Kesehatan

6 Cara Mudah Mengetes Kesehatan Kamu

Begitu banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan kamu, salah satunya adalah medical checkup secara rutin di rumah sakit. Hal ini dilakukan agar dapat memastikan kemungkinan tubuh terserang penyakit tertentu sehingga dapat dicegah lebih dini dan menghindari keadaan semakin memburuk, namun jika kamu memang tidak begitu menyukai pemeriksaan rumah sakit, kamu dapat melakukan 6 cara mudah ini untuk memastikan keadaan kesehatanmu.

1- Fleksibilitas

Yuk tes kesehatan kamu dengan 6 cara mudah ini
Fleksibilitas- Bright Side

Untuk melakukan tes ini, kamu cukup duduk di lantai dengan meluruskan kaki dan cobalah untuk menyentuh ujung kaki kamu dengan kedua tangan. Jika kamu melakukan tes ini dengan mudah tanpa merasa kesulitan, maka kamu berada dalam kondisi yang baik, namun jika kamu merasa kesulitan melakukan hal ini maka kamu perlu melakukan olahraga seperti berenang, pilates, atau yoga untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh kamu dan mencegah melemahnya persendian.

2- Jantung

Yuk tes kesehatan kamu dengan 6 cara mudah ini
Detak Jantung- Bright Side

Untuk melakukan tes yang satu ini, kamu harus duduk diam dan tenang setidaknya dalam 5 menit, lalu letakkan jari tangan kananmu di dekat pergelangan tangan bagian dalam tangan kirimu, dan rasakanlah denyut jantungmu. Dalam keadaan normal jantung seseorang dewasa dan anak-anak berusia lebih dari 10 tahun, berdetak 60-100 kali per menit. Jika detak jantungmu lebih atau kurang dari itu, maka jangan pernah membuat diagnose sendiri, dan pergi temui dokter untuk melakukan periksaan.

3- Jari-Jari

Yuk tes kesehatan kamu dengan 6 cara mudah ini
Jari-jari- Bright Side

Untuk melakukan tes ini, siapkanlah satu gelas air dingin di dalam gelas, lalu masukkan jari-jari tanganmu ke dalam air selama 30 detik. Jika setelah itu jari-jari tanganmu berubah menjadi biru atau putih, maka kemungkinan kamu memiliki masalah dengan sirkulasi darahmu. Perubahan suhu secara mendadak atau stres dapat mengakibatkan gangguan pada sirkulasi darah ke jari-jari, hidung, jari kaki dan telinga. Hasilnya bagian-bagian ini akan kekurangan pasokan darah dan menjadi kebas.

4- Sistem Pernafasan

Yuk tes kesehatan kamu dengan 6 cara mudah ini
Pernafasan- Bright Side

Kamu memerlukan sebatang korek api untuk melakukan tes ini, caranya, kamu cukup menyalakan korek api dan pegang dengan tangan merentang ke depan. Ambil nafas dari hidung lalu keluarkan lewat mulut sambil meniup lilin. Jika kamu merasa sulit melakukan tes ini, mungkin dikarenakan kebiasaan merokok, atau kurang olahraga atau terjadi gangguan pada sistem pernafasan kamu.

5- Retensi Cairan

Yuk tes kesehatan kamu dengan 6 cara mudah ini
Retensi Cairan- Bright Side

Kamu bisa melakukan tes ini dengan berdiri, lalu tekan ujung kaki kamu lantai seperti sedang berjinjit. Jika beberapa detik setelah kamu melakukan tes ini terdapat lekukan ke dalam pada kaki, maka mungkin kamu mengalami masalah retensi cairan. Untuk mengatasinya kamu dapat mengurangi jumlah garam yang kamu konsumsi, dan berolahraga secara teratur dan sebaiknya kamu melakukan medical checkup, untuk mengetahui kondisi tubuh kamu lebih detail

6- Tiroid

Yuk tes kesehatan kamu dengan 6 cara mudah ini
Tiroid- Bright Side

Untuk melakukan tes ini, kamu dapat menggunakan selembar kertas yang diletakkan di atas kedua telapak tanganmu yang terbuka. Berdirilah dalam posisi seperti ini untuk beberapa saat. Jika setelah beberapa saat, kertas bergerak dikarenakan getaran pada tubuhmu, ada baiknya kamu segera menemui bagian endokinologi.

Nah, pemeriksa-pemeriksaan di atas tidaklah digunakan untuk mendiagnosis penyakit tertentu, melainkan dapat menjadi tanda-tanda dari berbagai macam penyakit. Jika kamu merasa salah satu tanda di atas ada di diri kamu, sebaiknya segera buat janji temu dengan dokter atau lakukan medical checkup secara menyeluruh. Jangan lupa, baca juga artikel kesehatan lainnya di sini ya!

Sumber: Bright Side

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close