Info BeasiswaPendidikan

Inilah Syarat dan Tips Saat Menghadapi Seleksi Beasiswa LPDP Afirmasi

Beasiswa LPDP Afirmasi – Melanjutkan study ke luar negeri mungkin mimpi bagi kebanyakan orang karena dengan sekolah di luar negeri, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman yang luar biasa dan ilmu yang tentunya sangat bermanfaat bagi bekal hidup kamu di masa depan. Banyak sekali beasiswa yang tersedia di Indonesia, mulai dari beasiswa S1, S2, maupun S3. Dan kadang kala beasiswa tersebut memberikan persyaratan yang cukup berat untuk kamu penuhi, salah satunya adalah syarat bahasa inggris di mana International English Language Testing System atau akrab disebut IELTS merupakan salah satu hal yang harus kamu persiapkan. Tapi sayangnya untuk mengkuti tes IELTS, kamu harus menyiapkan budget yang cukup tinggi yakni sekitar 2.8 juta hingga 3.2 juta, belum lagi jika kamu gagal mencapai score minimal. Tentu sangat rugi bukan?

Kabar baiknya, saat ini ada beasiswa LPDP Afirmasi. Di mana kamu bisa mendaftar beasiswa LPDP Afirmasi ini tanpa harus memiliki IELTS terlebih dahulu, kamu malah akan mendapatkan bimbingan bahasa inggris selama 3 bulan – 6 bulan dan tes IELTS gratis di setiap 3 bulan sekali. Selain itu kamu juga akan mendapatkan uang saku, berkisar 2.5 juta di setiap bulannya. Wah nampaknya hanya beasiswa LPDP Afirmasi yang memberikan layanan ini kepada awardeenya. Lantas siapa saja yang dapat mendaftar program beasiswa LPDP Afirmasi ini?

Berikut adalah kandidat yang dicari oleh program beasiswa LPDP Afirmasi:

Lulusan Beasiswa Bidikmisi Dengan Minimal IPK 3.50

Nah, bagi kamu para alumni beasiswa Bidikmisi, nampaknya ini adalah kesempatan baik bagi kalian. Di mana kamu hanya diberi waktu 2 tahun dari pasca kelulusan, jadi manfaatkan waktu sedini mungkin untuk mengejar beasiswa LPDP Afirmasi ini ya karena jika kamu sudah lulus lebih dari 2 tahun dari universitas sebelumnya, maka kamu sudah tidak berhak mengkuti seleksi beasiswa LPDP Afirmasi ini.

Kelompok Masyarakat Berprestasi dari Keluarga Miskin Dengan Minimal IPK 3.50

Meskipun kamu bukan alumni beasiswa Bidikmisi, kamu masih tetap bisa mendaftar beasiswa LPDP Afirmasi ini loh. Selama IPK kamu 3.50 atau cumlaude. Tetapi berkas persyaratannya nanti akan berbeda dengan alumni beasiswa Bidikmisi, untuk mengetahu lebih lengkapnya mengenai persayaratan berkas, kamu dapat mengunjungi laman resmi beasiswa LPDP Afirmasi di http://www.lpdp.kemenkeu.go.id/.

Masyarakat yang Berasal dari Daerah Perbatasan dan/atau Daerah Tertinggal

Untuk ini kamu harus mencek website resmi beasiswa LPDP Afirmasi, karena kamu harus memastikan bahwa daerah kamu masuk dalam kategori perbatasan atau tertinggal yang disingkat 3T, dan pastikan kamu tinggal dan sekolah di kota tersebut sejak dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, karena jika kamu sekolah di kota lain meskipun hanya di tingkat SMA maka kalan tidak bisa mendaftar melalui jalur ini karena kamu harus menyertakan ijazah dari SD hingga SMA yang membuktikan bahwa kamu tinggal dan bersekolah di sana hingga SMA.

Masyarakat yang Sedang Mengabdkan Diri Pada Derah Perbatasan dan/atau Daerah Tertinggal

Jika kamu sedang bekerja di daerah perbatasan dan/atau daerah tertinggal dan sudah bekerja di sana selama minimal tiga tahun. Maka kamu berhak untuk mengkuti seleksi beasiswa LPDP Afirmasi jalur ini. Meskipun IPK kamu tidak mencapai 3.50 atau meskipun kamu bukan putera puteri daerah perbatasan dan/atau daerah tertinggal yang menjadi sasaran beasiswa LPDP Afirmasi.

Individu yang Berprestasi dalam Bidang Olimpade Sains, Teknologi, Olahraga, dan Seni/Budaya di Tingkat Nasional atau Internasional

Jika kamu memiliki prestasi tersebut, maka ini adalah kesempatan baik. Kamu cukup membuktikannya dengan melampirkan sertifikat yang kamu peroleh dari olimpade atau kompetisi tersebut. Setelah itu kamu cukup memenuhi berkas lainnya yang disyaratkan dengan mengunjungi laman resmi beasiswa LPDP Afirmasi.

Dalam seleksi beasiswa LPDP Afirmasi ini terdapat perbedaan dengan seleksi beasiswa LPDP non Afirmasi atau regular. Di mana kamu akan dikelompokan dalam satu grup dengan sesama peserta beasiswa LPDP Afirmasi dalam seleksi Essay On The Spot (EOTS), Leaderless Group Disscussion (LGD), dan kelompok meja interview di mana kamu akan dinterview oleh meja khusus pendaftar jalur beasiswa LPDP Afirmasi. Dengan seperti ini maka kamu akan merasa nyaman karena ketika menyampakan pendapat dalam Leaderless Group Disscussion (LGD) kamu tidak perlu merasa minder bahwa bahasa inggris kamu akan terlihat buruk oleh kompetitor mu, karena satu group kamu adalah pelamar di jalur yang sama yakni jalur beasiswa LPDP Afirmasi.

Untuk interview pun kamu akan menghadapi interviewer yang sama, jadi kamu akan bisa saling bertukar informasi mengenai pertanyaan yang diajukan saat interview sebelumnya. Dan berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan ketika menghadapi interview seleksi beasiswa LPDP Afirmasi:

Ucapkan Salam dan Jabat Tangan

Beasiswa LPDP Afirmasi
Jabat Tangan-pixabay.com

Menghadapi interview memang sangat mendebarkan, apalagi meghadapi interview seleksi beasiswa LPDP Afirmasi ini, namun jangan sampai tegang ini mengganggu performa kamu dalam bersikap. Usahakan tetap tenang, berjalan dengan penuh percaya diri dan ucapkan salam sebelum berjabat tangan dengan para interviewer. Jangan lupa perkenalkan diri kamu kepada interviewer dan bertanya apakah kalian boleh duduk di kursi. Jangan langsung duduk ya, karena ini akan menunjukan bahwa kamu kurang beretika.

Tenang dan Senyum

Beasiswa LPDP Afirmasi
Senyum-Kriya.co.id

Dalam menjawab pertanyaan dari interviewer, usahakanlah jawab dengan nada tenang dan tidak berapi-api. Ini akan menunjukan bahwa kamu pribadi yang kalem, tenang, dan mudah menerima masukan. Jawablah dengan jujur, dan jika interviewer menjatuhkan pendapat atau argumen kamu maka jangan tunjukan bahwa kamu arogan dengan menolak dan tidak menerima. Tetapi sampaikan termakasih atas masukannya dan akan kamu pertimbangkan sebagai saran di kemudian hari.

Alat Peraga

Beasiswa LPDP Afirmasi
Alat Peraga-Saxonsgroup.co.au

Terkadang ada beberapa hal yang tidak bisa kita gambarkan hanya dengan melalui kata-kata. Kamu juga memerlukan alat peraga atau tools dalam menghadapi interview seleksi beasiswa LPDP Afirmasi ini. Kamu bisa membawa hasil print persentase kamu mengenai rencana study, rencana penelitian, atau bahkan rencana kontribusi mu di masa depan. Mengapa harus dengan slide persentase? Karena ini akan memudahkan kamu dalam menyampakan, di mana terdapat gambar yang mudah dipahami dan kata-kata pilihan yang sudah kamu siapkan sehingga interviewer tidak perlu membayangkan apa yang kamu maksud. Kamu juga bisa membawa alat peraga penelitianmu loh, misalkan kalan bisa membawa prototipe kecil yang mudah ditunjukan kepada interviewer karena dengan ini interviewer akan mudah mengerti maksud kamu dan akan percaya kepada mu.

Tatap Mata

Beasiswa LPDP Afirmasi
Tatap Mata-Entrepreneur.com

Mungkin bagi sebagian orang, menatap mata orang lain sangat membuat tidak nyaman atau canggung, namun dalam seleksi beasiswa LPDP Afimrasi ini, kamu harus menjaga kontak matamu dengan interviewer karena interviewer akan mudah melihat dan menilai dirimu. Apakah kamu berbohong, jujur, semangat atau down. Jadi usahakan selalu menjaga kontak mata dengan tatapan optimis dan jujur kepada interviewer, karena tidak semua hal dapat dipercaya dengan kata-kata dan terkadang mata dapat mencerminkan emosi seseorang.

Jika kalan sudah selesai menghadapi interviewer, jangan lupa mengucapkan termakasih atas kesempatan yang telah diberikan, berjabat tangan kembali dan berpamitan serta ucapkan salam. Setalah itu kamu cukup menunggu pengumuman yang sudah dijadwalkan oleh tim seleksi beasiswa LPDP Afirmasi. Nah, setelah membaca artikel ini, apakah kamu sudah mempersiapkan segalanya dan siap menghadapi seleksi beasiswa LPDP Afirmasi?

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close