Kesehatan

6 Cara Efektif Memutihkan Gigi Secara Alami

Memutihkan gigi – Memiliki gigi yang sehat dan senyum yang bersinar adalah impian banyak orang, untuk mendukung impian tersebut beberapa teknologi telah dikembangkan oleh industri terkait, mulai dari inovasi formula pada pasta gigi, merancang sikat gigi yang sesuai dengan kebutuhan, hingga membuat benang gigi yang mudah dipakai. Untuk merawat gigi kamu agar selalu sehat dan bersinar kamu harus menyikat gigi minimal dua kali sehari, membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi, dan berkumur dengan cairan antiseptik jika perlu. Walau sudah melakukan 3 hal di atas, banyak orang yang mengeluh tentang warna gigi mereka yang kian menguning. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kebiasaan merokok, minum kopi, atau perawatan gigi yang tidak teratur. Untuk membantu kamu mengembalikan warna gigi kamu menjadi putih, berikut tips-tips memutihkan gigi secara alami yang bisa kamu coba di rumah:

1 – Baking Soda

Baking Soda untuk membuat gigi lebih putih
Baking Soda-Pixabay

Baking soda sudah dikenal dengan khasiatnya untuk berbagai masalah kecantikan dan kesehatan, salah satunya untuk menghilangkan plak pada gigi. Kamu bisa mengambil satu sendok baking soda kemudian campurkan dengan sejumput garam. Gunakan campuran ini sebagai pasta gigi, dengan cara membasahi sikat gigi, lalu ambil sedikit campuran baking soda dan garam dengan ujung sikat dan aplikasikan pada gigi seperti saat menyikat gigi biasa.

2 – Lidah Buaya dan Gliserin

lidah buaya untuk memutihkan gigi
Lidah Buaya-Pixabay

Yang kamu butuhkan untuk membuat pasta gigi organik dan powerful adalah:

  • Satu cup air
  • ½ cup baking soda
  • 1 sendok teh gel lidah buaya alami
  • 4 sendok teh gliserin (sayuran)
  • 1 sendok teh lemon essential oil

Cara menggunakannya cukup mudah, cukup sikat gigimu dengan pasta gigi dari bahan-bahan di atas secara teratur, maka kamu akan mendapati gigimu lebih sehat, lebih putih dan lebih bersinar.

3 – Kulit Jeruk

Baking Soda untuk membuat gigi lebih putih
Kulit jeruk-Pixabay

Untuk mendapatkan gigi yang lebih putih, kamu juga bisa menggunakan kulit jeruk lho. Setelah kamu mengkonsumsi jeruk, sebaiknya jangan langsung buang kulit jeruk yang kamu makan, kamu cukup menggosokkan kulit jeruk ke gigimu beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih. Cara ini adalah cara yang paling gampang untuk membersihkan enamel gigi dari bakteri, membuat gigi lebih putih dan mencegah noda pada gigi.

4 – Wijen

wijen untuk memutihkan gigi
Biji Wijen- Pixabay

Jika kamu suka makan onde-onde, tentu kamu tahu biji wijen. Biji wijen bisa lho digunakan untuk membuat gigi kamu lebih bersinar. Caranya, cukup ambil satu genggam biji wijen atau sesuai dengan kebutuhan kamu, lalu kunyah secara perlahan selama beberapa menit. Kemudian buang biji wijen tersebut, dan berkumur dengan air bersih. Jika ada sisa biji wijen yang tertinggal, kamu bisa menggunakan sikat gigi kering untuk membersihkannya.

5 – Vitamin masker gigi

Masker gigi dari buah-buahan untuk gigi yang lebih putih
Masker gigi dari buah-buahan- Pixabay

Mungkin istilah masker gigi masih asing di telingamu, tapi masker ini bisa membuat gigi kamu lebih putih lho. Kamu cukup menyiapkan buah-buahan dan sayuran yang memiliki banyak kandungan vitamin c, lalu haluskan (bisa menggunakan blender, tapi dengan sedikit air). Letakkan campuran buah dan sayur di atas gigi, lalu diamkan selama 5 menit kemudian bilas dengan air bersih. Cara ini dapat membantu membunuh bakteri di mulutmu dan menyegarkan nafasmu.

6 – Cuka

cuka untuk gigi yang lebih bersinar
Cuka- Pixabay

Cuka adalah salah satu bahan yang dengan gampang dapat kamu temukan di rumah. Jika kamu memiliki cuka, mungkin kamu bisa mencoba cara berikut untuk memutihkan gigi kamu. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah:

  • 2 sendok makan cuka
  • 1 sendok makan garam
  • Air secukupnya

Campurkan seluruh bahan di atas menjadi satu, kemudian gunakan sebagai obat kumur. Ulangi langkah ini beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang nyata.

Nah, itulah tips-tips memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami yang dapat kamu temukan di rumah. Baca juga artikel seputar kesehatan di sini ya! Semoga kamu lebih sehat dan senyum lebih indah, selamat mencoba!

Sumber: Brightside

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close