Inspirasi

8 Film Animasi Pixar yang Memiliki Pesan Mendalam

Beberapa dari kamu mungkin hanya duduk menikmati jalan cerita tanpa banyak berpikir maksud dan tujuan dari si pembuat cerita, apalagi jika film tersebut adalah film animasi. Beberapa orang menganggap film animasi hanya ditonton oleh anak kecil dan tidak cocok untuk orang dewasa, namun beberapa diantara kamu tentu tidak setuju dengan hal itu, mengingat banyaknya pesan moral yang terkandung di dalam cerita yang kamu secara tidak sadar sudah terpapar pesan moral tersebut saat menonton film. Untuk kamu yang senang dengan film-film animasi, tentu nama besar Pixar sudah tidak asing lagi, nah, berikut 8 film Pixar yang memiliki pesan mendalam yang mungkin tidak kamu sadari.

1- Toy Story

Inilah 8 Film Animasi Pixar yang Memiliki Makna Mendalam
Toy Story- Google

Time moves on, but real friendship and devotion last forever.

“Waktu berjalan, tapi persahabatan dan kesetiaan kekal abadi.”

Tentu sebagian besar dari kamu sudah menonton kartun legendaris ini, bercerita tentang mainan-mainan yang harus ditinggalkan pemiliknya setelah ia dewasa, toy story berhasil membawa penontonnya mengingat kembali masa kecil mereka sambil dibawa merasakan kesedihan, kebahagiaan dan keseruan petualangan para mainan. Film ini mengajarkan bagaimana seharusnya bersikap bahkan kepada mainan yang kamu miliki, sama halnya kamu ingin dicintai, mainan masa kecilmu pun juga demikian.

2- Monsters, Inc.

Inilah 8 Film Animasi Pixar yang Memiliki Makna Mendalam
Monster, Inc- Google

Those who are the scariest are usually scared themselves

“Mereka yang sangat menakutkan, biasanya menakuti diri mereka sendiri”

Film animasi yang bercerita tentang monster-monster yang bekerja untuk menakut-nakuti anak-anak di dunia untuk mendapatkan energi. Pada film ini ditunjukkan bagaimana intimidasi adalah senjata paling menakutkan yang digunakan oleh sebagian besar masyarakat. Namun, mereka yang berani tampil ‘beda’ dari yang lain dan berani mengambil resiko, akhirnya menemukan bahwa tawa anak-anak jauh lebih baik dari pada tawa mereka.

3- Finding Nemo

Inilah 8 Film Animasi Pixar yang Memiliki Makna Mendalam
Finding Nemo- Google

Everyone has the right to make mistakes and follow their own path.

“Setiap orang memiliki hak untuk berbuat salah dan  mengikuti jalan mereka sendiri”

Dunia memang tempat yang sangat menakutkan bagi anak-anak, namun overprotecting hanya akan membuat dunia semakin menakutkan. Hal inilah yang ditunjukkan pada film finding nemo, bagaimana marlin berusaha melindungi nemo, anaknya dari dunia yang justru berakhir pada hilangnya nemo. Sesungguhnya orang tua haruslah mengajarkan anak-anak bagaimana bersikap untuk menghadapi dunia, mendukung dan menolong mereka mengetahui bagaimana hidup di dunia yang menakutkan ini.

4- The Incredibles

Inilah 8 Film Animasi Pixar yang Memiliki Makna Mendalam
The Incredibles- Google

We are not ourselves if  we  hide our talents.

“Kita bukanlah diri kita sendiri saat kita menyembunyikan talenta kita”

Film yang berkisah tentang satu keluarga pahlawan yang berusaha untuk terlihat seperti keluarga pada umumnya. Setelah berusaha untuk menyembunyikan kemampuan dan hidup layaknya manusia ‘normal’ lainnya, mereka merasa putus asa dan tertekan. Film ini mengajarkan bagaimana kemampuan dan talenta yang diberikan kepada manusia adalah bagian dari identitas dirinya, dan lari dari atau menyembunyikan talenta dan kemampuan tersebut sama halnya membuang identitas diri kita sendiri.

5- Cars

Inilah 8 Film Animasi Pixar yang Memiliki Makna Mendalam
Cars- Google

Don’t forget those who always believed in you.

“Jangan lupa pada mereka yang selalu percaya padamu”

Kamu tentunya sudah menonton film animasi yang semua tokohnya adalah mobil-mobil dan alat transportasi. McQueen mungkin tidak akan pernah mengerti pentingnya teman, guru, sahabat, dan fans sebelum akhirnya terdampar di sebuah tempat yang asing. Ia belajar bahwa kemenangan yang dia raih selama ini bukan semata kerja kerasnya, tapi juga kekuatan dan usaha dari anggota timnya.

6- Ratatouille

Inilah 8 Film Animasi Pixar yang Memiliki Makna Mendalam
Ratatouille- Pixar

Follow your dream, even when they say you are not worth it.

“Ikutilah mimpimu, bahkan saat orang lain mengatakan kamu tidak layak untuk itu”

Begitu banyak orang yang meremehkan mimpi besarnya untuk menjadi seorang koki tidak lantas menghentikan langkah Remy, Si Tikus. Walau orang lain tidak mempercayainya, namun Remy tetap berjalan ke arah mimpinya. Ingatlah, jika suatu saat kamu lelah mengejar mimpimu, bahwa Si Tikus Remy pun berhasil mengejar mimpinya hanya karena keberaniannya.

7- Wall-E

Inilah 8 Film Animasi Pixar yang Memiliki Makna Mendalam
Wall E- Pixar

We are responsible for our planet.

“Kita bertanggung jawab terhadap planet kita”

Di usia bumi yang semakin tua, manusia masih saja sibuk merusak bumi dengan berbagai cara. Sebaliknya, Wall-E berusaha untuk menjaga apa yang ia miliki, yaitu tanah dimana ia hidup. Pada film animasi ini, penonton dibawa untuk melihat bagaimanakah jadinya bumi, jika manusia terus menerus menggunakan sumber dayanya tanpa batas.

8- Up

17 Hal yang Harusnya Aku Katakan Pada Diriku Saat Aku Kecil
Up- Google

It’s never too late to fulfill your dream.

“Tidak ada kata terlambat untuk meraih mimpimu”

Begitu banyak orang, khususnya kaum hawa yang menangis menyaksikan film animasi yang satu ini. cerita tentang pasangan yang tidak bisa memiliki anak ini begitu indah dan penuh cinta bahkan hingga akhir hayat sang istri. Setelah kematian istrinya, Carl terus berpikir tentang mimpinya dan sang istri yang belum tercapai, dan di saat itulah ia memutuskan untuk pergi dan memenuhi mimpinya dan sang istri. Tentunya, tidak ada kata terlambat untuk mewujudkan mimpi.

Nah, itulah tadi 8 film animasi legendaris Pixar dengan  pesan moral mendalam.   Semoga dapat mengispirasi kamu, dan jangan lupa baca artikel inspirasi lainnya di sini ya!

Sumber: Bright Side

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline