PopulerTraveling

5 Cara Kekinian untuk Traveling Gratis

Melakukan perjalanan keliling dunia rasanya mustahil jika tidak mengeluarkan banyak uang, mulai dari tiket pesawat, hotel, makanan, minuman, transportasi, dan tiket masuk wisata. Perlu persiapan matang, dan kantong yang cukup tebal untuk bisa menikmati perjalanan walau sekelas backpacker sekali pun. Traveling keliling dunia gratis sepertinya mustahil, kecuali sponsornya adalah orang tua yang memiliki banyak, pastinya itu sebelum kamu tau cara-cara kekinian yang bisa nerbangin kamu ke berbagai negara indah dengan gratis.  Mau tahu caranya?

1) Menjadi Relawan

Sumber: www.waysofwanderers.com

Apa yang kamu bayangkan saat mendengar kata relawan? Kerja gratis di saat bencana? Kenapa jadi bencana, padahal kamu ingin jalan-jalan dan menghabiskan waktu kamu menikmati pemandangan dan belajar budaya negara yang kamu kunjungi. Relawan di sini bukan relawan saat bencana kok, relawan diminta untuk melakukan pekerjaan sederhana dengan imbalan tempat tinggal dan makanan, sistem ini dikenal dengan Sharing economy. Di luar negeri banyak orang yang membutuhkan pekerja yang bisa membantu mereka, seperti mengurus rumah yang ada di pedesaan, membantu di tempat perlindungan gajah dan lain-lain. Selain kamu bisa belajar budaya langsung dari warga lokal, kamu juga tidak perlu mengeluarkan uang untuk hotel dan biaya makan.

2) Bekerja di Pertanian

Sumber: www.jtalkonline.com

Bekerja di pertanian lokal di negara yang kamu tuju tidak terdengar buruk bukan? Apalagi kamu bisa bertemu, belajar budaya lokal sambil ikut mengkampanyekan pertanian organik. WWOOF adalah perusahaan yang memiliki program relawan untuk pertanian organik ini, buat kamu para travelers bisa bekerja di tempat host atau pertanian-pertanian yang akan membayar kamu dengan akomodasi, makanan dan tentunya pengalaman. Program WWOOF ini ada di hampir di seluruh negara, termasuk Indonesia.

3) Mengajar Bahasa Inggris

Sumber: www.i-to-i.com

Kebutuhan menguasai bahasa Inggris meningkat sangat pesat, begitu pula kebutuhan tenaga pengajar bahasa Inggris. Nah, buat kamu yang bahasa Inggrisnya udah mahir banget dan berminat jalan-jalan sambil mengajar bahasa Inggris, kamu bisa join TEFL atau ELS café, di sana kamu bisa mendaftar sebagai guru bahasa Inggris di berbagai negara. Apakah non native speaker bisa? Tentu saja bisa, yang penting kamu menyerahkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris kamu, tentunya yang dikeluarkan lembaga-lembaga bertaraf international.

4) Belajar Bahasa Inggris

Sumber: www.myloveoftravels.blogspot.com

Program yang satu ini sangat menyenangkan loh, tapi dibuka untuk remaja berumur 13-17 tahun. Program ini diadakan oleh Diverbo, dan diadakan di Spanyol dan Jerman dengan tujuan memberikan fasilitas bagi warga asing untuk mempraktekkan bahasa Inggris mereka. Diverbo juga lebih tertarik kalau kamu tidak bisa berbahasa Spanyol dan Jerman dan selama program, kamu akan menghabiskan waktu kamu belajar di desa-desa kecil di sekitar Munich, Madrid, dan Frankfurt.

5) Menjadi Trip Leader

Sumber: www.soundwaves.usgs.gov

Kamu adalah orang yang senang menyusun rencana perjalanan, mencari teman-teman yang mau jalan-jalan bareng kamu, dan senang mengurus perjalanan orang lain? Kamu bisa lho jalan-jalan gratis dengan menjadi trip leader. Setidaknya kamu harus mengumpulkan 12 orang wisatawan di dalam satu program perjalanan dan kamu akan jalan-jalan gratis. Banyak perusahaan yang melakukan program ini loh, seperti Grand Circle Cruise Line, YMT Vacation dan Select International Tours.

Jadi setelah tau cara-cara kekinian ini kamu masih mau tinggal di rumah? Think twice!

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline