Sate Ayam. Sumber: ulinulin.com

Makanan Khas Indonesia yang Paling Populer Hingga ke Mancanegara

Aneka Masakan – Indonesia memang terkenal dengan berbagai macam tempat wisata dan keindahan alamnya yang tiada dua. Tak heran jika banyak sekali turis asing dari mancanegara yang begitu cinta akan Indonesia dan kerap berkunjung ke nusantara demi merasakan indahnya Indonesia. Namun kekayaan Indonesia bukan hanya tentang tempat wisata saja, melainkan aneka masakan yang juga otentik dimana penuh rempah dengan rasa lezat yang berbeda. Tak heran jika banyak sekali kuliner dari Indonesia yang dikenal hingga ke mancanegara.

Kuliner nusantara dari Indonesia mulai dari Sabang hingga ke Merauke sangatlah banyak. Namun beberapa makanan berikut ini adalah yang paling populer di dunia:

  1. Sop buntut

    Sop Buntut. Sumber: infokuliner.com
    Sop Buntut. Sumber: infokuliner.com

    Sop yang terbuat dari ekor sapi ini memang tak bisa diragukan kelezatannya. Dengan perpaduan bumbu, kuah segar disertai daging lembut menjadikan sop buntut amat dicintai. Sop buntut ini sendiri pernah tersaji di KBRI di Madrid, Spanyol dalam suatu acara yang ternyata banyak disukai di sana.

  2. Gudeg

    Gudeg Jogja. Sumber: cumibunting.com
    Gudeg Jogja. Sumber: cumibunting.com

    Makanan yang diolah dari nangka muda lalu dimasak bersama gula palem serta santan ini memang makanan yang terkenal dari Yogyakarta. Disajikan bersama telur, ayam kampung dan sambal krecek ternyata mampu membuat lidah setiap orang yang menyantapnya. Ternyata menu ini juga ada di Melbourne dimana di sana ada warung gudeg dengan menu gudeg asli Indonesia.

  3. Gado-gado

    Gado-Gado. Sumber: priangantimur.com
    Gado-Gado. Sumber: priangantimur.com

    Para turis asing umumnya mengenal gado-gado dengan sebutan salad Indonesia dengan bumbu saus kacang yang lezat. Dengan semua bahannya yang berupa sayuran segar dan sehat, gado-gado pun dicintai oleh para vegetarian. Tahukah Anda jika di tahun 2010, gado-gado pernah menjadi makanan dengan tampilan sajian tercantik di perlombaan masak dunia yang ada di Napoli, Italia. Hebat bukan?

  4. Tempe

    Tempe. Sumber: taranatureepa.co.id
    Tempe. Sumber: taranatureepa.co.id

    Siapa yang tidak suka tempe? Makanan dari kedelai dengan harga yang murah ini juga banyak disukai di dunia. Banyak sekali turis asing yang kerapkali rindu akan tempe dari Indonesia dan bahkan saking cintanya dengan tempe, ada warung tempe di kawasan streetfood London.

  5. Sate

    Sate Ayam. Sumber: ulinulin.com
    Sate Ayam. Sumber: ulinulin.com

    Kelezatan sate sudah tidak dapat diragukan lagi. Yang paling terkenal adalah sate Padang dan sate Madura dimana keduanya lezat namun berbeda. Tak heran karena kelezatannya, warung sate Madura dan sate Padang ada di seantero nusantara. Tapi tak hanya itu, karena di New York bahkan juga ada restoran yang menyediakan menu sate dengan nama Satay Junction.

  6. Nasi goreng

    Nasi Goreng. Sumber: zonamama.com
    Nasi Goreng. Sumber: zonamama.com

    Nasi goreng memang banyak tersedia dari berbagai negara. Namun nasi goreng Indonesia memiliki cita rasa yang berbeda dan amat khas. Banyak juga turis asing yang begitu menggilai nasi goreng dari Indonesia, bahkan presiden Amerika sekelas Barrack Obama pun mengakui kelezatannya.

  7. Nasi Padang

    Nasi Padang. Sumber: sajiansedap.com
    Nasi Padang. Sumber: sajiansedap.com

    Menu asli dari Sumatera Barat ini memang pantas menjadi makanan yang terkenal dan bahkan terlezat. Tak hanya di seantero Indonesia saja, di beberapa negara seperti Malaysia, Singapura dan negara lain nasi Padang juga amat terkenal. Bahkan beberapa waktu lalu, rendang juga dikukuhkan sebagai makanan terlezat di dunia.

Itulah beberapa makanan Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara. Jika turis asing saja mencintai kuliner dari nusantara, maka kita sebagai warga negara Indonesia juga harus lebih cinta dengan kuliner asli Indonesia. Kuliner juga merupakan bagian dari warisan nenek moyang sehingga patut untuk dilestarikan dan dijaga keotentikannya agar tidak pudar termakan zaman.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *