Lelah Meskipun Istirahat Cukup

Sering Merasa Lelah Meskipun Sudah Tidur Cukup? Hal-Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

AkuPaham.com – Tidur adalah suatu kegiatan yang paling disukai oleh semua orang. Tidur bisa mengistirahatkan tubuh kamu setelah beraktifitas seharian. Tapi pernah gak sih kamu merasa lelah dan ngantuk meskipun sudah tidur dengan waktu yang cukup? Apakah ada yang salah dengan cara tidur kamu? Memang menyebalkan saat kamu mulai bersemangat melanjutkan berbagai macam aktifitas setelah tidur namun stamina kamu turun dan kamu masih merasa lelah. Apalagi bagi kamu yang sudah tidur dengan waktu tidur yang cukup. Mungkin ada sesuatu yang belum kamu ketahui, mengapa kamu tetap merasa lelah saat bangun tidur.

Alasan Mengapa Tetap Merasa Lelah Meskipun Sudah Tidur dalam Waktu yang Cukup

Selalu ada alasan disetiap pertanyaan! Yap, salah satunya mengapa kamu tetap merasa capek meskupin tidur dalam waktu yang lama. Apalagi kamu sudah meningkatkan kualitas tidur kamu dengan berbagai cara seperti mematikan lampu saat kamu tidur dan juga memakai bantal dan guling yang nyaman dan berkualitas. Nah, ketahui alasan mengapa kamu tetap merasa capek dan lelah meskipun kamu sudah cukup tidur:

  1. Kamu Kurang Latihan atau Berolahraga

    Olahraga Menyehatkan
    Olahraga Menyehatkan. Sumber: es.pinterest.com

    Salah satu alasan mengapa kamu tetap merasa capek meskipun sudah tidur adalah kamu kurang berolahraga. Kerja selama 8 jam di kantor kamu habiskan dengan duduk saja. Tentunya hal ini merupakan kebiasaan yang tidak baik. Hal ini membuat berat badan kamu hanya bertumpu pada satu titik sehingga kamu merasa sangat lelah. Hal ini juga mempengaruhi kualitas tidur kamu karena tubuh kamu tidak terlalu banyak mengeluarkan cukup energi untuk tidur. Solusinya, coba kamu perbanyak olahraga setidaknya olahraga lari sehingga tubuh kamu sedikit segar.

  2. Kamu Mungkin Mengalami Dehidrasi

    Dehidrasi Berakibat Fatal
    Dehidrasi Berakibat Fatal. Sumber: secretosdetendencia.com

    Coba kamu ingat kembali, berapa banyak air yang kamu minum hari ini? Tau gak sih? Dehidrasi ini bisa menyebabkan kamu merasa cepat lelah. Banyak orang yang tak sadar bahwa mereka tidak banyak minum air setiap harinya. Jangankan minum air putih, banyak orang yang lebih memilih minum kopi dan minuman berwarna lainnya. Hal ini tentunya merupakan kebiasaan buruk. Jika kamu sedikit minum air putih maka organ tubuh kamu tidak akan bekerja optimal dan cairan dalam tubuh kamu berkurang. Solusinya, kamu bisa minum air 8-10 gelas sehari agar tubuh kamu bisa beristirahat lebih optimal.

  3. Pola Makan yang Tidak Tepat

    Makanan Tak Sehat
    Makanan Tak Sehat. Sumber: kitamuda.id

    Harus kamu ketahui bahwa pola makan yang buruk akan membuat suasa hati kamu buruk. Apalagi kamu yang biasa makan makanan dengan karbohidrat tinggi, hal ini akan membuat tubuh kamu lebih cepat lelah dari biasanya. Solusinya kamu bisa mengubah pola makan kamu dengan mengganti nasi dengan buah-buahan atau makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup dan juga sarapan dengan buah.

  4. Kamu Sedang Depresi Atau Stres

    Depresi atau Stres
    Depresi atau Stres. Sumber: pinoycyberkada.com

    Terkadang kamu merasakan lelah dan kurang motivasi, hal ini akan mengganggu kualitas tidur kamu. Kamu bisa menghilangkan rasa stress kamu dengan berolahraga yoga dan meditasi sehingga kondisi jiwa kamu bisa stabil.

  5. Kadar Gula Darah Kamu Tidak Seimbang

    Kadar Gula dalam Darah
    Kadar Gula dalam Darah. Sumber: sadek.ir

    Jika tubuh kamu tidak banyak mengandung kadar gula, maka tubuh kamu akan kekurangan energi. Kurangnya kadar gula darah dalam tubuh diakibatkan karena kamu terlalu banyak makan junkfood. Kamu bisa mempertahankan kadar gula dalam tubuh dengan rajin makan buah setiap harinya.

Nah, nggak mau kan kamu tetap merasa lelah setelah bangun tidur? Mau tidur kamu berkualitas kan? Mulai sekarang kamu harus memperhatikan hal-hal diatas sehingga kamu bisa tidur dengan pulas dan berkualitas. Jangan lupa untuk selalu rajin olahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar, ya! Ikuti terus tips dan info kesehatan hanya di AkuPaham

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *