Populer

9 Trik Mensiasati Penginapan agar Perjalananmu Lebih Menyenangkan

Backpackers adalah cara jalan-jalan yang tengah marak beberapa tahun terakhir. Berbeda dengan lawannya ‘kopers,’ backpackers mengedepankan asas praktis, tanpa jadwal, petualangan dan pastinya hemat. Berbeda dengan ‘kopers’ yang akan hidup di penginapan yang setidaknya memiliki kamar mandi sendiri di dalamnya, backpackers lebih sering menggunakan penginapan semacam dorm atau asrama untuk menghemat biaya, karena semakin hemat seorang backpacker maka semakin banyak kesempatan menjelajahi daerah lainnya. Nah, ini dia trik buat kamu mensiasati kehidupan kamu selama di dorm agar lebih nyaman dan menyenangkan:

1- Pesan Tempat Tidurmu

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Pesan tempat tidurmu- Bright Side

Memesan tempat tidur lebih dulu sebenarnya tidak begitu krusial, kamu hanya perlu memastikan kamu mendapatkan tempat tidur yang kamu inginkan. Biasanya dorm untuk para backpacker terbagi menjadi 3 yaitu khusus perempuan, khusus laki-laki dan campuran, walau di negara-negara tertentu hanya terbagi menjadi dorm khusus perempuan dan laki-laki. Pastikan jam berapa kamu bisa check in dan tentunya perhatikan peraturan-peraturan asrama demi kenyamanan sesama backpacker. Sebaiknya kamu menghindari asrama campuran, dan pilihlah asrama dengan tempat tidur yang lebih sedikit. Hal ini untuk menghindari ketidaknyamanan saat berganti pakaian dan lain-lain.

2- Bawa Gembok

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Gembok- Bright side

Saat kamu berpergian dan diharuskan menginap di asrama, maka sebaiknya kamu membawa gembok untuk tasmu. Walau asrama memiliki peraturan sedemikian rupa, namun keamanan barang pribadi menjadi tangung jawab masing-masing. Pilihlah gembok tanpa kunci untuk menghindarimu kehilangan kunci, apalagi untuk kamu yang kurang teliti.

3- Bawalah Alas Tidur

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Alas Tidur- Bright Side

Menurut beberapa penelitian, alas tidur dan selimut bahkan di hotel berbintang sekali pun jarang sekali diganti. Kamu tidak tahu kapan alas tidurmu terakhir kali diganti, dan bagaimana kondisi orang yang menggunakannya sebelummu, apakah ia memiliki penyakit kulit atau tidak? Selain itu kemungkinan terdapat kutu kasur juga dapat menjadi pertimbangan. Untuk meningkatkan kenyamananmu saat tidur dan mengurangi kekhawatiranmu akan kebersihan alas tidurmu, ada baiknya kamu membawa alas tidurmu sendiri.

4- Bawalah Tempat Makan Plastik

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Tempat Makan Palstik- Bright Side

Beberapa asrama backpacker menyediakan dapur untuk memasak, untuk menghemat biaya makan. Ada baiknya kamu memasak untuk beberapa kali makan, kemudian bawalah makanan tersebut saat kamu berkeliling, sehingga kamu tidak perlu khawatir kelaparan di tengah perjalanan. Selain itu kamu juga bisa menghemat biaya makan siang dan malammu.

5- Bawalah Sandal Karet

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Sandal karet- Bright Side

Sebagaimana asrama pada umumnya, kamar mandi yang ada tentunya digunakan secara bersama-sama. Kamu tidak mengetahui apakah seseorang yang menggunakan kamar mandi sebelum kamu membersihkannya dengan baik setelah menggunakan. Gunakanlah sandal karet untuk menjaga kakimu dari jamur dan penyakit kulit lainnya. Sehat adalah faktor penting agar perjalanan menyenangkan.

6-Rencanakan Jam Mandi

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Rencanakan jam mandi- Bright Side

Terkadang jumlah pengunjung dan kamar mandi di asrama tidak seimbang, maka kamu harus merencanakan kapan sebaiknya kamu bangun dan mandi agar mengantri di kamar mandi terlalu lama tidak merusak rencana jalan-jalanmu. Perhatikanlah kapan waktu kamar mandi ramai digunakan dan kapan waktu terbaik untuk mandi atau mengantri kamar mandi.

7- Kemas Barang-Barangmu Semalam Sebelumnya.

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Berkemas semalam sebelum berangkat- Bright Side

Jika kamu akan melakukan perjalanan besok pagi, maka hindari mengemasi barang sesaat sebelum pergi. Kemas barang-barangmu semalam sebelumnya, hal ini untuk menghindarimu dari meninggalkan barang karena terburu-buru, tidur yang kurang nyenyak sehingga kamu kelelahan saat di perjalanan, kekurangan waktu untuk sarapan atau lebih buruk lagi ketinggalan pesawat, bis, kapal atau kereta.

8- Carilah Teman dari Penginapan.

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Teman dari penginapan- Pixabay

Tidak ada salahnya mencari teman dari penginapan yang sama, apalagi jika kamu solo backpacker. Mendapat teman dari penginapan yang sama memiliki banyak keuntungan untukmu, seperti kamu dapat berbagi ongkos transportasi saat menuju ke destinasi yang sama, dan saat kamu harus pulang di malam hari, kamu akan merasa lebih aman karena memiliki teman.

9- Kebutuhan Beribadah.

9 trik mensiasati penginapan untuk para backpackers
Salat- About Islam

Untuk kamu yang beragama Islam, tentunya kamu diwajibkan untuk melakukan ibadah 5 kali satu hari. Jika asrama tidak menyiapkan tempat khusus untuk salat dan masjid terlalu jauh dari jangkauan, sebaiknya salatlah di kamar. Karena kamar asrama adalah milik bersama, dan untuk digunakan bersama, maka sebaiknya kamu menjelaskan kepada teman-teman sekamarmu bahwa kamu harus beribadah 5 kali satu hari dan meminta izin untuk menggunakan ruang kamar untuk melakukannya di waktu-waktu tertentu. Jangan lupa untuk menjelaskan dengan santun, karena tidak semua orang mengerti agama Islam. Begitu juga dengan pemeluk agama lainnya, jelaskanlah tentang ibadah harian atau mingguan yang biasa kamu lakukan dan yang akan kamu lakukan di kamar, agar teman-teman sekamarmu dapat mengerti.

Itulah 9 trik mensiasati penginapanmu selama menjadi backpacker. Semoga dapat membantumu selama perjalananmu, dan jangan lupa baca artikel seputar traveling lainnya di sini ya! Selamat mencoba!

Sumber: Bright Side

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close