InspirasiTips dan Trik

10 Trik Agar Baterai Handphonemu Tahan Lama

Handphone adalah salah satu perangkat yang sangat penting ketika perjalanan, dan kebanyakan orang merasa sulit beraktivitas tanpanya. Di dalam perjalanan, mencharger tidaklah semudah ketika kamu berada di rumah atau di kantor, sedangkan kebutuhanmu akan handphone bertambah selama perjalanan, seperti melihat peta, mencari alternatif transportasi, atau pun untuk memesan kamar di penginapan. Tidak seperti handphone yang memiliki fungsi telepon dan sms, handphone atau smartphone memiliki banyak fungsi yang tentunya menguras daya lebih banyak. Untuk menghemat daya baterai selama perjalanan, kamu bisa lho menggunakan 10 trik di bawah ini:

1- Membersihkan Port Micro USB

Bersihkan Charger Port Handphonemu untuk menghemat daya
Membersihkan Charger Port- Brightside

Sebagian dari kamu pastinya asing dengan istilah ini, Port Micro USB atau charger port adalah tempat kamu menyambungkan perangkat handphone kamu dengan kabel USB atau charger. Kebanyakan pengguna handphone hanya membersihkan bagian layar karena bagian ini yang selalu digunakan, padahal membersihkan charger port harus dilakukan lho mengingat kotoran yang ada pada charger port akan mengganggu proses pengisian. Kamu bisa membersihkan charger port menggunakan tusuk gigi atau cotton bud, dan gunakanlah secara perlahan untuk mengangkat kotoran pada charger port.

2 – Gunakan Wallpaper dengan Warna Hitam-Putih

gunakan tampilan hitam-putih, untuk menghemat daya handphonemu
Tampilan layar handphone- Brightside

Jika kamu biasa berpergian dan menggunakan mode hemat daya selama  perjalanan untuk menghemat daya handphone tentu kamu menyadari perubahan pada tampilan layar kamu yang berwarna hitam putih, kenapa ya? Hal ini dikarenakan tampilan layar yang full color menggunakan lebih banyak daya dibandingkan menggunakan tampilan dengan layar hitam putih. Jadi, jika kamu ingin bateraimu lebih hemat, gunakanlah tampilan dengan warna hitam putih.

3- Letakkan Handphonemu di Dalam Tas

Jangan genggam terus handphonemu agar bateraimu tahan lebih lama
Cara meletakkan handphone- Brightside

Kamu mungkin tidak menyadari bahwa kebiasaan menggenggam handphone kemana pun dapat menguras daya baterai, apalagi di saat terik matahari. Handphone yang terpapar hawa panas cuaca tentunya akan mengalami peningkatan suhu, ditambah dengan suhu tanganmu yang terus menerus memegangnya, suhu pada handphone akan bertambah dan hasilnya adalah baterai handphonemu akan cepat berkurang.

4- Matikan Auto Rotate Screen

Matikan auto rotate mode untuk mengurangi penggunaan baterai
Matikan auto rotate mode- Brightside

Kamu senang bermain game atau menonton dari handphone kamu, pastinya kamu menyalakan auto rotate screen untuk memudahkan aktivitas kamu. Auto rotate screen menggunakan sensor bernama accelerometer, dan sensor ini menggunakan daya baterai dalam jumlah banyak.

5- Menutup Aplikasi yang Sudah Dipakai

Tutup aplikasi yang tidak terpakai untuk mengurangi penggunaan baterai
Tutup aplikasi yang tidak terpakai- Brightside

Biasanya setelah membuka Instagram lalu kamu membuka aplikasi whatsapp kemudian mencari berita di aplikasi berita online tanpa menutup aplikasi sebelumnya yang kamu gunakan dapat menguras daya handphonemu. Seluruh aplikasi yang dibuka tentunya tetap menguras baterai karena aplikasi-aplikasi tersebut tetap bekerja di background, jadi untuk menghemat baterai kamu, kamu bisa menutup aplikasi yang tidak kamu gunakan.

6- Kurangi Pencahayaan Handphonemu

kurangi pencahayaan handphonemu untuk menghemat daya
kurangi pencahayaan handphonemu – Brightside

Untuk menghemat daya handphonemu cobalah untuk mengurangi pencahayaan pada handphone hingga 30%-40%. Menggunakan pencahayan handphone secara maximum dapat menguras daya baterai dalam jumlah banyak. Cobalah untuk menggunakan pencahayaan menimal ketika berada di luar ruangan atau di ruangan dengan pencahayaan yang baik.

7- Vibrate Mode atau Mode Getar

Non aktifkan vibrate mode dan daya bateraimu lebih hemat
Non aktifkan vibrate mode- Brightside

Kebanyakan dari pengguna handphone tidak mengetahui, bahwa menggunakan mode getar membuat handphone bekerja lebih keras, dan pastinya menghabiskan daya lebih banyak. Gunakanlah mode silent atau bunyi jika kamu ingin menghemat daya lebih lama.

8- Atur Pemadaman Layar Setelah Pakai

Non aktifkan vibrate mode dan daya bateraimu lebih hemat
Non aktifkan vibrate mode- Brightside

Pemadaman layar yang begitu cepat setelah tidak dipakai dianggap mengganggu oleh beberapa orang, namun jika kamu ingin menghemat daya baterai handphonemu lebih lama, aturlah pemadaman secepat mungkin setelah penggunaan, untuk meminimalisir jumlah daya yang dikonsumsi.

9- Matikan Wifi, GPS, dan Bluetooth

Matikan GPS, wifi, dan bluetooth untuk menghemat daya
Matikan GPS, wifi, dan bluetooth- Brightside

Wifi, GPS dan Bluetooth akan terus berjalan meski handphone dalam keadaan padam, dan hal ini dapat menguras daya bateraimu lebih banyak. Saat berpergian yang tidak memungkinkan kamu mencharger handphonemu setiap saat, lebih baik untukmu mematikan 3 fungsi di atas untuk menghemat daya.

10- Matikan Handphonemu

Matikan handphonemu untuk cooling down bateraimu
Matikan handphonemu-Brightside

Untuk membantumu menghemat daya handphonemu selama perjalanan, kamu bisa menonaktifkan handphonemu selama berada di pesawat, dan selama perjalanan (saat kamu tidur), kamu juga bisa mematikannya selama semalam sebelum perjalanan untuk cooling down atau mengistirahatkan baterai kamu dan memperpanjang daya.

Oke, itulah trik-trik yang bisa kamu gunakan untuk menghemat daya handphonemu. Bisa banget kamu gunakan saat traveling. Baca juga tips dan trik lainnya di sini ya!

Sumber: Brightside

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline