Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional1

Mengapa Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Internasional?

AkuPaham.com – Kini Bahasa Inggris sudah bukan merupakan bahasa asing untuk orang Indonesia. Tak sedikit juga orang tua yang mengajarkan anak-anaknya Bahasa Inggris mulai dari kecil, misal dari anak usia playgroup dan sejak dini. Banyak orang tua yang memperkenalkan Bahasa Inggris sejak dini dengan harapan nantinya anak mudah bergaul dengan siapa saja dan tentunya bisa memahami bahasa internasional. Tak hanya itu, pendidikan di Indonesia sendiri mewajibkan pelajaran Bahasa Inggris ini semenjak sekolah dasar. Bahkan kini ada sekolah TK atau Playgroup yang memperkenalkan Bahasa Inggris untuk anak usia dini. Pengenalan Bahasa Inggris untuk anak sejak dini memang tak ada salahnya karena Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang sudah diakui oleh dunia. Kini sudah lebih dari 54 negara di dunia yang menjadikan Bahasa Inggris menjadi bahasa resmi. Lantas, mengapa Bahasa Inggris bisa menjadi bahasa internasional? Jika dilihat dari banyaknya penduduk, penduduk Indonesia dan Cina jauh lebih banyak. Jadi kenapa Bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional?

Tetapi Mengapa Harus Bahasa Inggris yang Jadi Bahasa Internasional?

Tentunya ada terbesit di otak Anda mengapa Bahasa Inggris menjadi Bahasa internasional. Mengapa bukan Bahasa Indonesia atau Bahasa Cina? Nah, coba simak penjelasan berikut mengapa Bahasa Inggris menjadi Bahasa Internasional dan dipakai sebagai Bahasa komunikasi antar negara.

  1. Untuk mempermudah komunikasi antar manusia di dunia, maka diperlukan bahasa bersama atau Lingua Franca

    Alasan mengapa Bahasa Inggris dijadikan bahasa internasional adalah dibutuhkan bahasa bersama agar semua orang di dunia ini bisa berkomunikasi dengan satu bahasa sehingga orang-orang dari berbagai negara bisa tetap mengerti saat berkomunikasi. Inilah yang disebut lingua franca. Pada awalnya, lingua franca ini berbeda-beda di setiap wilayah, misalnya negara di Asia Tenggara menggunakan Bahasa Arab dari Timur Tengah saat abad ke-7. Lalu abad ke-18 ilmuwan belajar dengan Bahasa Latin sebagai lingua franca. Dan saat era ekspansi Eropa, Bahasa Portugis menjadi Bahasa bersma di Asia, Africa hingga Jepang. Kini telah disepakati bahwa Bahasa Inggris sebagai bahasa bersama atau lingua franca.

    Bahasa Inggris adalah Bahasa Universal
    Bahasa Inggris adalah Bahasa Universal
  2. Alasan kedua adalah Inggris adalah negara dengan jumlah negara jajahan terbanyak di era kolonisasi sehingga Bahasa Inggris berkembang pesat

    Bahasa Inggris adalah bahasa tertua didunia dan muncul sejak abad 8M. Selain itu, Inggris adalah penguasa dunia yang mendaulatkan diri menjadi polisi dunia dan saat itu AS masih belum lahir. Negara jajahan Inggris saat itu juga banyak seperti Kanada, Afrika Selatan, India, Selandia Baru, Thailand dan lainnya. Oleh karena itu negara-negara ini mau tidak mau harus menggunakan Bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

    Peta Negara-Negara Jajahan Inggris
    Peta Negara-Negara Jajahan Inggris
    • Negara superpower AS mengukuhkan Bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional

      Dulunya AS adalah negara jajahan Inggris dan banyak sekali orang-orang Inggris yang berdatangan ke Amerika dan menjadi imigran. Tak hanya orang Inggris, AS menjadi tanah imigran yang membutuhkan bahasa bersama. Semakin kuatnya negara adidaya ini, maka Bahasa Inggris semakin dipatenkan.

    • Kuatnya Amerika yang mempengaruhi perkembangan dunia

      Kini banyak sekali perusahaan asal Amerika yang mengembangkan sayapnya di negara lain baik dari segi bisnis, politik, ekonomi dan lainnya. Anda bisa melihat seperti perusahaan Google, Microsoft, Unilever dan lainnya yang menuntut banyak orang untuk belajar Bahasa Inggris.

    • Ekspansi budaya populer AS melalui karya

      Tak hanya melalui bisnis dan ekonomi, pengaruh Bahasa Inggris juga berasal dari bidang budaya populer seperti film Hollywood, musik-musik berbahasa Inggris yang mengarah ke Amerika Serikat

     

Nah, itu dia mengapa Bahasa Inggris menjadi bahasa bersama atau lingua franca. Jika dilihat dari popularitasnya, Bahasa Inggris ini masih menjadi bahasa bersama hingga puluhan tahun ke depan. Tak ada salahnya belajar banyak Bahasa di era globalisasi saat ini karena Anda bisa lebih mudah berkomunikasi dengan orang dari berbagai negara. Jangan lupa subscribe website AkuPaham ya di media sosialmu! Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *