Inspirasi

8 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan Ketika Kamu Patah Semangat

Merasa letih, lemah, lesu dan tidak ingin melakukan apapun sering terjadi di saat-saat kehilangan semangat, entah karena kegagalan di bidang studi, perdebatan dengan pasangan, pencarian kerja yang tak kunjung datang, kekecewaan terhadap kehidupan, atau karena alasan-alasan tertentu yang kamu sendiri tidak yakin. Beberapa dari kamu biasa memilih mengurung diri di rumah, menonton film sedih, tidur seharian, atau makan dalam jumlah banyak, namun semua ini tidak membantumu mengembalikan semangat, justru membuatmu semakin lesu dan malas. Untuk menghindari keterpurukan berkepanjangan, kamu bisa melakukan hal ini untuk mengembalikan semangatmu yang telah hilang, berikut 8 hal yang bisa kamu lakukan saat sedang patah semangat:

Taman Kota-Pixabay

1) Keluarlah dari rumah dan perbaiki mood-mu

Mood adalah sesuatu yang sulit diperkirakan perubahannya karena terjadi secara tiba-tiba, walau demikian mood jelek tetap bisa diperbaiki. Keluarlah dari rumah khususnya di pagi hari, di mana udara masih terasa bersih apalagi untuk kamu yang tinggal di daerah perkotaan. Udara yang segar dan sinar matahari dapat membantu kamu merelaksasikan pikiran kamu. Penulis buku The Nature Fix, Florence William mengatakan, jika seseorang menghabiskan beberapa waktu di luar ruangan maka tekanan darahnya akan turun dan tubuhnya lebih kebal terhadap stres. Menurut laporan keluar rumah juga dapat meningkatkan mood, vitalitas dan kreativitas, hanya dalam 20 menit.

2) Berbicaralah dengan seseorang yang bisa membantumu

Berapa banyak orang yang bercerita kepada orang lain tentang permasalahan mereka, tanpa meminta solusi apapun, karena sesungguhnya yang mereka butuhkan adalah orang yang mendengarkan cerita mereka. Berceritalah kepada orang terdekatmu, orang tua, pasangan, kakak dan adik, atau teman dekatmu tentang masalahmu, karena permasalahan akan terasa lebih ringan setelah dibicarakan dan membantu kamu melepaskan stres.

Chalie Chaplin-Pixabay

3) Menonton film yang lucu

Saat moodmu sedang jelek, menonton film sedih sangatlah tidak disarankan. Walau kamu sebenarnya sedang tidak berminat menonton film lucu, kamu bisa mencobanya dengan menonton di bioskop, setidaknya kamu akan dipaksa duduk mendengarkan tawa orang lain dan lucunya adegan film. Percaya atau tidak bahwa tawa sering kali menular, dan saat menonton kamu dapat tertular tawa dan bahagia orang di sekelilingmu.

4) Hang out dengan teman-temanmu

Jika kamu pikir-pikir, kapan terakhir kali kamu berhubungan dengan teman-temanmu, dan jalan-jalan bersama mereka untuk sekedar minum teh bersama. Tahukah kamu berada di sekeliling orang-orang yang kamu cintai dan mencintaimu adalah cara terbaik untuk mengingatkan dirimu sendiri betapa istimewa kamu dan kehidupanmu. Mereka, teman-teman terbaikmu, tentunya juga tahu bagaimana cara membuatmu merasa lebih baik.

5) Mendengarkan musik

Tentunya bukan musik dan lagu galau, tetapi musik dan lagu upbeat yang dapat membantu kamu melepaskan stres dan kegelisahan kamu serta meningkatkan mood. Menurut Psikoterapis Joe Liner, jika kamu mencari sesuatu yang dapat meningkatkan energi atau membuatmu lebih bersemangat, mungkin musik adalah yang kamu butuhkan. Ketika mendengar lagu-lagu upbeat, ritme musik dapat membangkitkan dan menginspirasi kita untuk menjadi lebih produktif dan antusias. Musik juga dapat

Bersih-bersih- Pixabaymembangkitkan kembali semangat serta membuat kita bangkit untuk beraksi, dan mempertahankan keceriaan.

6) Bersih-bersih tempat tinggalmu

Banyak di antara kita yang tidak menyadari bahwa keadaan tempat tinggal kita bisa saja menggambarkan keadaan psikologis kita. Jika tempat tinggalmu berantakan sedangkan biasanya kamu adalah orang yang sangat rapi, mungkin saat ini pikiranmu tengah kacau dan berantakan, dan kamarmu yang berantakan justru membuat keadaan lebih runyam. Bersihkanlah tempat tinggalmu agar kamu merasa lebih nyaman dengan keadaan dan lingkungan sekitarmu.

7) Istirahat yang cukup

Merasa lelah berkepanjangan bisa saja datang dari istirahat dan tidur yang kurang berkualitas. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa meluangkan waktu untuk tidur sebentar, untuk mengembalikan energimu. Aturlah suasana tempat tidurmu senyaman mungkin, jadi tidur dan istirahat kamu menjadi lebih berkualitas walau hanya sebentar.

8) Berbuat baik kepada orang lain

Berbuat baik kepada orang lain di saat kamu tengah mengalami kesulitan memang sesuatu yang sulit, namun kesulitan orang lain bisa membuat kamu menyadari bahwa apa yang kita hadapi tidaklah lebih rumit dari orang lain. Selain itu, senyum dan kebahagiaan mereka bisa saja menjadi motivasi untuk kamu menjadi pribadi lebih baik lagi.

Semoga tips-tips di atas dapat mengubah hari-hari kamu yang tengah mendung menjadi hari-hari yang indah dan ceria.

Sumber: Power of Positivity

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline