Mobil Stir Kanan dan Kiri

Tahukah Kamu Kenapa Stir Mobil di Indonesia Berada di Sebelah Kanan?

AkuPaham.com – Saat melakukan perjalanan baik ke sekolah, kantor dan juga perjalanan jauh, alat transportasi yang nyaman merupakan hal utama yang harus diperhatikan. Seperti di Indonesia sendiri, banyak sekali ditemui macam alat transportasi baik darat, udara dan air. Namun, kebanyakan banyak yang memilih alat transportasi darat sebagai kendaraan pribadi dan untuk kebutuhan transportasi masing-masing. Alat transportasi darat di Indonesia diantaranya ada motor, kendaraan umum, hingga mobil. Mobil merupakan alat transportasi favorit karena bisa melindungi penumpang dari panas dan juga hujan. Tapi pernahkah Anda berpikir mengapa stir mobil di Indonesia berada di sebelah kanan? Jika Anda sering melihat film Hollywood seperti Fast and Furious, kemudi mobil ada di sebelah kiri, begitu juga dengan posisi kemudi di Korea dan negara lainnya. Tetapi, kenapa stir mobil Indonesia berada di posisi kanan? Ada yang tau?

Usut punya usut, ternyata ada alasan mengapa kita yang tinggal di Indonesia harus mengemudi mobil dari sebelah kanan dan juga semua mobil di Indonesia didesain dengan kemudi berada di sebelah kanan.

Ternyata negara-negara di dunia ini dibagi menjadi dua standarisasi dalam berlalu lintas yakni left driving (stir kanan) dan right driving (stir kiri). Right driving adalah sistem berkendara yang mengharuskan pengemudi menggunakan lajur kanan saat berkendara dan stir berada di sebelah kiri, negara yang menerapkan sistem ini adalah USA, Cina, dan negara Eropa kecuali UK. Sedangkan left driving adalah sistem berkendara yang mengharuskan supir mennggunakan lajur kiri untuk berkendara dan mengharuskan posisi stir atau kemudi berada di sebelah kanan, seperti di Indonesia, UK, Jepang, Singapura dan Malaysia. Jawaban yang paling mudah atas pertanyaan mengapa stir mobil di Indonesia ada di sebelah kanan adalah:

  • Mayoritas mobil di Indonesia adalah mobil buatan Jepang yang menggunakan sistem berkendara left driving.
  • Posisi Indonesia yang terjepit oleh negara-negara persemakmuran seperti Australia, Mlaysia, Singapura yang dimana menganut sistem left driving.

Tetapi apa asal usul lahirnya left driving (stir kanan) dan right driving (stir kiri)?

Jadi, konsep left driving ini awalnya muncul dari ksatria Inggris saat perang yang mengendarai kuda dan menyimpan senjatanya di sebelah kanan (pedang) dan tangan kirinya untuk mengendalikan kuda. Hal ini tentunya mempermudah ksatria Inggris dalam perang. Inilah alasan mengapa Inggris memakai sistem left driving saat berkendara mobil.

Ksatria Inggris Menaiki Kuda Perang
Ksatria Inggris Menaiki Kuda Perang

Berbeda dengan Inggris, lahirnya right driving berasal dari warga Prancis dan AS pada akhir tahun 1700 yang mengangkut berbagai produk pertanian dengan menggunakan kereta besar yang ditarik oleh dua ekor kuda. Kereta besar tersebut tidak memiliki kursi pengemudi dan pengemudi berada di belakang kiri kuda dan tangan kanannya digunakan untuk mengendalikan kuda. Oleh karena itu kusir kuda menggunakan jalur kanan agar orang bisa melalui dari jalur kiri dan bisa memastikan dibelakang tak ada orang yang terganggu dengan kereta kudanya. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa AS dan Perancis menganut sistem right driving saat berkendara.

Lantas bagaimana di Indonesia? Kenapa stir mobil Indonesia di sebelah kanan?

Berdasarkan sejarah, dulunya Indonesia dijajah Inggris yang menggunakan sistem berkendara dengan kemudi di sebelah kanan. Lalu Belanda juga menjajah Indonesia yang pada awalnya menggunakan stir kanan sehingga Indonesia menganut sistem mengemudi di sebelah kanan. Tetapi, Belanda pada akhirnya menganut sistem stir kiri atau right driving saat dikalahkan oleh Perancis. Lalu mengapa Indonesia tidak berubah sistem menjadi stir kiri? Hal ini dikarenakan Indonesia mulai dijajah Jepang dan pengaruh Jepang sudah masuk ke Indonesia, seperti mobil buatan Jepang yang memiliki sistem stir di sebelah kanan. Jadi sudah tahu kan mengapa kemudi mobil Indonesia di sebelah kanan? Semoga bermanfaat! Jangan lupa kunjungi website AkuPaham ya!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *