InspirasiTips dan Trik

 10 Makna dari Benda yang Sering Kamu Gunakan Sehari-hari.

Benda-benda berikut kerap kali kamu gunakan dan kamu anggap remeh karena tidak terlihat penting. Walau demikian benda-benda ini dibuat dengan maksud dan fungsi tertentu yang dapat mempermudah pemakainya. Inilah 10 makna dan fungsi dari benda-benda yang sering kamu gunakan setiap hari:

1- Kenapa huruf di keyboard tidak disusun menurut abjad?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
Keyboard- Pixabay

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa penyusunan huruf pada keyboard diciptakan untuk membantu penggunanya menggunakan huruf yang paling sering digunakan. Tetapi tidak seluruh faktanya seperti itu, pada awal pembuatan, keyboard disusun sesuai abjad. Namun, penempatan seperti ini membuat cara menulis cepat sulit dilakukan. Karena itulah abjad yang sering digunakan dibuat saling berjauhan satu sama lain. Kemudian layout dari QWERTY muncul, dan jauh lebih mudah digunakan dan lebih baik. Hingga sekarang layout itu belum diganti karena orang-orang sudah terbiasa menggunakannya.

2- Kenapa bagian siku baju sering ditambal?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
Sumber: Pixabay

Tren baju dengan siku ditambal bermula dari baju militer. Para tentara terkadang harus merangkak dan ini menyebabkan bagian siku baju mereka yang tipis mudah sekali robek. Karena itulah mengapa bagian siku baju seragam ditutupi dengan kain yang lebih tebal. Kemudian, para pemburu mulai menambahkan kain pada bagian siku baju mereka dan ini membuat menembak lebih nyaman dan menjaga bagian siku baju tidak rusak. Kemudian setelah tahun 50-an, mahasiswa di amerika mulai memakai ide ini dan menjadikannya tren dalam berpakaian.

3- Kenapa es krim disajikan dalam waffle cone?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
Waffle cone-Pixabay

Pada akhir abad ke 19, dijual di dalam gelas yang disebut dengan “penny lick ice cream glasses”, gelas ini digunakan untuk menyajikan es krim, dimana orang yang memakan es bisa langsung menjilat es krim dari gelas tersebut.

Bagaimanapun, solusi sederhana kemudian muncul pada tahun 1904, dikarenakan cuaca yang sangat panas, orang-orang mulai memadati penjual es krim dan penjual tidak memiliki cukup gelas untuk semua pelanggan. Pada saat yang sama penjual waffle sepi, kemudian dengan cepat penjual waffle menggulung wafflenya menjadi bentuk kerucut dan menyerahkannya pada vendor es krim. Saat itu semua orang senang, terutama para dokter karena gelas ini dapat menjadi sarana penyebaran TBC.

4- Apakah fungsi dari lingkaran hitam ini?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
iPhone- Pixabay

Lingkaran hitam kecil di antara lampu flash dan kamera pada iPhone adalah mikrofon peredam suara. Tujuan diletakkannya mikrofon kecil ini di sana adalah sebagai penyaring keributan sekitar dari suara yang diinginkan, dan sangat berguna saat kamu berada di lingkungan yang berisik. Mikrofon ini membantu telepon untuk menghilangkan suara berisik dari lingkungan dan menahan suaramu.

5- Kenapa sepatu sneaker memiliki karet di bagian ujung sepatu?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
Sneaker- Pixabay

Sneaker atau sepatu karet adalah sepatu yang dibuat dan diperuntukkan bagi atlet basket. Fungsi dari karet yang berada di bagian depan sepatu adalah menjaga ujung kaki para atlet agar tidak cedera saat bermain. Tidak seperti sekarang, dimana bagian depan sepatu dibuat dari karet yang keras. Biasanya karet bagian depan sepatu ini diberi warna gelap, namun saat ini dibuat dengan warna terang sebagai dekorasi dari sepatu yang modern.

6- Kenapa ada lubang tambahan di sisi sepatu?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
Lubang tambahan pada sepatu-Pixabay

Lubang-lubang tambahan yang ada di sisi kiri dan kanan sepatu berfungsi sebagai ventilasi udara. Lubang-lubang ini memungkinkan terjadinya pertukaran udara di dalam sepatu dan untuk menjaga kaki kamu agar tetap kering dan tidak berkeringat.

7- Apakah fungsi dari bagian silinder ini pada charger?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
Pc charger- google

Benda kecil ini adalah bagian yang sangat berguna untuk membantu laptop bekerja dengan baik. Benda ini disebut manik ferit benda ini bertugas meredam gangguan frekuensi tinggi pada sirkuit elektronik. Dengan kata lain, benda ini melindungi laptop kamu dari gangguan elektromagnetik. Benda kecil ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan bunyi saluran listrik dari telepon, laptop, TV, pemutar audio dan alat elektronik lainnya.

8- Apakah fungsi dari benjolan di bagian bawah botol?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
Bagian bawah botol- Google

Jika kamu perhatikan hampir setiap botol minuman kemasan memiliki benjolan di bagian bawah botol. Kebanyakan dari kamu tentu tidak mengambil pusing dan bertanya-tanya apakah fungsi dari benjolan ini. Ternyata, Benjolan ini digunakan selama proses produksi sebagai penanda kemasan yang salah dan membuat nomor kode formulir.

9- Kenapa parka terbelah di bagian bawah?

10 makna benda yang sering kamu gunakan sehari-hari
Parka- Google

Parka modern adalah tipe turunan dari pakaian luar yang digunakan oleh orang-orang militer pada tahun 50an. Ujung baju bagian belakang mereka dibuat lebih panjang, sehingga dapat digunakan untuk menutupi hingga pergelangan kaki dan menjaga mereka tetap hangat. Namun saat ini bagian bawah yang terbelah ini digunakan sebagai model dan seni dari pakaian.

10- Mengapa sepatu ‘loafer’ memiliki rumbai?

Di pertengahan abad 20, seorang pembuat sepatu bernama Nils Tveranger terinspirasi oleh sepatu yang digunakan para nelayan dari Norwegia. Sepatu mereka memiliki rumbai yang digunakan untuk mengencangkan sepatu dan membuat sepatu pas di kaki sang pemakai. Nils kemudian mencoba untuk mengkombinasikan sepatu nelayan ini dengan Moccasin Indian maka jadilah loafer. Bagaimana pun, rumbai pada sepatu loafer tidak digunakan sebagaimana nelayan norwegia menggunakannya dan dibuat sebagai hiasan.

Itulah 10 makna dibalik benda-benda yang ada di sekitar kamu. Benda-benda ini terkadang terlihat tidak penting, namun segala sesuatu tentu dibuat dengan tujuan dan maksud tertentu. Baca juga artikel inspirasi  lainnya di sini ya!

Sumber: Bright Side

Tags

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close
Inline
Inline