Kesehatan

9 Tips Menghindari Keram Perut Saat Menstruasi

Menstruasi adalah tamu bulanan yang datang kepada setiap wanita di dunia, tentunya bersama dengan gejala dan sakit serta nyeri yang hampir sama. Sebagian besar wanita di dunia mengalami nyeri dan sakit menjelang dan saat menstruasi setidaknya sekali seumur hidup, dan akan sangat sulit menemukan wanita yang tidak pernah mengalami nyeri sama sekali. Karena tidak dapat dihilangkan, maka yang bisa dilakukan wanita adalah mengurangi dan menghindari rasa sakit saat menstruasi menjadi lebih parah. Kamu bisa mencoba 9 tips di bawah ini untuk menghindari sakit dan keram saat menstruasi:

1- Kompres Air Hangat.

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
Kompres air hangat- google

Beberapa peneliti dari Universitas London membuktikan bahwa temperature 40 derajat celcius dapat mengatasi keram perut. Dr. King yang memimpin penelitian ini mengatakan bahwa dengan suhu 40 derajat celcius ini dapat mengurangi aliran darah ke organ, yang menghasilkan rasa sakit.

Panas juga bekerja dengan cara yang sama pada obat-obatan, yaitu untuk memblokir penerima sakit yang disebut P2X3. Jadi, saat kamu kedatangan tamu bulanan ini kamu bisa menggunakan botol plastik atau alat pengantar panas lainnya lalu letakkan di perutmu selama beberapa saat. Maka rasa sakit akibat keram perut dapat berkurang.

2- Minuman Herbal

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
minuman kunyit- Pixabay

Di Indonesia sendiri, minuman herbal untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi sudah dijual secara bebas dan mudah didapat. Seperti yang kamu ketahui, minuman kunyit adalah salah satu herbal yang dapat kamu konsumsi untuk mengurangi keram perut, karena kunyit mengandung zat anti-inflamasi atau peradangan, membuat kamu relaks, mengurangi kejang pada perut, dan kembung. Minuman herbal ini mudah dibuat dan bahan-bahannya mudah didapat, jika kamu memang ingin membuatnya sendiri di rumah, berikut resep yang bisa kamu ikuti:

  • 24 gr kunyit yang telah diparut.
  • 13 gr jahe yang telah diparut.
  • ¼ sendok teh bubuk kayu manis.
  • Sejumput lada hitam.
  • 80 gr madu.
  • Air perasan dari setengah buah lemon.

Campurkan semua bahan di dalam sebuah toples dan masukkan ke dalam kulkas. Saat kamu ingin mengkonsumsinya, ambillah satu sendok teh kemudian campurkan dengan 170-230 ml air panas mendidih, lalu nikmati selagi hangat.

3- Tidur

 

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
Tidur- Huffington Post

Tidur saat menstruasi terkadang menjadi sulit dikarenakan perut yang keram, sakit di sekitar pinggang, kepala sakit, dan mood yang berantakan. Namun, tidur dapat membantu mengurangi sakit saat menstruasi, para ahli menyarankan untuk tidur selayaknya janin di dalam rahim. Hal ini dapat membuat otot-otot perutmu relaks, dan mengurangi nyeri.

4- Minum Air Putih .

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
Hidrasi dirimu- Pixabay

Mengkonsumsi banyak air dapat mencegah retensi cairan di dalam tubuh, dan menghindari kembung dan pembengkakan yang menambah nyeri perut saat menstruasi. Untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif, minumlah minuman hangat yang dapat merelaksasi otot-otot perut dan mengurangi nyeri pada perutmu.

5- Konsumsi Vitamin dan Mineral

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
Yogurt- Pixabay

Cara lain yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi keram perut saat menstruasi, para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi vitamin dan mineral sebagai berikut:

  • Kalsium, para ahli menyarankan untuk mengkonsumsi 1.000 mg/hari untuk mengurangi keram perut. Kamu bisa menambahkan makanan yang mengandung banyak kalsium seperti susu, yogurt, dan brokoli.
  • Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium dan mengurangi peradangan.
  • Asam lemak omega-3, seperti minyak ikan dapat mengurangi peradangan. Konsumsilah dalam porsi cukup, karena dapat menyebabkan pendarahan jika dikonsumsi berlebihan.
  • Magnesium dapat mengurangi jumlah prostaglandin, yaitu zat yang meningkatkan persepsi rasa sakit anda, namun jika anda penderita penyakit jantung maka anda disarankan untuk menemui dokter dan berkonsultasi terlebih dahulu.
  • Vitamin E dapat membantu melawan keram selama masa menstruasi.

6- Olahraga

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
Olaharaga- Pixabay

Bagaimana pun olahraga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat keram perut, karena olahraga dapat meningkatkan kadar endorfin, meningkatkan mood dan mempercepat pembakaran prostaglandin. Lakukan olahraga setidaknya 3 kali seminggu selama paling sedikit 15 menit. Yoga, bersepeda, jalan kaki, dan skating adalah olahraga yang paling baik untuk mengurangi keram menurut para ahli.

7- Hindari Beberapa Makanan.

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
Kopi- Pixabay

Beberapa makanan akan membuatmu merasa lebih baik saat menstruasi, namun beberapa makanan justru memperburuk keadaanmu. Seperti kafein, mengkonsumsi kafein saat menstruasi dapat memperburuk gejala PMS, seperti kembung, perubahan mood, nyeri dan keram. Kafein juga dapat meningkatkan kecemasan, dan dapat mengganggu sirkulasi menstruasi bulanan kamu.

8- Pijatan pada Perut.

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
Pijatan pada perut- Google

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pemijatan lembut di area perut dapat meringankan nyeri saat menstruasi. Kamu bisa mencoba beberapa pijatan di bawah ini saat kamu mengalami nyeri:

  • Letakkan tanganmu di atas perut lalu mulai memijat mengelilingi perut membentuk lingkaran dengan sedikit tekanan, lakukan ini selama 30 kali.
  • Letakkan jari tengah dan jari telunjuk di atas pusar, pijat dengan sedikit tekanan. Pijat menyerupai bentuk hati, dimulai dengan bergerak ke atas lalu ke samping dan diakhiri pada bagian pusar. Lakukan pijatan ini sebanyak 20-30 kali.
  • Kamu juga bisa menggosok bagian bawah perutmu dengan kedua telapak tangan secara bergantian selama 30 kali.

9- Minum Obat Pereda Nyeri

9 Tips meredakan nyeri dan keram perut saat menstruasi
Pil pereda nyeri- Pixabay

Jika nyeri dan keram perut saat menstruasi tidak kunjung membaik walau sudah melakukan semua hal di atas, kamu dapat mengkonsumsi minuman pereda nyeri. Konsumsilah obat sesuai dengan anjuran dan aturan konsumsi, namun jika nyeri tidak kunjung hilang setelah beberapa hari, mungkin mengunjungi dokter untuk berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan adalah pilihan yang baik.

Itulah 9 tips meredakan sakit, nyeri dan keram perut saat menstruasi. Semoga tips-tips di atas dapat membantu kamu menghilangkan sakit saat menstruasi sehingga kamu dapat beraktivitas seperti biasa. Baca juga artikel seputar kesehatan lainnya di sini ya!

Sumber: Bright Side

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close