Kesalahan yang Disesali Saat Muda

3 Kesalahan Fatal di Usia 20an yang Bikin Kamu Menyesal Seumur Hidup

AkuPaham.com – Ketika seseorang memasuki usia 20 tahun, maka sesungguhnya ia menghadapi salah satu masa krusial dalam hidupnya. Biasanya, di usia 20 tahun ini, seseorang sudah dikategorikan cukup dewasa namun belum bisa sepenuhnya mandiri. Kamu sudah terlalu tua untuk dikatakan remaja, namun tak cukup tua untuk dikatakan sebagai dewasa. Masa-masa 20 tahun ini memang sangat rentan bagi seseorang untuk melakukan kesalahan, karena kondisi mental yang belum sepenuhnya matang dan stabil. Di sisi lain, seseorang yang berusia 20 tahun tentu mendapat kebebasan lebih untuk melakukan berbagai hal yang ia inginkan dibanding ketika remaja, hal ini sesuai dengan regulasi di Indonesia yang menetapkan bahwa seseorang yang berusia diatas 17 tahun dianggap sebagai dewasa. Kebebasan yang diberikan ini sangat rentan untuk disalahgunakan karena kurang matangnya kondisi mental seseorang. Nah, bagi kamu yang berusia 20 tahun, yuk baca artikel berikut untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang kerap terjadi di usia 20 tahun agar kamu bisa menghindarinya!

  1. Kurang menghabiskan waktu bersama orangtua dan keluarga

    Berkumpul Bersama Orangtua
    Berkumpul Bersama Orangtua

    Kesalahan yang seringkali dilakukan oleh seseorang ketika berusia 20 tahun adalah kurang menghabiskan waktu alias quality time bersama keluarga, utamanya orangtua. Di usia 20 tahun, biasanya seseorang sedang menempuh pendidikan atau bekerja yang mengharuskannya untuk tinggal terpisah dari orangtua. Apabila tetap tinggal bersama orangtua pun, ia tidak sepenuhnya menikmati waktu bersama karena tersita oleh kesibukan. Jika ada waktu luang, kebanyakan orang berusia 20 tahun akan menghabiskan waktunya bersama teman-teman sebaya atau rekan kerjanya untuk sekedar hangout atau pergi bersama ke suatu tempat. Apakah kamu salah satu yang melakukan kesalahan ini? Nah, kamu harus menghentikan kesalahan ini sekarang juga. Sempatkanlah untuk menghabiskan waktu bersama keluarga utamanya orangtua, jadikan rumah dan keluarga sebagai prioritas. Sebelum ada yang pergi dan kamu hanya bisa menyesali, yuk perbaiki kesalahan dari sekarang!

  2. Berfoya-foya dan tidak menabung

    Gaya Hidup Mewah
    Gaya Hidup Mewah

    Seseorang yang berusia 20 tahun biasanya telah memiliki penghasilan, baik dari pekerjaan part time, freelance, berwirausaha, hingga memiliki pekerjaan yang tetap. Di sisi lain, di usia 20 tahun, banyak orang yang belum berkeluarga sehingga mereka tidak memiliki tanggung jawab untuk menafkahi atas penghasilan yang mereka miliki. Hal ini membuat kebanyakan orang di usia 20 tahun melakukan kesalahan fatal yakni berfoya-foya dengan penghasilan yang dimiliki. Memang, kamu tidak akan kehabisan uang dan dapat menyenangkan dirimu sendiri, namun tanpa disadari kebiasaan ini akan membentukmu menjadi pribadi yang boros dan bersifat hedonis. Tentu hal ini akan sangat merugikan apabila kelak kamu berkeluarga. Jadi, daripada kamu membuang-buang uang, lebih baik tabung uangmu atau investasikan, sebab kamu tak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan.

  3. Mengabaikan kondisi kesehatan

    Hidup Tak Sehat
    Hidup Tak Sehat

    Kondisi tubuh di usia 20 memang sedang mencapai puncak primanya. Seseorang dengan usia 20 tahun tentu lebih gesit dan produktif dalam bekerja karena kondisi fisiknya yang prima. Tetapi, meski tubuh sedang berada dalam kondisi terbaik, jangan lantas mengabaikan kesehatan, ya. Kebanyakan orang lalai menjaga kesehatannya di usia 20 tahun, dan akibatnya baru terasa 10-20 tahun kemudian dalam bentuk berbagai penyakit yang berbahaya seperti diabetes, stroke, dan lain sebagainya. Hindari memaksa tubuhmu untuk bekerja lembur hingga larut malam bahkan dini hari, kurangi asupan yang tidak sehat seperti junk food atau kafein, dan berolahragalah secara rutin.

Itu dia 3 kesalahan fatal yang kerap dilakukan oleh seseorang di usia 20 tahun. Hindari melakukan 3 kesalahan tersebut, atau jika kamu terlanjur melakukannya maka perbaikilah secepat mungkin. Manfaatkan masa usia 20 tahunmu sebaik mungkin agar tidak berjalan sia-sia. Jangan lupa kunjungi AkuPaham ya untuk info bermanfaat lainnya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *