Kesehatan

6 Cara Mengetahui Kondisi Kesehatanmu dari Kukumu

Kuku adalah salah satu bagian dari tubuh yang sering terlihat. Memiliki kuku yang bersih, rapi dan sehat dapat menunjang penampilanmu sehari-hari, walau terkadang terlihat remeh, kuku dapat memberikan penglihatan tidak baik kepada orang lain tentang kamu. Tahukah kamu bahwa kuku juga dapat menjadi ‘pertanda’ buruk bagi kesehatanmu? Apa sajakah pertanda buruk tersebut?

Kuku Rapuh
Kuku Rapuh-Google
  1. Kuku kering, retak dan rapuh. Beberapa dari kamu mungkin pernah mengalami hal ini. kuku kering, retak dan rapuh bisa disebabkan oleh seringnya kuku terendam air, biasa terjadi kepada para pencuci piring, penyelam, nelayan, perenang, atau profesi lain yang membuat kukumu sering terendam air. Selain itu, kuku kering, retak dan rapuh juga mengindikasikan kurangnya Vitamin A, B dan C di dalam tubuh kamu. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh kebiasaanmu yang sering menggunakan cat kuku, walau kamu telah menggunakan based coat dan top coat untuk melindungi kukumu, kondisi ini tetap bisa menimpamu. Bukan hanya cat kuku, penghilang cat kuku atau nail polish remover juga mengandung bahan kimia yang dapat menyakiti kukumu.
  2. Beau’s Line. Kondisi ini berupa garis-garis paralel yang terbentuk pada kukumu. Kondisi ini dapat diartikan sebagai pertumbuhan kuku yang tidak normal. Hal ini dapat menjadi pertanda adanya indikasi diabetes, psorias, atau kekurangan zinc dalam tubuh atau dapat disebabkan trauma yang terjadi pada kuku, seperti kecelakaan atau, karena demam yang mengiringi penyakit yang serius.
  3. Peradangan Kutikula. Jika daerah di sekitar kuku memerah, sakit, dan bengkak, maka ini adalah indikasi dari peradangan kutikula. Kutikula adalah area di sekitar kuku yang bertugas melindungi kuman dan bakteri masuk ke dalam area bawah kuku. Salah satu penyebab peradangan kutikula adalah kelainan jaringan ikat yang terjadi pada penyakit Lupus.
    Clubbing
    ‘Clubbing’-Google
  4. ‘Clubbing’. Kondisi ini terjadi jika ujung jari kamu membulat dan kukumu membentuk garis lengkung. Hal ini juga disertai dengan warna kuku yang memutih, yang menandakan kurangnya asupan oksigen dalam darah. Kondisi seperti ini umumnya menandakan adanya penyakit jantung, penyakit radang usus, penyakit ginjal, dan penyakit paru-paru.
  5. Kuku yang mengalami kondisi ini biasa disebabkan oleh jamur, walau terlihat sederhana kondisi ini biasa sangat mengganggu, karena dapat merusak penampilan kamu. Bukan hanya itu, kondisi ini dapat menyebabkan kukumu terlepas, selain itu juga dapat mengindikasikan gangguan kesehatan pada tubuhmu seperti diabetes dan gangguan paru-paru.
  6. Membiru. Kuku yang membiru, juga disertai dengan ujung jari dapat mengindikasikan bahwa kondisimu benar-benar tidak baik. Hal ini menandakan bahwa kamu sedang kekurangan oksigen, dan dapat mengarah ke keadaan paru-paru kamu yang sedang mengalami gangguan seperti, empisema.

Lalu bagaimana cara merawat kukumu agar sehat dan tetap indah?

  • Pastikan kukumu selalu dalam keadaan bersih dan kering. Kuku yang basah dan lembab dapat menjadi tempat bersarangnya bakteri, kuman dan jamur.
  • Potonglah kukumu dengan benar dan teratur.
  • Jangan menggunakan sepatu yang terlalu sempit atau terlalu longgar.
  • Rendamlah kakimu dengan air hangat, selama 5-10 menit. Cara ini juga dapat merelaksasi kamu dari kelelahan.
  • Jangan gigit kukumu. Beberapa orang memiliki kebiasaan menggigit kuku dalam keadaan tertentu, berhentilah melakukan hal ini karena dapat menyebabkan masalah pada kukumu seperti, peradangan kutikula.

Mulai sekarang rawatlah kukumu dengan baik agar tidak menimbulkan penyakit atau peradangan yang dapat menyusahkanmu di kemudian hari. Jika kamu merasa kondisi tubuhmu sedang tidak baik sesuai dengan kondisi kukumu, ada baiknya untuk memeriksakan kesehatanmu ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut kondisi kesehatanmu.

Sumber:  Power of Positivity

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline