Kesehatan

10 Tanda Ginjalmu Tidak Bekerja dengan Baik

Kesehatan Ginjal – Setiap harinya kamu melakukan begitu banyak aktivitas dan aktivitas-aktivitas tersebut membuat kamu begitu sibuk sehingga sering kali kamu lupa menjaga kesehatanmu. Ketika tubuh berada dalam keadaan yang kurang baik, tubuh akan mengirimkan sinyal untuk mengingatkan kamu, bahwa ada sesuatu yang salah pada tubuhmu. Tetapi sinyal ini sering kali gagal dipahami oleh kamu, si pemilik tubuh. Kegagalan dalam memahami sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh dapat berdampak pada kesehatan yang semakin memburuk. Berikut adalah 10 tanda yang diberikat tubuh saat ginjal kamu berada dalam kondisi yang kurang baik:

10- Sulit Tidur

Gangguan Sleep apnea bisa terjadi saat ginjalmu mengalami gangguan
Mengorok- Freepik

Insomnia bisa menjadi pertanda untuk banyak hal, seperti stres, dan gangguan pada ginjal. Saat terjadi gangguan pada ginjal, tubuh sulit mengeluarkan toksin-toksin melalui air seni, maupun keringat. Jumlah toksin yang meningkat dan tertinggal di dalam darah mengakibatkan kamu kesulitan tidur, sedangkan tubuh membutuhkan istirahat. Semakin sedikit waktu tidur yang kamu peroleh, semakin besar pula kemungkinan terjadi penurunan fungsi ginjal.

Orang-orang dengan penyakit ginjal yang serius biasa mengalami sleep apnea, atau berhentinya nafas ketika tidur, hal ini dapat terjadi selama beberapa detik hingga menit. Setelah berhenti, nafas akan kembali dengan disertai snore atau mengorok saat tidur. Jika kamu mengalami hal ini sebaiknya segera periksakan diri ke dokter.

9- Sakit Kepala, Lelah dan Kecapaian

Cepat lelah dan sakit kepala dapat menjadi tanda kondisi ginjalmu yang tidak baik
Kelelahan- Pixabay

Di dalam tubuh manusia terdapat Vitamin D yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan membantu memproduksi hormon Erythropoietin (EPO). Hormon ini dihasilkan oleh ginjal memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Saat fungsinya terganggu maka ginjal akan memproduksi EPO dalam jumlah kecil, dan berdampak pada pembentukan sel darah merah yang membuat kamu merasa cepat lelah.

Orang-orang yang memiliki gangguan ginjal, cenderung memiliki Anemia, atau penyakit kekurangan sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah. Jika kamu merasa telah tidur dan istirahat dengan cukup, serta makan makanan sehat namun cenderung merasa cepat lelah dan tidak bertenaga, sebaiknya segera menemui dokter tanpa menunda-nunda.

8- Kulit Kering dan Gatal

kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda ginjalmu sedang tidak sehat
Gatal- Huffington Post

Salah satu fungsi fungsi ginjal adalah membuang kelebihan cairan pada darah serta membuang limbah dari dalam tubuh, membantu memproduksi sel darah merah, dan menjaga keseimbangan kebutuhan nutrisi dan mineral. Kulit yang kering dan gatal adalah salah satu tanda bahwa ginjal gagal menjaga keseimbangan kebutuhan mineral dan nutrisi.

Jika kamu mengalami masalah dengan kulit kering dan gatal, cobalah untuk menghidrasi tubuh lebih baik lagi dan tentunya berkonsultasilah dengan dokter sebelum mendapatkan pengobatan untuk kulitmu.

7- Nafas menjadi Bau dan Meninggalkan Rasa Metal

Nafas menjadi bau adalah salah satu tanda ginjal yang tidak sehat
Nafas Bau- Freepik

Jumlah toksin yang meningkat di dalam tubuh dapat membuat perubahan terhadap rasa makanan dan dapat meninggalkan semacam rasa metal di dalam mulutmu setelah makan. Di saat seperti ini kamu akan kehilangan selera makan dan mengalami penurunan berat badan yang tidak sehat. Nafas menjadi bau juga dapat terjadi mengingat jumlah toksin di dalam tubuh yang terus meningkat dan tidak bisa dikeluarkan, ini juga dapat menjadi pertanda adanya kontaminasi di dalam aliran darah.

6- Nafas Menjadi Pendek

Nafas yang pendek adalah salah satu pertanda ginjal yang kurang sehat
Nafas Pendek-Lung Disease news

Ada dua hal yang menyebabkan nafas menjadi pendek saat seseorang mengalami gangguan pada ginjal. Pertama, jumlah cairan di dalam tubuh yang tidak terkontrol karena ginjal tidak bekerja dengan baik, mulai memasuki area paru-paru. Kedua, anemia dapat mengurangi pasokan oksigen ke dalam tubuh dan hasilnya nafas menjadi lebih pendek. Sebenarnya nafas menjadi pendek dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari gagal ginjal, asma, kanker paru-paru hingga masalah pada jantung. Jika kamu merasa nafasmu menjadi pendek setelah melakukan hal-hal yang memerlukan sedikit usaha seperti berjalan kaki, maka kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter.

5- Pembengkakan di Area Kaki, Tangan dan Mata kaki.

Pembengkakan pada kaki dapat menjadi pertanda gangguan ginjal
Pembengkakan Kaki- Health

Saat terjadi gangguan, maka ginjal tidak dapat membuang kelebihan cairan pada tubuh dengan baik. Hal ini akan menyebabkan terjadinya penyimpanan sodium di beberapa area tubuh, seperti tangan dan kaki, selain itu pembengkakan pada daerah bawah tubuh bisa saja menjadi pertanda gangguan pada jantung dan liver.

4- Sakit Punggung

sakit pada area pinggul dapat mengindikasikan ginjalmu dalam keadaan kurang baik
Backpain- Pixabay

Sakit pada tubuh dapat menyebabkan sakit punggung di area di bawah tulang rusuk, di bagian depan pangkal paha dan di daerah pinggul. Jika sakit punggung disebabkan oleh gagal ginjal, maka akan disertai demam, muntah dan terjadi secara terus menerus. Hal ini berbeda dari sakit punggung yang tidak disebabkan oleh gagal ginjal, karena tidak disertai demam, muntah dan terjadi secara tiba-tiba. Pastikan kamu segera menemui dokter jika memiliki gejala seperti di atas.

3- Pembengkakan di Area Sekitar Mata

Pembengkakan pada mata adalah salah satu tanda ginjalmu sedang tidak sehat
Pembengkakan di Area mata- Luxury Spot

Salah satu pertanda kegagalan dalam sistem penyaringan pada ginjalmu adalah adanya protein yang ikut dibuang bersama air seni. Hal ini menyebabkan terjadinya pembengkakan di sekitar area mata. Pembengkakan di area mata dikarenakan ginjal membuang terlalu banyak protein bersama urine dibandingkan menyimpannya dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh.

2- Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan penurunan fungsi ginjal
Tekanan darah tinggi-Google

Tekanan darah tinggi dapat mengakibatkan terjadinya gagal ginjal. Kegagalan pada ginjal terjadi dikarenakan kerusakan pada pembuluh, yang berdampak pada nefron yang kekurangan oksigen dan nutrisi. Nefron yang bertugas untuk menyaring limbah tubuh dan kelebihan cairan kemudian tidak dapat bekerja dengan baik.

1- Perubahan Warna Urine

Perubahan warna pada urine dapat menjadi pertanda ginjal yang kurang sehat
Perubahan Warna Urine- Bright Side

Perubahan warna pada urine haruslah kamu ditanggapi dengan serius, karena ginjal bertugas menyaring kelebihan cairan dalam darah dan menghasilkan urine, perubahan pada warna, bau, dan frekuensi urine dapat mengindikasikan kondisi ginjal kamu. Beberapa perubahan yang perlu kamu waspadai:

  • Peningkatan frekuensi buang air kecil, khususnya pada malam hari. Walau demikian 4-10 kali masih dapat dikatakan normal.
  • Darah pada urine. Hal ini dapat mengindikasikan terjadinya kegagalan fungsi ginjal sebagai penyaring kelebihan cairan dalam darah.
  • Gelembung pada urine. Jika terdapat gelembung atau busa pada urine yang membuat kamu harus menyiram toilet lebih dari sekali, hal ini mengindikasikan adanya sejumlah protein di dalam urine.

Nah, 10 tanda di atas adalah sedikit dari tanda-tanda terjadinya gangguan pada ginjal kamu. Lebih memperhatikan keadaan tubuh dan pemeriksaan secara berkala dapat membantu kamu mendeteksi gangguan pada ginjal kamu lebih dini, agar mendapatkan penanganan lebih baik sebelum menjadi semakin parah. Baca juga artikel kesehatan lainnya di sini ya! Jangan lupa jaga kesehatan ginjalmu!

 

Sumber: Brightside

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close