Populer

10 Ilusi Penglihatan Untuk Latihan Otak

Apakah kamu sepenuhnya mempercayai apa yang otak kamu katakan padamu? Karena kamu tidak bisa membayangkan berapa kali penciumanmu, penglihatan, bahkan pendengaran kamu mengkhianati dirimu sendiri bukan? Berikut adalah 10 ilusi untuk melatih otakmu:

1- Apakah kamu tahu apa yang kamu makan saat hidung kamu ditutup?

10 Ilusi penglihatan untuk melatih otak kamu
Sumber: Bright Side
  • Tutuplah mata kamu dan hidung kamu dan jangan lupa bernafas lewat hidung ya!
  • Mintalah seorang teman untuk memberikanmu makanan apapun tanpa memberitahu nama makanan yang akan kamu makan.
  • Coba rasakan makanan kamu dan tebak apa yang kamu makan.

Kebanyakan dari orang yang mencoba percobaan ini tidak bisa membedakan antara telur rebus dan marshmallows. Hal ini terjadi karena otakmu mengenal makanan dari bau yang tercium dari makanan tersebut. Jadi bisa disimpulkan jika tidak ada bau, maka sulit untuk merasakan suatu makanan.

2- Apakah kotak kecil ini berada di dalam kotak yang lebih besar atau di depannya?

10 Ilusi penglihatan untuk melatih otak kamu
Sumber: Bright Side

Jika kamu perhatikan dengan baik gambar di atas, maka kamu akan menemukan dua buah kotak dengan ukuran berbeda. Kamu perlu melihat gambar ini dengan benar agar dapat menemukan dimana letak kotak kecil, apakah di dalam atau di luar?

3- Dua garis ini berukuran sama lho!

10 Ilusi penglihatan untuk melatih otak kamu
Sumber: Bright Side

Saat kamu melihat gambar di atas maka kamu akan mengatakan dua garis tersebut berbeda dalam panjang. Pada kenyataannya dua garis berbeda warna ini memiliki panjang yang sama, apabila semua kotak yang ada di antara keduanya dihilangkan. Jika kamu melihatnya berbeda, itu semua dikarenakan otak bekerja dalam perspektif.

4- Apakah dua bagian gambar ini memiliki ukuran yang sama?

10 Ilusi penglihatan untuk melatih otak kamu
Sumber: Bright Side

Apa yang kamu tangkap saat melihat gambar di atas? Apakah bagian kanan gambar lebih kecil dari bagian kanan? Hal ini dikarenakan efek dari penglihatan kamu, khususnya pada bagian yang ditutupi garis besar hitam. Bagaimana pun, jika garis hitam tebal di antara dua bagian tersebut dihilangkan maka kamu akan mendapati dua bagian gambar adalah simetris.

5- Lantai ini benar-benar datar lho!

10 Ilusi penglihatan untuk melatih otak kamu
Sumber: Bright Side

Untuk kamu pecinta lukisan 3D tentu sudah bisa menduga jika gambar di atas membuat lantai yang datar terlihat melengkung ke bawah di beberapa bagian. Hal ini juga diperkuat dengan bayangan yang terpantul dari kaca di sisi kiri dan kanan.

6- Kamu akan kesulitan melakukan hal ini!

10 Ilusi penglihatan untuk melatih otak kamu
Sumber: Bright Side

Sebenarnya ini adalah gerakan yang sangat sederhana. Pertama, letakkan tanganmu di depan, lalu genggam semua jari kecuali jari telunjuk di tangan kanan, dan ibu jari di tangan kiri. Kemudian tarik dan ulur tanganmu ke belakang dan ke depan secara bergantian sambil mengganti jari telunjuk menjadi ibu jari. Jika kamu melakukan hal ini dengan mudah, mungkin kesempatan untuk menjadi drumer andal atau pesulap bisa menjadi pilihan profesi kamu.

7- Apakah semua garis dalam bangunan ini sejajar?

Optical Illusion - Café Wall Illusion - OMG!, Melbourne _1406_2

Bangunan di atas adalah sebuah bangunan di Melbourne, Australia. Bangunan ini begitu unik dikarenakan motif garis-garis yang ada di seluruh bagian gedung. Motif tersebut tentu terlihat tidak sejajar di matamu, namun percayalah seluruh garis tersebut dalam keadaan sejajar.

8- Apakah logo Google berbentuk bulat?

10 Ilusi penglihatan untuk melatih otak kamu
Sumber: Google

Otak manusia terbiasa melihat sesuatu yang memiliki detail seperti lingkaran, seakan lingkaran seutuhnya, sama halnya saat kamu melihat logo Google. Padahal logo Google tidak sepenuhnya berbentuk lingkaran lho seperti yang kamu pikirkan.

9- Semua lingkaran yang ada di gambar berukuran sama.

10 Ilusi penglihatan untuk melatih otak kamu
Sumber: Bright Side

Saat kamu melihat gambar di atas sekilas, maka kamu akan menganggap lingkaran-lingkaran yang memiliki jarak lebih banyak berukuran lebih besar. Namun jika kamu perhatikan dengan baik, seluruh lingkaran dalam gambar tersebut memiliki ukuran yang sama.

10- Gambar Bergerak

Ilusi berikut ini terlihat bergerak dikarenakan kontras di antara garis tegak lurus. Kamu mungkin bisa melihat garis-garis tersebut saat video animasi berhenti. Ilusi yang diciptakan   Jun Ono, Akiyasu Tomoeda, and Kokichi Sugihara ini adalah pemenang ilusi of the year tahun 2014.

Itulah 10 ilusi penglihatan yang bisa kamu lakukan untuk melatih otakmu. Jangan lupa baca juga artikel lainnya di sini!

Sumber: Bright Side

You are special, you are unique, so don't try to copy others.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Close