaman dengan beragam kelebihan dan keistimewaan yang akan diperoleh oleh penerima beasiswa ini.

Dari ketiga persyaratan tersebut, peserta beasiswa santri LPDP juga harus mengikuti beragam proses yang panjang layaknya seperti beasiswa LPDP lainnya, yakni seleksi berkas, seleksi berbasis komputer, seleksi leaderless group discussion, seleksi essay on the spot, dan seleksi interview. Beasiswa santri LPDP ini sendiri hanya memberikan jatah kuota 100 orang untuk periode pertama ini dan memungkinkan untuk membuka jatah kuota yang lebih banyak lagi di periode selanjutnya. Di sisi lain beasiswa santri LPDP ini juga memberikan beragam kelebihan, di mana kamu akan difasilitasi biaya sebelum keberangkatan, biaya visa dan paspor, serta biaya selama study di negera atau universitas tujuan sampai kembali lagi ke Indonesia.

Bagaimana, apakah kamu tertarik mendaftar program beasiswa ini? Jika kamu tertarik, pastikan kamu membaca sebanyak mungkin informasi beasiswa LPDP agar dapat membersiapkan dengan baik sebelum masa pendaftaran ditutup. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya yang dapat memberikan informasi terbaru seputar dunia pendidikan di Indonesia, khususnya beasiswa santri LPDP.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close