Traveling

5 Festival di Tanah Jawa yang Wajib Kamu Kunjungi.

Indonesia adalah negara raksasa dengan begitu banyak potensi pariwisata, mulai dari wisata kuliner, wisata alam, wisata olahraga hingga wisata belanja. Berbagai acara dan festival diadakan di Indonesia setiap tahunnya untuk menarik minat para wisatawan, baik domestik mau pun mancanegara, di tahun 2018 Kementrian Pariwisata telah menjadwalkan 100 Festival dan event yang akan diadakan di berbagai daerah di Indonesia. Berikut adalah 5 festival di tanah Jawa yang dapat kamu kunjungi di hari senggang dan libur kamu:

Tempoe Doeloe- arlitaayu

1 – DKI Jakarta: Festival Tempoe Doeloe.

Festival Tempoe Doeloe adalah festival yang akan membawa kamu mengarungi waktu kembali ke ‘tempoe doeloe’. Pada perayaan festival ini Kota Tua atau KOTU akan diadakan pementasan teater dengan berbagai zona waktu. Festival ini menuntut pengunjung datang dengan kostum dan pakaian yang sesuai dengan zona waktu dan era yang dipentaskan, sehingga pengunjung ikut ambil bagian dalam pementasan teater. Festival ini akan diadakan pada tanggal 10 November 2018.

Karnaval Asia Afrika-Youtube

2 – Jawa Barat: Asia Africa Karnaval.

Karnaval Asia Afrika adalah serangkaian acara yang terdiri dari pameran kuliner, pameran interaktif, workshop edukasi dan talkshow, konser dari artis-artis ternama dan parade kostum yang diikuti oleh berbagai daerah dari seluruh Indonesia. Karnaval Asia AfriKa adalah karnaval yang diadakan dengan tujuan memperingati konferensi negara-negara di Asia dan Afrika, selain itu karnaval ini juga bertujuan mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan Asia Afrika, mempromosikan dan merayakan Indonesia kepada masyarakat dunia. Karnaval Asia Afrika direncanakan akan diadakan di Kota Bandung pada tanggal 13 Mei 2018.

Dieng Culture Festival- Celebesnews

3 – Jawa Tengah: Dieng Culture Festival

Dieng adalah salah satu destinasi wisata lengkap di Jawa Tengah. Berbagai destinasi wisata, mulai dari wisata sejarah, wisata alam, hingga wisata kuliner hadir di sini, tentunya sembari merasakan hawa dingin pegunungan yang bersih dan segar. Dieng Culture Festival diisi dengan rangkaian acara, mulai dari pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng dengan ritual unik dengan mewujudkan keinginan anak-anak yang diruwat, Jazz di atas awan, festival film, pesta lampion dan kembang api, dan lain-lain. Acara tahunan in iselalu sukses menyedot perhatian wisatawan mancanegara dan domestik karena keunikannya. Festival ini direncanakan akan diadakan pada tanggal 3-5 Agustus 2018.

JIHW- Pemda DIY

4 – DI Yogyakarta: Jogja International Heritage walk

Jogja International Heritage Walk adalah event olahraga non kompetisi yang diadakan di Candi Prambanan. Event ini mengusung tema hidup sehat, olahraga rekreasi sembari mempromosikan pariwisata dan mengajak masyarakat dan wisatawan untuk hidup lebih sehat dengan berjalan kaki. JIHW akan membawa pesertanya untuk berjalan 20 km dan 10 km selama dua hari mengelilingi wilayah heritage Candi Prambanan dan Imogiri, Bantul. Acara ini juga dimeriahkan dengan program penanaman pohon, pemberdayaan UKM dan potensi masyarakat desa, dan promosi kesenian tradisional daerah setempat. Acara ini akan diadakan pada tanggal 17-18 November 2018.

Pasar Seni Lukis Indonesia- Tirto

5 – Jawa Timur: Pasar Seni Lukis Indonesia

Pasar Seni Lukis Indonesia adalah event yang telah diadakan secara kontinyu selama kurang lebih satu dekade. Pada event ini ratusan pelukis realis berkumpul untuk memamerkan karya terbaik mereka, serta digunakan sebagai ajang berkompetisi melalui penghargaan Pesona Award yang diberikan kepada pelukis destinasi wisata terbaik pariwisata Indonesia. Pasar Seni Lukis Indonesia adalah tempat berkumpulnya para seniman lukis realis dari berbagai daerah di Indonesia, selain lukisan, event ini juga dimeriahkan oleh pementasan teater, musik serta tari kontemporer. Di tahun ini, Pasar Seni Lukis Indonesia juga akan disemarakkan oleh pelukis-pelukis dari berbagai negara di Asia, sebagai ajang memeriahkan Asian Games 18. Event ini direncanakan akan diadakan pada tanggal 12-21 Oktober 2018.

Sumber: Kementrian Pariwisata

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close