InspirasiPopuler

Studi Terakhir Mengungkapkan Ada Empat Tipe Pengguna Facebook – Termasuk Apakah Kamu?

Mengingat pengguna Facebook yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya, bahkan saat ini ada 2 miliar lebih pengguna jejaring sosial Facebook yang sangat populer ini. Menurut penelitian terkahir, disimpulkan bahwa terdapat empat tipe pengguna Facebook. Empat tipe tersebut adalah The “Selfie”, “Town Crier”, “Window Shopper”, dan “Relationship Builder”. Ini berarti kita dapat membagi kategori manusia pada tahun 2017 ke dalam 4 tipe kuadran ini.

Jadi tipe pengguna Facebook apakah kamu? Mari kita bahas!

1) Selfie

Selfie
Selfie-Pixabay.com

“Selfie” cukup jelas. Ini semua tentang promosi diri, baik untuk anak laki-laki maupun perempuan, mereka akan mengambil foto wajah dengan gaya menyeringai, sombong, cemberut, acuh tak acuh dan menyebarkannya tanpa henti ke media sosial agar seluruh dunia bisa melihatnya. Tujuan mereka adalah untuk mendapatkan sebanyak mungkin like, komentar, dan perhatian tanpa batas dari pengguna media sosial lainnya. Mereka menggunakan Facebook hanya untuk memamerkan gambar diri mereka sendiri yang mereka anggap keren, menarik, dan memukau terlepas dari kualitas gambar itu sendiri.

2) Relationship Builders

Teman
Teman-Pixabay.com

“Relationship Builders” sangat berbeda. Mereka menggunakan Facebook secara teratur untuk memposting hal-hal tertentu, menanggapi postingan orang lain, dan terlibat dalam komentar, debat, percakapan, dan umumnya mencoba membangun koneksi secara online, baik dengan membuat teman baru atau tetap berhubungan dengan teman yang sudah ada. Bagi orang-orang ini, Facebook adalah perpanjangan dari kehidupan nyata mereka. Ini adalah cara untuk mendigitalkan perasaan, empati, dan pemikiran mereka kepada orang lain.

3) Town Criers

Facebook
Faceboo-Pixabay.com

“Town Criers” adalah kebalikan dari kedua tipe di atas, karena mereka memiliki kesenjangan yang sangat jauh antara kehidupan maya dan kehidupan nyata. Alih-alih memusatkan perhatian kepada teman dan keluarga mereka, mereka malah menganggap diri mereka sebagai sumber berita yang menarik dengan memposting tentang masalah pribadinya di media sosial. Mereka juga senang berbagi artikel, mengomentari kejadian terkini, dan mengumumkan acara besar ke media sosial sesegera mungkin.

4) Window Shoppers

Social Media
Social Media-Pixabay.com

Akhirnya, “Window Shoppers” adalah mereka yang merasa berkewajiban secara sosial untuk berada di meda sosial Facebook, seperti “Town Criers”. Namun, motivasi mereka bukan untuk memberi tahu planet ini tentang isu-isu global terkini atau isu-isu yang sedang panas-panasnya. Sebaliknya, mereka beralih dari satu halaman ke halaman lainnya dan hanya mengamati perilaku, tulisan, dan kehidupan digital orang lain. Mereka seperti Attenborough yang menyaksikan makhluk aneh (manusia) di alam liar sebelum mereka melakukan hal yang wajar. Dalam hal ini menumbuhkan kehidupan online untuk diri mereka sendiri namun tidak suka berkomentar, memberkan like, atau pun menyebarkan kembali artikel terkait isu global saat ini.

Kategori dari pengguna Facebook ini dibuat oleh tim di Brigham Young University (BYU). Mengingat rata-rata pengguna Facebook menghabiskan waktu sekitar 35 menit per hari melalui ponselnya, yang berarti 213 jam per tahun. Nah, apakah kamu menghabiskan lebih dari 35 menit per hari hanya untuk berFacebook ria? Jika iya, seharusnya kamu sudah mengetahui bahwa kamu masuk ke dalam salah satu tipe di atas. Jika kamu sudah mengetahui masuk ke dalam salah satu tipe di atas, jangan lupa untuk terus membaca dan membagikan artikel menarik lainnya dari AkuPaham, karena kamu akan mendapatkan informasi menarik dan berguna di setiap harinya.

Tags

Your heart may broken but not your mind. Sharing not only for your love but also for your life.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline