BisnisPopuler

Banjir di Jakarta, Bank Indonesia Tetap Beroperasi

AKUPAHAM.COM – Bank Indonesia (BI) telah memastikan bahwa sistem pembayaran dan operasi moneternya terus berjalan normal meskipun banjir parah telah membanjiri Jabodetabek sejak Selasa malam.

“Untuk mengantisipasi kondisi cuaca, BI akan berkoordinasi dengan bank dan lembaga / otoritas terkait untuk memastikan sistem pembayaran tunai dan non-tunai yang tidak terganggu dan aman untuk masyarakat,” katanya dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis.

“BI juga akan memastikan bahwa operasi moneter dan pasar uang dilakukan dengan lancar untuk menjaga likuiditas dan stabilitas ekonomi,” tambahnya.

Bank sentral meyakinkan bahwa penyelesaian bruto real time BI (BI-RTGS) dan sistem kliring nasional BI (SKNBI) akan beroperasi secara normal.

Sistem penyelesaian efek tanpa warkat BI (BI-SSSS) dan platform perdagangan elektronik BI (ETP-BI) yang digunakan untuk mendukung operasi moneter mata uang domestik dan asing juga akan tetap beroperasi.

Bank menambahkan bahwa kurs antar bank yang ditawarkan Jakarta (JIBOR) dan rata-rata indeks overnight Indonesia (IndONIA) juga akan terus diperbarui.

Banjir di Jakarta, Bank Indonesia Tetap Beroperasi. Sumber Foto: CNN Indonesia
Sumber Foto: CNN Indonesia

Hujan deras sejak Selasa malam telah menyebabkan banjir besar di beberapa daerah di Jabodetabek, mengganggu fasilitas transportasi umum, termasuk Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur, jalan tol, layanan komuter dan jaringan bus Transjakarta, dan menyebabkan puluhan korban.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat curah hujan terburuk dalam lebih dari satu dekade pada Malam Tahun Baru dengan curah hujan harian 377 milimeter, menurut pengamatan yang dilakukan di Pangkalan Angkatan Udara Halim Perdanakusuma di Jakarta Timur.

Sumber: The Jakarta Post

Tags

Nanda Ang

Love and Work, Work and Love, that's all there is. -Sigmund Freud-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close