PopulerTraveling

Bye-Bye Ngantri! Ini Cara Pembuatan Paspor Online dengan Aplikasi Android

Indonesia memiliki potensi alam dan budaya yang begitu kaya dan memiliki begitu banyak pemandangan indah yang tak kalah dengan pemandangan di belahan dunia lainnya, seperti Maldives, Hawai, Tembok Besar Cina atau Menara Eifel, dan mengelilingi Indonesia dirasa tak akan ada habisnya. Walau potensi Indonesia sebagai destinasi wisata alam dan budaya begitu kaya, namun hasrat diri untuk melancong ke negeri orang tidaklah dapat dihilangkan begitu saja, ditambah dengan kemudahan-kemudahan berwisata antar satu negara dengan negara lainnya, yang khusus disediakan pemerintah negara setempat untuk memancing minat para pelancong.

Untuk melancong ke luar negeri, tentu memiliki paspor adalah kebutuhan yang sangat mendasar. Masyarakat Indonesia pun kini berbondong-bondong menuju kantor imigrasi untuk mengajukan pembuatan, memperpanjang, atau pun mengganti paspor yang hilang. Hal ini tidak sebanding dengan jumlah dan fasilitas kantor imigrasi yang siap melayani. Untuk memfasilitasi antrian urusan paspor di kantor imigrasi, Direktorat Jendral Imigrasi membuat aplikasi smartphone khusus untuk antrean urusan paspor. Nah bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak!

1) Download aplikasi di smartphone kamu melalui Appstore, dengan keyword imigrasi online

2) Registrasi sesuai dengan tata cara yang sudah tercantum dalam aplikasi

Setelah registrasi, kamu akan mendapatkan email konfirmasi. Dalam beberapa kasus, email konfirmasi tidak langsung didapat, kamu perlu menunggu dengan sabar email konfirmasi tersebut, jika kamu sudah terlalu lama menunggu dan belum mendapatkan kejelasan, silahkan hubungi customer service Direktoral Jendral Imigrasi.

3) Setelah mendapat email konfirmasi dan melakukan konfirmasi, kamu akan bertemu dengan tampilan seperti berikut

Kamu bisa memilih kantor imigrasi yang akan kamu datangi dengan cara mengklik langsung pada pilihan yang tersedia. Jika kuota tersedia, kamu akan diminta mengisi tanggal kedatangan, jam kedatangan, alamat email, jumlah pemohon, dan data pemohon. Satu username dapat digunakan untuk lima orang pemohon, dengan syarat pemohon memiliki hubungan kekeluargaan, namun jika kuota di kantor imigrasi tersebut telah habis kamu dapat memilih kantor imigrasi yang lainnya.

4) Setelah itu kamu akan mendapatkan jadwal kamu di kolom jadwal

Di kolom tersebut juga terdapat jam kedatangan kamu, dan kamu harus datang pada satu jam sebelum jam tersebut atau antrean kamu akan dibatalkan. Kolom itu berisi barcode yang harus kamu tunjukkan ketika datang ke kantor imigrasi pada hari yang telah ditentukan.

 

Bagaimana? Cukup mudah bukan? Semoga dengan aplikasi ini, kamu yang sebelumnya harus datang sangat pagi untuk mengantri sekarang kamu hanya perlu datang sesuai janji. Baiklah selamat mencoba dan Happy traveling!

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close