Kesehatan

6 Kebiasaan Buruk Harian Penyebab Penyakit

Kebiasaan adalah sesuatu yang dilakukan secara berulang yang kemudian menjadi hal yang tidak terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Berapa banyak diantara kita yang secara tidak sadar melakukan kebiasan-kebiasaan tertentu yang ternyata dapat berdampak buruk pada kesehatan kita. Berikut adalah 6 kebiasaan buruk yang sering kita lakukan dan dapat berdampak buruk pada kesehatan kita:

1- Memakai Sandal Karet

6 kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatanmu!
Sandal Karet- Bright Side

Menurut beberapa ahli penyakit kaki, menggunakan sandal atau selop dari karet dalam jangka panjang dapat menyebabkan masalah pada kaki. Hal ini dikarenakan, tumit yang tidak aman. Saat tumit dalam keadaan tidak aman, maka jari-jari kaki akan cenderung mencengkeram lebih rapat. Kemudian dapat mengakibatkan beberapa penyakit kaki, seperti kapalan, kelainan bentuk kaki, masalah kuku dan lain-lain. Sandal karet dapat digunakan dalam jangka waktu pendek, seperti saat pergi ke pantai atau ke kebun.

2- Menyilangkan Kaki

6 kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatanmu!
Menyilangkan Kaki- Bright Side

Posisi duduk seperti ini sering kali kamu lakukan tanpa kamu sadari, dan jika telah menjadi kebiasaan, posisi duduk ini tidak menyebabkan rasa sakit apapun padamu. Ternyata tanpa kamu sadari, posisi seperti ini dapat menyebabkan tekanan darah tinggi hingga gagal jantung. Duduk dengan posisi menyilangkan kaki juga dapat menyebabkan tekanan pada pinggul dan penyatuan darah pada kaki saat pembuluh darah dikompres. Dokter menyarankan untuk tidak menyilangkan kaki lebih dari 10- 15 menit.

Untuk menjaga kesehatan kamu, apalagi kamu yang bekerja di balik meja dan menghabiskan sebagian besar waktumu untuk duduk, sebaiknya kamu menggunakan kursi yang memiliki sandaran yang baik untuk punggungmu. Selain itu, tempatkanlah tumpuan kaki khusus, sehingga posisi kakimu selalu 90 derajat. Kamu juga dapat berdiri sebentar lalu berjalan mengelilingi area kerjamu sambil beristirahat, untuk melancarkan peredarah darahmu.

3- Makan di Meja Kerja

6 kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatanmu!
Makan di Meja Kerja- Bright Side

Kamu melakukan banyak hal di atas meja kerjamu, seperti menaruh dokumen yang telah dipegang banyak orang, keyboard komputermu pun mengandung bakteri 70 persen lebih banyak dari pada dudukan toilet, karena sangat jarang dibersihkan. Bukan hanya itu, makan di meja kerja membuatmu berdiam diri di tempat yang sama selama berjam-jam dan ini dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Maka berjalan ke kantin kantor untuk makan bersama teman-teman adalah pilihan yang baik, lalu gunakanlah tangga dari pada lift untuk turun sambil merelaksasi otot-otot si tubuhmu.

4- Botol Minuman Plastik.

6 kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatanmu!
Botol minuman plastik- Bright Side

Beberapa orang menggunakan botol plastik untuk berbagai macam minuman, padahal perangkat plastik yang sebagian besar digunakan sehari-hari terbuat dari polycarbonate plastik. Plastik jenis ini memiliki racun bahan kimia pabrik yang disebut bisphenol-A (BPA). Racun ini dapat berdampak pada tubuh, seperti pada proses regenerasi sel, pertumbuhan, level energi dan reproduksi. Racun ini biasanya tergantung pada panas, semakin panas minuman yang dimasukkan ke dalam botol, makan semakin banyak kandungan kimia dari botol yang masuk ke dalam tubuh. Sebaiknya kamu tidak menggunakan perabot dari plastik untuk mengkonsumsi minuman atau makanan panas.

5- Jus buah dan buah kering.

6 kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatanmu!
Jus buah kemasan dan buah kering- Bright Side

Untuk kamu yang hobi mengkonsumsi jus buah dalam kemasan, dan buah-buahan kering, sebaiknya mulai berpikir ulang. Jus buah dalam kemasan adalah minuman yang kurang sehat dikarenakan tingginya kandungan gula dalam minuman tersebut. Sedangkan buah-buahan kering mengandung belerang dioksida, yang digunakan untuk memperpanjang masa simpan. Untuk mereka yang alergi terhadap belerang sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah-buahan kering. Sebaiknya kamu memeriksakan ke dokter apakah kamu memiliki alergi terhadap belerang sebelum mengkonsumsi buah-buahan kering. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih buah-buahan kering berlebel organik dan tanpa pengawet. Buah-buahan kering biasanya memiliki umur yang sebentar, namun dengan cara pembekuan tertentu umur simpan dapat diperpanjang.

6- Bungkus Fastfood

6 kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada kesehatanmu!
Bungkus makanan cepat saji- Bright side

Begitu banyak makanan dan jajan kaki lima yang menggunakan bungkus yang tidak sehat seperti Styrofoam dan kertas tanpa lebel food grade. Bungkus makanan seperti ini mengandung banyak kandungan kimia yang tidak baik bagi tubuh, seperti senyawa fluorinated yang dapat mempengaruhi embrio dan anak kecil. Senyawa ini dapat menyebabkan perubahan dalam pertumbuhan, perilaku dan pembelajaran, penurunan kesuburan, gangguan pada hormon alami, peningkatan kolesterol, dan resiko kanker.

Untuk menjaga kesehatanmu, sebaiknya kamu menghindari fast food dengan mengkonsumsi makanan diet yang sehat. Jika kamu merasa kesulitan menghindari fast food, ada baiknya mencari restoran fast food yang menghidangkan makanan favoritmu dengan piring.

Itulah 6 kebiasaan yang sering kali kamu lakukan, dan tanpa kamu sadari dapat memperburuk keadaan kesehatanmu. Hindarilah kebiasan buruk di atas dan mulailah hidup lebih sehat dengan berolahraga, pikiran positif serta diet teratur. Baca juga artikel kesehatan lainnya di sini ya!

Sumber: Bright Side

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close