Kesehatan

6 Barang yang Tidak Boleh Kamu Gunakan Bersama.

Berbagi dan menggunakan barang-barang bersama mungkin adalah hal yang baik dan sah-sah saja. Namun ada beberapa barang yang seharusnya hanya kamu gunakan untuk dirimu sendiri mengingat tingkat kebersihan setiap orang berbeda-beda, maka pastikan untuk menggunakan barang milikmu sendiri. Inilah 6 barang yang kamu tidak boleh berbagi penggunaannya dengan orang lain.

1- Topi

6 Barang yang Tidak Boleh Kamu Gunakan Bersama.
Topi- Pixabay

Kamu adalah seseorang yang senang berpergian dengan topi maka pastikanlah bahwa topi yang kamu kenakan adalah milikmu sendiri. Selain topi barang-barang lain seperti sarung bantal, dan sisir pun usahakan untuk tidak menggunakan bersama orang lain. Benda-benda ini dapat menjadi perantara penyakit kepala seperti menjangkitkan kutu. Kamu tentu tidak mau bukan tamu asing ini datang di kepalamu hanya karena menggunakan topi milik orang lain atau tidur di bantal orang lain.

2- Krim

6 Barang yang Tidak Boleh Kamu Gunakan Bersama.
Krim perawatan kulit- Pixabay

Beberapa krim perawatan kulit memiliki kemasan semacam jar kecil, dan kamu harus menggunakan tangan untuk mengambil krim dari kemasan tersebut. Usahakan untuk tidak menggunakan krim milik orang lain, kamu tidak tahu apakah saat menggunakan krim tersebut ia sudah mencuci tangan dengan bersih bukan? Karena bakteri mungkin saja sudah berpindah dari tangan temanmu ke dalam krim di dalam kemasan tersebut. Ada baiknya untuk menggunakan krim perawatan kulit dengan kemasan botol yang tidak mengharuskan mengambil langsung di dalam kemasan agar terjaga kebersihan dari krim tersebut.

3- Kaus kaki dan pakaian dalam.

6 Barang yang Tidak Boleh Kamu Gunakan Bersama.
Kaus kaki- Pixabay

Berbagi apapun dengan pasanganmu mungkin sah-sah saja, namun tidak dengan pakaian dalam. Tubuh kamu dan tubuh pasanganmu memiliki perbedaan. Menggunakan pakaian dalam miliki pasanganmu mungkin saja dapat menyebabkan gatal, infeksi saluran kemih, pertukaran kuman di area genital, dan ruam. Sama halnya dengan kaus kaki yang digunakan secara bergantian dapat menyebabkan kamu tertular jamur kaki, dan gatal-gatal.

4- Sikat gigi, benang gigi dan tusuk gigi.

6 Barang yang Tidak Boleh Kamu Gunakan Bersama.
Sikat gigi-Pixabay

Setiap orang memiliki tingkat kebersihan berbeda-beda, maka jangan berpikir untuk berbagi sikat gigi dengan siapa pun. Menurut asosiasi dokter gigi di Amerika, menggunakan sikat gigi secara bergantian dapat meningkatkan kemungkinan infeksi pada area mulut. Rata-rata sikat gigi yang telah digunakan selama 3 bulan mengandung banyak bakteri, seperti E. Coli, bakteri herpes oral, sisa-sisa makanan, dan lain-lain, yang menyebabkan sikat gigi harus segera diganti. Saat dalam keadaan darurat para dokter gigi, membersihkan gigi menggunakan handuk, dan tidak meminjam sikat gigi orang lain.

5- Pisau cukur.

6 Barang yang Tidak Boleh Kamu Gunakan Bersama.
Pisau cukur- Pixabay

Pisau cukur diciptakan untuk menjaga kebersihan diri pribadi, jangan pernah menggunakan pisau cukur milik orang lain. Menurut Dr. Feinberg, bahwa pisau cukur dapat menjadi media penularan Hepatitis, dan infeksi lainnya termasuk HIV. Selain itu, banyak bakteri dan jamur yang bersarang di pisau cukur yang dapat menyebabkan penyakit kulit, pastikan untuk mengganti pisau cukur setelah beberapa kali pemakaian.

6- Earphone

6 Barang yang Tidak Boleh Kamu Gunakan Bersama.
Earphone- Pixabay

Untuk kamu yang senang mendengarkan musik dimana pun dan kapan pun, earphone adalah benda yang sangat penting. Pastikan menggunakan benda penting ini milik kamu sendiri, karena earphone adalah benda yang dapat menjadi sarang bakteri. Pastikan untuk membersihkan earphone yang ingin kamu pinjam dari orang lain.

Itulah 6 hal yang harus kamu gunakan untuk diri kamu sendiri, bukan bersama orang lain untuk menjaga kebersihan diri kamu dan mengurangi resiko terkena infeksi atau tertular penyakit. Jangan lupa baca juga artikel lain seputar dunia kesehatan di sini ya!

Sumber: Bright Side

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close