Populer

5 Cara Mewujudkan Resolusimu di Tahun yang Baru

Hari ini adalah hari ke 15 di tahun 2018, tentunya di tahun yang baru ini kamu sudah memiliki resolusi untuk diwujudkan, seperti kuliah S2 di luar negeri dan dapat beasiswa, mendapat pekerjaan baru yang sesuai dengan minat, atau jalan-jalan ke beberapa daerah yang cantik di Indonesia. Resolusi adalah keputusan dan kebulatan tekad yang ditetapkan oleh rapat, tapi kamu tentunya tidak membuat resolusi kamu melalui rapat ya. Lalu setelah 15 hari memasuki tahun 2018, bagaimana perkembangan resolusimu? Apakah sudah hampir tercapai atau masih 50 persen? Atau belum ada progres sama sekali? Nah, untuk kamu yang punya resolusi di tahun 2018 ini dan belum tercapai, kamu bisa coba 5 cara ini untuk mewujudkan resolusimu.

1- Detail dan Tepat

Gunakanlah 5 cara ini untuk mewujudkan resolusimu di tahun yang baru
Resolusi- Pixabay

Seperti apakah kamu menulis resolusimu selama ini? Apakah seperti ini “Saya ingin mendapat beasiswa ke luar negeri.” Resolusi seperti ini adalah resolusi yang kurang baik, kenapa karena tidak memiliki tujuan yang jelas. Agar dapat dicapai dengan baik, resolusi seharusnya ditulis dengan detail, dan memiliki rencana terstruktur untuk mewujudkannya. Contohnya, mulai mencari jurusan apa yang akan diambil untuk S2, beasiswa apa yang akan dituju, langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk bisa mendapatkan beasiswa yang dituju. Resolusi haruslah sangat detail ini mengingat ini adalah rencana yang ingin diwujudkan.

2- Mudah untuk Diwujudkan

Gunakanlah 5 cara ini untuk mewujudkan resolusimu di 2018
Easy- Pixabay

Tidak masalah sebesar apapun mimpi yang ingin kamu wujudkan, kamu cukup memastikan satu hal yaitu mudah untuk diwujudkan. Resolusi yang terlalu sulit untuk diwujudkan tentunya hanya akan menjadi tulisan penghias dinding dan tidak akan pernah terwujud. Contohnya, kamu menuliskan untuk resolusi di tahun ini adalah memiliki penghasilan 50 juta setiap bulannya dari pekerjaan kamu, padahal kamu sendiri baru saja lulus dari universitas, dan pendapatan atau gaji yang biasa diterima oleh fresh graduate adalah empat juta rupiah. Atau kamu memiliki resolusi untuk menabung sebanyak tiga juta lima ratus ribu rupiah setiap bulannya, padahal pendapatanmu hanya sebesar  empat juta rupiah, apakah kamu tidak memerlukan uang untuk makan dan transportasi? Maka pikirkan dengan matang sebelum menuliskan resolusimu.

3- Rencana Berjangka

Gunakanlah 5 cara ini untuk mewujudkan resolusimu di tahun yang baru
Rencana Berjangka- Pixabay

Untuk memudahkan kamu memenuhi resolusimu di tahun yang baru, cara terbaik adalah menggunakan rencana berjangka. Buatlah sebuah buku khusus yang mencatat perkembangan dan kemajuanmu untuk mewujudkan resolusimu. Buatlah target mingguan, dan bulanan, tulislah perkembanganmu setiap harinya dan evaluasilah rencana harian setiap minggu dan rencana bulanan setiap bulan.

4- Sesuai Kata Hatimu

Gunakanlah 5 cara ini untuk mewujudkan resolusimu di tahun yang baru
Ikuti Kata Hati- Pixabay

Saat menentukan resolusi, hal yang paling penting untuk ditanyakan pada dirimu sendiri adalah “Apakah ini adalah hal yang benar-benar kamu inginkan?.”  Jika memang hal yang menjadi resolusimu adalah keinginanmu dari hati yang terdalam, tentunya akan lebih mudah mewujudkannya, dan aku akan merasa senang dengan semua hal yang kamu lakukan demi mewujudkan resolusimu tersebut. Namun, jika resolusimu membuatmu frustrasi, lelah, marah hingga ingin mengganti seluruh gaya hidupmu, mungkin saja resolusi tersebut adalah resolusi yang tidak tepat untukmu.

5- Bertanggung Jawablah

Gunakanlah 5 cara ini untuk mewujudkan resolusimu di 2018
Bertanggung jawab pada keputusan- Pixabay

Semua mimpi dan resolusi tidak akan berhasil kecuali jika kamu bekerja untuk mewujudkannya. Pada akhirnya kamulah masinis dari keretamu dan kapten dari kapalmu, jika kamu memerlukan pendapat dan nasehat orang lain, maka mintalah, namun perlu kamu ingat bahwa tidak semua pendapat dan nasehat sesuai dengan kamu dan dapat kamu jalani. Pilihlah nasehat dan pendapat yang membangun dan membantumu mewujudkan resolusimu.

Itulah, 5 cara yang dapat membantumu mewujudkan resolusimu di tahun yang baru, semoga apa yang kamu tulis sebagai resolusimu di tahun ini dapat menjadi kenyataan. Jangan lupa untuk membaca artikel populer lainnya di sini ya!

Sumber: Greatbigminds

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close