Kesehatan

18 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia

Seberapa jauhkah kamu mengenal tubuh kamu? Sebagian besar orang akan merasa sangat mengetahui tubuhnya, namun ada juga lho hal-hal yang tidak kita ketahui tentang tubuh kita. Seperti berapa lama rambut bisa hidup? Atau apakah bisa manusia mendonorkan livernya untuk orang lain selama ia masih hidup? Beberapa dari kamu mungkin sudah mengetahuinya, dan beberapa dari kamu tidak. Untuk kamu yang belum tahu, yuk simak 18 fakta unik tubuh yang harus kamu tahu.

18 Fakta Tubuh Manusia:

1- Bayi yang baru lahir tidak memiliki tempurung lutut. tempurung ini sebelumnya adalah tulang rawan yang lunak yang kemudian mengeras saat bayi memasuki usia 3 tahun.

18 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia
Bayi- Pixabay

2- Tahukah kamu jika ada bagian tubuh yang mendapat oksigen tidak dari darah? Jawabannya adalah kornea. Kornea adalah satu-satunya bagian tubuh manusia yang mendapatkan oksigen langsung melalui udara tidak melalui darah.

3- Kamu merasa geli dan tertawa saat digelitiki oleh orang lain? Tapi apakah kamu akan merasa geli dan tertawa saat menggelitik diri sendiri? Tidak, kamu tidak akan tertawa saat menggelitik diri sendiri. Hal ini dikarenakan cerebellum akan mengirim sinyal untuk mengabaikan stimulus ini pada sisi lain otak.

4- “Manusia hanya menggunakan 10% otaknya,” pernyataan seperti ini sepenuhnya mitos. Seluruh bagian otak manusia bekerja sepanjang waktu dan aktif. Hal ini membuat otak mengkonsumsi 20% oksigen yang masuk ke tubuh beserta 50% glukosa. Otak juga menghabiskan 20% total energi yang ada di dalam tubuh, jadi jangan heran jika kamu merasa cepat lapar saat belajar keras.

5- Apakah kamu tahu apa itu “snow blindness”? Snow blindness adalah kondisi dimana seseorang tidak dapat melihat dikarenakan cahaya yang terlalu terang.

6- Tahukah kamu jika sebagian besar orang bernafas hanya dengan satu lubang hidung? Iya, mayoritas orang memang melakukan ini dan lubang hidung yang digunakan untuk bernafas biasa berganti setiap 4 jam sekali.

18 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia
Hidung – Pixabay

7- Mengurangi massa otot adalah hal yang lebih sulit dilakukan dari pada menambahnya.

8- Seperempat dari keseluruhan otot manusia atau 25 persennya terletak di area wajah dan leher. Karena hal ini manusia memiliki banyak ekspresi yang berguna.

9- Apakah kamu mengetahui apa salah bahan pembuatan Hygrometer atau alat untuk mengukur kelembaban udara? Jawabannya adalah rambut berwarna merah dari seorang wanita.

10- Saat kamu merasa ketakutan mata kamu akan membulat. Hal ini dikarenakan bidang penglihatan kamu meningkat untuk memperhatikan dan memperkirakan lingkungan sekitar kamu.

11- Tahukah kamu, ternyata otak kamu bisa menyediakan energi yang cukup untuk menyalakan sebuah bola lampu.

12- Kulit kamu berganti setiap 28 hari sekali. Saat hal ini terus dilakukan oleh manusia seumur hidupnya, manusia bisa melepaskan sekitar 40 kg kulit.

13- Saat kamu berjalan, tubuh akan menggerakkan sekitar 200 otot untuk setiap langkah kaki kamu. Walau pun setiap orang memiliki jumlah berbeda dikarenakan kekhasan anatomi tubuh.

18 Fakta Unik Tentang Tubuh Manusia
Berjalan- Pixabay

14- Buta warna adalah penyakit yang sering mengidap pria. Sekitar 0.4 % wanita mengidap penyakit ini dan pria bisa mencapai 8%. Namun gen buta warna sebenarnya diwarisi dari para ibu.

15- Seorang anak yang baru lahir memiliki 270 tulang. Seiring pertumbuhan manusia, tulang-tulang tersebut bergabung dengan rangkaian tulang lainnya. setelah manusia menjadi dewasa jumlah keseluruhan tulang akan berkurang hingga 206.

16- Tahukah kamu berapa usia rambut manusia? Rambut manusia sebagian besar dapat hidup  sampai berusia 2 sampai lima tahun. Tetapi ada beberapa yang dapat hidup sampai usia 7 tahun.

17- Setiap tahunnya jantung kamu memompa darah ke seluruh tubuh yang cukup untuk mengisi sebuah kolam renang olimpiade yaitu 2.6 juta liter. Jantung kamu juga membuat sebanyak 38.5 juta kontraksi setiap tahunnya, banyak sekali bukan?

18- Satu-satunya bagian tubuh kamu yang dapat kembali ke ukuran semula adalah liver. Liver bisa kembali ke bentuk semula bahkan setelah kehilangan 75% bagiannya. Karena itu kamu bisa saja mendonorkan liver kepada orang yang membutuhkan dan memiliki ukuran tubuh serupa dengan kamu.

Baiklah, itulah tadi 18 fakta tentang tubuh kamu yang mesti kamu ketahui. Baca juga artikel seputar dunia kesehatan di sini ya!

Sumber: Bright Side

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline