mark zuckerberg pendiri facebook

30 Fakta Unik dari Mark Zuckerberg, Sang Pendiri Facebook, yang Kebanyakan Orang Tidak Tahu

AkuPaham.com – Hampir semua orang di dunia tidak asing dengan website satu ini, Facebook. Salah satu sosial media dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Facebook membantu kita mempertemukan temen-teman lama kita yang mungkin sudah kehilangan kontak dengan kita atapun sekedar mendapatkan berita-berita ataupun trend-trend viral baik di masyarakat nasional maupun internasional.

Sekarang, Facebook bukan hanya website sosial media pada umumnya tetapi sudah menjadi sebuah fenomena di masyarakat. Facebook berubah dari sebuah website media sosial yang dikembangkan oleh seorang mahasiswa Harvard di sebuah kamar kosnya hingga menjadi perusahaan raksasa yang mendunia dengan banyak lini bisnis teknologi. Kesuksesan Facebook mencapai puncak kejayaannya merupakan buah kerja keras dari salah seorang pendiri utamanya yaitu Mark Zuckerberg.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas biografi Mark Zuckerberg dan fakta-fakta unik dari sang pendiri Facebook itu yang mungkin kamu belum tahu. Yuk simak ke 30 fakta unik dari seorang pendiri Facebook berikut!

  1. Nama lengkapnya adalah Mark Elliot Zuckerberg dan dia lahir pada 14 Mei 1984 di White Plains, New York dari keluarga berada dan berpendidikan

    Mark Zuckerberg Kecil
    Mark Zuckerberg Kecil
  2. Ayah Mark Zuckerberg bernama Edward Zuckerberg, adalah seorang dokter gigi dan ibunya, Karen, bekerja sebagai psikiater sebelum mempunyai anak
  3. Mark mulai tertarik belajar pemrograman komputer saat orang tuanya memberikan hadiah sebuah buku berjudul “C++ for Dummies”

    Buku Favorit Mark Zuckerberg Semasa Kecil
    Buku Favorit Mark Zuckerberg Semasa Kecil
  4. Dia membuat sebuah perangkat lunak yang diberi nama ZuckNet dimana produk buatannya tersebut digunakan hanya di lingkungan keluarganya. Sehingga, ayahnya dapat mengirim pesan instan ke setiap orang di rumah dan juga sebaliknya. Software itu sebenarnya bisa dikatakan sebagai versi awal dari AOL Instant Messenger.

    All of my friends who have younger siblings who are going to college or high school – my number one piece of advice is: You should learn how to program. – Mark Zuckerberg

  5. Dia mendapatkan tawaran kerja saat masih di SMA. AOL dan Microsoft merekrutnya setelah ia membuat Synapse, sebuah program menggunakan konsep Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) untuk mempelajari mengetahui kebiasaan seseorang dalam mendengarkan musik kesukaannya.

    Kantor Microsoft di Sillicon Valley, California
    Kantor Microsoft di Sillicon Valley, California
  6. Dalam dokumen pendaftarannya ke Harvard University, ia mengklaim dirinya menguasai beberapa bahasa yaitu prancis, hebrew (ibrani), latin, dan yunani kuno
  7. Saat sedang mengambil mata kuliah psikologi di Harvard University, ia mengembangkan “Facemash”. Sebuah website yang dapat menanyakan mahasiswa di Harvard untuk menilai ketertarikan dari mahasiswa Harvard yang lain berdasarkan arsip foto asrama.
  8. Dia juga membuat Course Match, sebuah program komputer yang memungkinkan mahasiswa memutuskan mata kuliah mana yang ingin diambil berdasarkan mahasiswa lain yang memilih mata kuliah tersebut.
  9. Pada 4 Februari 2004, Mark meluncurkan Thefacebook.com, sebuah jaringan sosial yang memungkinkan penggunanya untuk membuat profil dasar seperti informasi diri dan foto. Awalnya, Facebook hanya diperuntukkan untuk mahasiwa, namun pada 2006 Facebook dapat digunakan oleh setiap orang tidak hanya mahasiswa.
    Tampilan Thefacebook.com
    Tampilan Thefacebook.com

    When I started Facebook from my dorm room in 2004, the idea that my roommates and I talked about all the time was a world that was more open – Mark Zuckerberg

  10. Mark membuat Facebook dengan tiga teman asramanya dan rekan mahasiswa: Eduardo Saverin, Dustin Moskovits, dan Christ Hughes. Saverin adalah satu teman yang memberikan modal hingga US$1.000 agar Facebook dapat beroperasi

    Eduardo Saverin, Co-Founder Facebook
    Eduardo Saverin, Co-Founder Facebook

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *