Populer

Apakah manusia yang hidup sekarang lebih banyak dari manusia yang sudah meninggal?

Setiap kali kamu menaiki transportasi umum, atau melihat konser yang dipenuhi begitu banyak manusia, pernahkah kamu berpikir dengan jumlah manusia sebanyak ini sekarang, berapakah jumlah manusia yang pernah hidup di muka bumi ini?

Saat ini jumlah penduduk dunia mencapai 7 milyar jiwa, dengan negara terpadat penduduknya adalah Tiongkok dengan 1.389.350.000 jiwa, disusul oleh India dengan 1.322.790.000 jiwa, dan di tempat ketiga Amerika Serikat 328.186.000 jiwa, dan Indonesia menduduki tempat ke empat dengan 255.461.700 jiwa. Dengan jumlah manusia di muka bumi yang begitu banyak, kita kerap berpikir bahwa jumlah manusia yang hidup di dunia saat ini tentu jauh lebih banyak dari yang telah meninggal dunia. Padahal jumlah manusia yang pernah hidup di dunia ini setidaknya ada 108 milyar jiwa. Jumlah ini didapat dari lembaga bernama ‘Population Reference Bureau.’

Sumber: Pixabay

Jumlah yang sangat besar ini tentu mengejutkan, lalu kemudian kita mulai berpikir bagaimana penghitungan dapat dilakukan di zaman dulu saat manusia belum mengenal sensus penduduk? Seorang peneliti dan ilmuwan bernama Carl Haub, adalah salah seorang yang melakukan penghitungan keseluruhan populasi manusia. Penghitungan jumlah manusia yang pernah hidup di dunia dimulai dari tahun 50.000 sebelum masehi. Saat itu para peneliti percaya Homo Sapiens mulai muncul, maka di tahun itu dimulai sebagai tahun nol penghitungan populasi.

Seiring dengan banyaknya manusia yang berubah dari pemburu yang hidup berpindah-pindah menjadi menetap di suatu tempat dan hidup dengan bertani, maka jumlah penduduk dunia pun bertambah. Carl Haub kemudian menggambarkan bahwa diestimasikan setidaknya ada 5 juta jiwa manusia yang hidup di seluruh dunia pada tahun 8.000 sebelum masehi.

Pada tahun 1 masehi, para ahli memperkirakan setidaknya ada 45 juta jiwa di dalam kerajaan romawi. Carl Haub memperkirakan secara kasar setidaknya ada 300 juta jiwa pada saat itu di seluruh dunia. Angka ini terus naik pada tahun 1650 yang diperkirakan telah mencapai setengah milyar orang yang hidup di tahun itu, hal ini telah mempertimbangkan adanya black death, kematian bayi, dan pembunuhan bayi. Pada tahun 1900, jumlah manusia yang hidup di dunia telah mencapai 1 milyar jiwa.

Sumber: Pixabay

Hal ini sangat mengejutkan karena, baru saja berselang satu abad, populasi manusia di dunia telah mencapai 7 milyar jiwa. Walau angka kelahiran saat ini hanya 23 kelahiran per 1000 orang per tahun, dan angka ini bisa dibilang menurun dari tahun 1995 yang mencapai 40 kelahiran per orang per tahun.

Sesungguhnya jumlah penduduk dunia yang ada sekarang terlihat besar karena kita sudah mendata setiap kelahiran dan kematian yang terjadi. Walau sebenarnya tidak ada yang benar-benar tahu apakah ada masanya manusia yang hidup di Bumi memiliki angka lebih besar dari sekarang. Jika data kependudukan sudah ada sejak lama, mungkin angka pasti dari berapa manusia yang pernah hidup bisa dihitung dengan cukup mudah.

Itulah penjelasan singkat tentang jumlah manusia yang pernah hidup di bumi. Jangan lupa juga untuk membaca artikel populer lainnya di sini ya!

 

Sumber: BBC, Kok-bisa, dan Discover Magazine Blog

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close