InspirasiKesehatan

3 Cara Ampuh Untuk Berhenti Merokok

Beratnya tantangan kehidupan saat ini, stres akibat bekerja, atau sekedar ikut-ikutan teman, merupakan tiga alasan yang umum digunakan orang untuk mulai merokok, walau mereka mengetahui bahwa mengkonsumsi atau merokok dalam rentang waktu panjang dapat menyebabkan banyak penyakit, tidak lantas membuat para perokok jera. Di Indonesia sendiri, industri rokok adalah salah satu industri besar yang menyerap banyak tenaga kerja, dan menyumbang pajak kepada negara dalam jumlah yang fantastis, walau di Indonesia sendiri kesadaran akan pentingnya hidup sehat telah cukup berkembang di kota-kota besar, tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah perokok masih sangat banyak. Beberapa dari mereka mengatakan sangat sulit untuk berhenti merokok, bahkan setelah berhenti beberapa saat mereka dengan mudah kembali lagi setelah melihat lingkungan di sekitar mereka yang kurang mendukung. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu, yang ingin berhenti merokok, terapkan jika kamu benar-benar ingin berhenti:

Sumber: Pixabay

1) Menentukan alasan untuk berhenti

Berapa banyak perokok yang telah berhenti untuk beberapa saat, lalu kembali lagi merokok hanya dikarenakan alasan yang tidak kuat. Karenanya menentukan alasan yang tepat untuk berhenti sangatlah penting. Tentukan alasan ini setelah memikirkannya baik-baik, dan akan lebih baik jika alasan ini benar-benar datang dari dalam dirimu sendiri. Seorang teman pernah menceritakan alasannya berhenti merokok yaitu karena anak perempuannya. Ia memutuskan dan membulatkan tekad setelah melihat anak perempuannya menirukan gayanya saat merokok menggunakan puntung rokok yang telah ia buang di asbak. Hal ini mengejutkannya, dan tentunya ia tidak ingin anak perempuannya pun merokok di masa mendatang, maka ia memutuskan untuk menjadi contoh dan berhenti merokok. Keinginan ini sebaiknya kamu tulis dan tempel di tempat terlihat. Jika suatu hari kamu merasa lelah dan ingin kembali merokok kamu dapat melihat tulisanmu ini dan mengembalikanmu pada niat awalmu untuk berhenti merokok.

Sumber: Pixabay

2) Buatlah Rencana

Niat tanpa direncanakan terkadang membawa hasil yang kurang memuaskan, apalagi untuk berhenti dari rokok yang sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. Rencana ini tidak hanya memiliki tanggal, akan lebih baik jika memiliki goal atau tujuan yang dapat diukur. Kamu bisa memulai hal ini dengan membicarakan keinginanmu dengan keluarga terdekat dan teman, kenapa? Mereka bisa jadi pengingat yang baik, saat lupa atau merasa ingin kembali. Kamu juga bisa memposting keinginan ini di facebook, twitter atau social media kamu, siapa tau keinginanmu ini akan mendapat dukungan dari follower-follower

Sumber: Pixabay

3) Cari support grup

Di zaman yang serba canggih ini mencari komunitas sesuai dengan passion dan kebutuhan sangatlah mudah. Hal ini juga dapat kamu manfaatkan untuk berhenti merokok, carilah komunitas atau LSM yang dapat membantu kamu mewujudkan keinginanmu. Semakin baik dan mendukung lingkunganmu untuk berhenti, tentu semakin cepat juga tujuanmu tercapai.

Keinginan untuk hidup sehat dan bebas dari rokok adalah keinginan yang baik, namun keinginan itu hanya akan menjadi impian yang kosong jika kamu tidak berani mengambil langkah pasti hari ini. Selamat mencoba!

Sumber: Goalcast

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close